Usir Hama Dengan Lantana

Baca Juga

Lantana/Tembelekan (viva.co.id)
Lantana, atau biasa disebut juga tembelekan, tanaman yang berbunga cantik ini biasa ditanam di taman, sebagai pembatas pagar, dan penghias pekarangan. Warna-warninya yang menawan membuat bunga ini menjadi pilihan banyak orang untuk ditanam berdampingan dengan bunga-bunga lainnya.

Mengutip dari wikipedia "Saliara (Lantana camara) adalah jenis tumbuhan berbunga dari familia Verbenaceae yang berasal dari wilayah tropis di Amerika Tengah dan Selatan. Tanaman ini tumbuh di daerah dengan ketinggian 1.700 m dpl dan memiliki banyak percabangan dengan tinggi antara 0,5-4 meter. Saliara dapat digunakan sebagai obat memar, keracunan makanan, serta untuk penghentian pendarahan pada penderita penyakit kanker rahim,".

Ternyata selain berfungsi sebagai obat bagi penyakit yang telah disebutkan di atas, lantana yang cantik ini juga bisa dipakai untuk mengusir hama. Ia efektif untuk mnegusir hama kutu daun atau (Aphids Aphis Cracivora) dan penggerek polong (Maruca testualis), dan hama tanaman kacang-kacangan.

Cara membuat pengusir hama dari lantana ini cukup mudah, yaitu cukup dengan mengekstrak daun lantana, kemudian semprotkan ekstrak tersebut ke tempat organisme penggagnu tanaman. Sebelum disemprotkan, larutkan dulu 7,5 ml ekstrak daun lantana dalam 1 liter air untuk mengusir kutu daun, dan 10 ml ekstrak daun lantana untuk mengusir penggerek polong.

No comments:

Post a Comment