Membasmi Ulat Menggunakan Serai

Baca Juga

Ulat Bulu (kaskus.co.id)
Uh, kadang dengan melihatnya saja kita bisa merinding ya, apalagi kalau terkena kulit, bisa gatal-gatal kita. Jangankan bagi petani, Ulat, memang dirasa jadi binatang yang sangat mengganggu bagi siapa saja. Dengan melihatnya saja tak sedikit orang yang jadi bergidik. Terlebih, binatang ini dikenal sebagai hama yang rakus merusak tanaman. Siapa saja pasti memeranginya, terlebih para petani.

Ulat seringkali membuat kita kesal, selain menjadi hama bagi tanaman, ulat juga seringkali membuat rasa tidak nyaman ketika kita melihatnya. Bulunya pun seringkali beterbangan atau tidak sengaja terpegang sehingga mengakibatkan gatal-gatal. Tidak masalah jika ulatnya satu dua kita bisa menyingkirkannya dengan mudah, tapi bagimana jika ulatnya banyak? Usir saja pakai pestisida? wah itu bahaya!

Jika sobat petani atau sobat yang di rumahnya mengalami ketidak nyamanan karena banyaknya ulat, bisa dicoba tips berikut ini. Tips nya dijamin aman dan tidak akan menyebabkan polusi atau efek samping seperti penggunanaan pestisida.

Memang ada cara mudah dan alami untuk membasmi ulat, salah satunya adalah dengan serai. Seari mengandung minyak atsiri yang baunya tidak disukai kebanyakan serangga, begitupun dengan ulat. berikut cara alami membasmi ulat menggunakan serai ;
  • sediakan serai, daun mimba, bawang putih, dan daun tembakau,
  • gerus sampai halus,
  • encerkan dengan air dengan perbandingan 1 :15.
  • semprotkan keseluruh tanaman sayuran seperti bayam, kangkung selada tomat, buncis dan lainnya yang terserang hama sebelum matahari terbit agar lebih efektif,
  • frekuensi penyemprotan dua kali seminggu
Dengan cara sederhana tersebut, hama ulat dapat dibasmi dengan aman dan tanpa efek samping seperti jika menggunakan pestisida.

No comments:

Post a Comment