Olahraga Air River Tubing & Tipsnya

Baca Juga

river tubing
Kegiatan river tubing di sungai yang padat pengunjung
Sobat ingin menguji adrenalin? Cobalah tubing atau river tubing, olahraga ini salah satu yang membuat kita bisa makin dekat dengan alam. Tubing atau river tubing, adalah olah raga di alam terbuka berupa kegiatan meluncur bebas di atas permukaan sungai yang berarus ringan dengan menggunakan ban, ban yang digunakan biasanya ban dalam mobil yang berukuran besar.

Dalam olahraga ini, peserta wajib menggunakan perlengkapan penunjang keselamatan seperti helmet, pelampung, serta pelindung siku dan kaki. Bukan apa-apa, benturan-benturan sangat mungkin terjadi pada olahraga ini, mengingat sebuah sungai biasanya dipenuhi batu-batu berukuran besar, karenanya helmet dan pelindung siku sangat diperlukan untuk perlindungan. Sedang pelampung, tentu agar peserta mudah mengapung ketika terjatuh dari ban, dan memudahkannya naik ke ban kembali.

River tubing hampir sama dengan arung jeram, hanya saja, perbedaanya terletak pada keberadaan peserta. Arung jeram merupakan olahraga kelompok, dalam artian beberapa orang berada dalam satu perahu karet dalam mengarungi aliran sungai, sedang river tubing tidak demikian, ia adalah permainan individu dimana satu peserta menggunakan satu ban yang dinaikinya sendiri. Persamaannya, keduanya mengikuti arus dan melewati jeram-jeram yang ada disungai.

Dalam sekali jalan, river tubing biasanya terdiri dari beberapa peserta, tentu akan terasa seru susul menyusul di aliran sungai. Sama dengan olahraga lainnya, pemanasan harus dilakukan sebelum aktivitas river tubing dimulai. Ini penting, mengingat di air otot-otot tubuh akan lebih mudah mengalami kram/keram, berbahaya bukan? Karenanya pemanasan menjadi sangat penting, biasanya kegiatan pemanasan ini akan dipandu oleh seorang instruktur.

Berikut beberapa tips jika akan melakukan olahraga river tubing ;
  1. Lakukan ketika musim penghujan tiba, ini agar debit air melimpah dan kegiatan river tubing pun akan semakin menyenangkan. Jika debit air kecil, kegiatan river tubing akan terganggu bahkan mungkin tidak bisa dilakukan sama sekali,
  2. Simpan/titipkan barang-barang berharga seperti jam tangan, dompet, ponsel, dan lainnya. Jangan sampai arus sungai membawanya entah kemana,
  3. Pilih pakaian yang nyaman untuk berbasah-basah ria, biasanya berupa kaos,
  4. Pilih ban karet berukuran besar, karena akan lebih stabil di jeram-jeram berarus kencang,
  5. Pastikan pegangan pada kanan-kiri ban (berupa karet) terpancang kuat dan nyaman ketika kita pegang kuat-kuat,
  6. Pastikan tekanan udara di dalam ban cukup/tidak kempes/tidak bocor,
  7. Patuhi instruksi-instruksi dan batasan yang diberikan pemandu,.
  8. Selesai kegiatan, segera ganti baju dan banyak-banyaklah minum. Walau berada di atas air, river tubing rentan membuat kita dehidrasi.

No comments:

Post a Comment