Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Ngabuburit, Menunggu Waktu Buka Puasa Tiba

Senja di Kotakaler, Sumedang

Ngabuburit, apa itu ngabuburit ?? ngabuburit merupakan salah satu istilah dalam bahasa Sunda yang artinya kurang lebih adalah aktifitas yang dilakukan ketika menunggu sore atau menunggu adzan maghrib berkumandang di bulan Ramadhan, ya, istilah ngabuburit biasanya dipakai dan hanya ada ketika bulan puasa/bulan Ramadhan saja. Ngabuburit dilakukan supaya tidak jenuh dan lupa pada rasa lapar dan haus ketika melaksanakan ibadah puasa, karena kita tahu sendiri ketika berpuasa lapar dan haus akan lebih terasa jika tidak melakukan aktifitas apa-apa.

Aktifitas yang biasa dilakukan dalam ngabuburit ini bermacam-macam, bisa bermain permainan tradisional, jalan-jalan sore, nongkrong-nongkrong, sampai melakukan hobi sendiri seperti memancing, olahraga, dan lainnya, namun intinya sama yaitu melakukan sesuatu selama menunggu adzan magrib berkumandang. Istilah ngabuburit ini sudah ada sejak dulu kala dan seolah sudah menjadi budaya yang diturunkan dari generasi ke generasi, dimana jaman dulu tentu kegiatan ngabuburit ini mempunyai bermacam maksud dan tujuan yang positif, bukan hanya bermain atau menghabiskan waktu luang semata, seperti misal dulu aktifitas ngabuburit ini cenderung dilakukan di luar ruangan dengan tujuan supaya pikiran tidak mumet, menghirup udara lebih banyak agar bisa menyegarkan pikiran dan membuat pikiran menjadi positif, selain itu ngabuburit juga biasa dilakukan bersama-sama baik dengan teman atau sanak saudara untuk mempererat kebersamaan.

Senja di Kotakaler, Sumedang

Namun seiring dengan berkembangnya zaman, istilah ngabuburit ini juga seolah mengalami pergeseran dari maksud sebenarnya yang disebutkan diatas, kolot baheula (orang tua jaman dulu) menghendaki anaknya ngabuburit supaya tubuh anaknya tetap aktif bergerak dan melakukan berbagai aktifitas meskipun sedang berpuasa, jaman sekarang lain ceritanya, misal sekarang banyak anak ngabuburit dengan cara bermain game di rumahnya sampai adzan maghrib berkumandang, dengan bermain game sampai waktu berbuka puasa tiba tentunya jauh dengan apa yang diharapkan oleh orang tua jaman dulu, menunggu sampai datangnya waktu berbuka puasa mungkin iya, tapi manfaat yang dimaksudkan dalam ngbuburit ini tidak didapat sama sekali jika seorang anak ngabuburit dengan bermain game, menggerakan tubuhnya dengan aktif tidak, mempererat kebersamaan dengan teman atau sanak saudara juga tidak. Ngabuburit dengan bermain game ini tentunya hanya salah satu contoh saja, masih banyak hal-hal lain yang tidak tepat dilakukan ketika ngabuburit, karena dari dulunya maksud ngabuburit itu positif tentunya harus diisi dengan kegiatan yang positif juga.

Senja di Kotakaler, Sumedang

Dewasa ini kata atau istilah "ngabuburit" seolah sudah menjadi istilah yang umum digunakan di berbagai daerah di Indonesia, banyak daerah menggunakan istilah ini untuk maksud yang sama yaitu aktifitas yang dilakukan selama menunggu adzan maghrib tiba di bulan Ramadhan, namun karena istilah ini berasal dari bahasa Sunda, masih banyak masyarakat yang bukan orang Sunda masih bingung apa sebenarnya "ngabuburit" itu dan kenapa aktifitas menunggu waktu berbuka puasa itu dinamakan "ngabuburit", meskipun istilah ngabuburit ini sudah digunakan dalam keseharian ketika bulan Ramadhan tapi tetap saja masih banyak yang bingung akan hal tersebut. Kata "ngabuburit" sebenarnya berasal dari kata "burit" yang dalam bahasa Sunda "burit" berarti sore menjelang waktu maghrib tiba, berarti ngabuburit artinya adalah menunggu sore menjelang maghrib, dimana saat itu adalah waktu yang sangat dekat dengan waktu berbuka puasa yaitu saat adzan magrib berkumandang. Ngabuburit sendiri bisa dikatakan sebagai sebuah budaya, dan bukan berasal dari ajaran Islam yang berkaitan dengan bulan Ramadhan.

Note : Di domain blog saya yang sebelumnya (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini diterbitkan dalam judul post "Ngabuburit, Menunggu Waktu Buka Puasa Tiba" dengan link sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2015/01/ngabuburit-menunggu-waktu-buka-puasa.html"

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar