Cara Rangsang Tunas Euphorbia

Baca Juga

Euphorbia Marak Tunas dan Bunga
Euphorbia Marak Tunas dan Bunga
Euphorbia, tumbuhan berduri yang memiliki bunga kecil-kecil berkelompok ini beberapa tahun kebelakang menjadi primadona. Bunganya yang bergerombol menyajikan pemandangan tersendiri, yang membuat orang tak menghiraukan duri-durinya.

Apalagi, bunga ini seringkali tumbuh merumpun sehingga cocok dijadikan penghias pekarangan. Jika tumbuh "ngacir" ke atas, pohon ini akan terlihat kurang elok. Tapi tak jarang itulah yang terjadi, batang utamanya tumbuh ngacir ke atas begitu saja dan tak ada tunas lain yang tumbuh. Agar merumpun, maka tunasnya memang harus dipancing untuk tumbuh.

Cara merangsang tunas euphorbia. Euphorbia, tanaman hias yang satu ini baru akan berbunga 1 - 2 bulan setelah ditanam bila perbanyakannya dilakukan melalui stek batang. Sayangnya, jika bunga yang bermunculan dipertahankan, maka  akan menyerap banyak nutrisi dan pertumbuhan tunas akan terhambat. Jika sudah begitu, batang euphorbia akan tumbuh lurus ke atas, tak bercabang, tidak elok bukan?

Untuk mencegah agar hal itu tidak terjadi, kita bisa membuang bunga sejak masih kuncup secara berkelanjutan. Lakukan perlakuan tersebut pada tanaman sampai tunas baru tumbuh selang 3 - 4 bulan kemudian. Dengan begitu tunas euphorbia bisa berlipat dua kali lipat, dan tanaman pun akan terlihat lebih kompak, lebih elok. tidak ngacir ke atas. Mudah bukan, sobat? Asal kita telaten, tanaman Euphorbia kita pasti bisa tumbuh merumpun dengan indah.

No comments:

Post a Comment