Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Gunung Agung, Kabupaten Karangasem, Bali

Gunung Agung
Gunung Agung, Kabupaten Karangasem, Bali
Sama seperti dengan ketika melihat Gunung Tangkuban Parahu, sebenarnya sewaktu melihat Gunung Agung di Karangasem Bali ini hanya foto-foto dari ketinggian saja, dan sungguh sayang rasanya kalau keindahannya hanya saya simpan sendirian. Mengutip dari Wikipedia tentang Gunung Agung, dikatakan bahwa Gunung Agung adalah gunung tertinggi di pulau Bali dengan ketinggian 3.142 mdpl dan terletak di kecamatan Karang Asem, Bali. Menariknya, walaupun tertutup awan Gunung Agung ini seringkali muncul di atas permukaan awan, mungkin saking tingginya Gunung ini. Gunung ini nampak dengan kerucut runcing sempurna, tetapi sebenarnya puncak gunung ini memanjang dan berakhir pada kawah yang melingkar dan lebar, ini sama dengan terlihat dari Pura Besakih.

Masyarakat Hindu Bali percaya bahwa Gunung Agung adalah tempat bersemayamnya dewa-dewa, dan juga masyarakat mempercayai bahwa digunung ini terdapat istana dewata. Oleh karena itu, masyarakat bali menjadikan tempat ini sebagai tempat kramat yang disucikan.

Untuk jalur pendakian, pendakian menuju puncak gunung ini dapat dimulai dari tiga jalur pendakian yaitu :
1. Dari selatan adalah dari kecamatan Selat kabupaten Karangasem dengan basecamp di Pura Pasar  Agung lewat pasar Selat.
2. Dari tenggara ialah dari Budakeling lewat nangka
3. Dari barat daya yang merupakan jalur pendakian yang umum digunakan oleh para pendaki yaitu dari Pura Besakih kecamatan Rendang, kabupaten Karangasem.

Karena banyak peristiwa kecelakaan dan hilangnya beberapa pendaki, maka sejak Mei 2009 setiap pendakian gunung Agung lewat Sebudi maupun besakih, karangasem harus memakai jasa pemandu untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kecelakaan dengan tarif yang telah ditentukan. Dan disarankan bagi para pendaki untuk tidak membawa makanan berbahan sapi, karena area gunung ini sangat disucikan.

Sumber Rujukan :  http://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Agung

Gunung Agung di Google Maps

Note : Di domain blog saya yang sebelumnya (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini diterbitkan dengan judul "Gunung Agung, Kabupaten Karangasem, Bali" dengan url sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2012/10/gunung-agung-kabupaten-karangasem-bali.html"

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar