Tanaman Darat Untuk Aquascape, Rane

Baca Juga

Paku rane yang belum tumbuh merimbun
Paku rane yang belum tumbuh merimbun
Di artikel sebelumnya, saya menulis tentang aquascape dengan tanaman darat sebagai pengisi vegetasinya, artikel tersebut berjudul "Aquascape Menggunakan Tanaman Darat, Bisakah?". Sebagai kelanjutannya, sekarang mari kita mencatat apa saja sih tanaman darat yang bisa digunakan untuk aquascape? baiklah kita langsung lanjut saja, tanaman darat yang bisa digunakan untuk aquascape yang pertama adalah Rane.

Ya, Rane, adalah salah satu tumbuhan yang bisa dipakai untuk aquascape (aquascape temporer tentunya). Tumbuhan yang termasuk salah satu jenis paku ini bisa tahan cukup lama dalam air dan tidak membusuk. Bahkan sebelum mengenal aquascape, dulu saya seringkali menggunakannya sebagai tanaman penghias di aquarium. Tanaman ini mempunyai banyak nama, seperti disebut cakar ayam di Jawa, disebut paku rane di Sunda, disebut usia di Ambon, dan banyak lagi, tapi secara umum dalam bahasa Indonesia tumbuhan ini biasa disebut dengan cakar ayam atau paku rane

Tumbuhan yang mempunyai ciri-ciri daun kecil sederhana menyerupai sisik ini termasuk jenis (species) Salaginella. Salaginella sendiri  dalam buku karangan Setyawan,dkk.2008:67 diperkirakan telah hadir di bumi sejak lebih dari 320 juta tahun yang lalu, sebagian besar jenisnya telah punah, yang tersisa tereduksi menjadi herba. Wah, ternyata sudah lama sekali ya tumbuhan paku ini ada di bumi? Jauh sudah ada sebelum manusia!

Kembali pada penggunaan rane untuk aquascape. Penggunaan yang pertama, dalam aquascape, jika sudah tumbuh merumpun, jenis paku yang seringkali tumbuh pada batu-batuan sampai tebing sungai ini bisa bertahan kurang dari satu bulan. Minggu pertama dan kedua biasanya daun-daunnya akan terlihat tetap segar, baru di minggu ketiga, daun-daun kecilnya akan mulai terlepas satu persatu dan berserak di permukaan air. Cara penempatannya mudah, cukup diikat pada batu atau kayu, ia akan terlihat rimbun menyemak, cocok untuk mengganti tanaman air di bagian tengah tank.

Penggunaan yang kedua, adalah ketika rane masih berbentuk seperti lumut, seperti tampak pada gambar di atas. Jika menggunakannya ketika masih dalam tahap ini, ia bisa disusun menjadi karpet. Ditata rapi dengan selang-seling kayu dan batu yang menyembul di dasar aquascape akan terlihat indah. Ketika masih dalam tahap ini, di dalam tank ia masih bisa tumbuh meninggi, bisa kuat lebih dari satu bulan tanpa pasokan co2. Jika kita rutin beberapa hari sekali mengganti sebagian air di tank, ia bisa bertahan lebih lama. Itu yang pernah saya lihat dan praktekkan. Penampakannya pada aquascape bisa dilihat seperti pada gambar dibawah ini ;
Di dasar aquascape rane bisa disusun menjadi karpet
Di dasar aquascape rane bisa disusun menjadi karpet
Jika sobat berminat menggunakan tanaman darat ini sebagai pengganti tanaman air di aquascape, mudah saja mendapatkannya, gratis pula. Ia biasa tumbuh liar di tempat-tempat lembab tapi cukup pasokan cahaya matahari, ya seperti di pinggir-pinggir sungai, bahkan sampai pekarangan rumah. Kemungkinan besar paku rane ini juga ada di sekitaran rumah sobat.

No comments:

Post a Comment