Soto Bongko, Varian Soto Khas Sumedang

Baca Juga

Soto Bongko
Soto Bongko
Untuk menjaga kesehatan, pagi-pagi sebelum beraktifitas pastilah kita harus memulainya dengan sarapan terlebih dahulu, tapi karena jadwal yang padat atau bangun kesiangan, kita seringkali melewatkan sarapan ini dirumah dan lebih memilih untuk sarapan di luar baik diperjalanan ataupun di tempat kita bekerja, dan menu pagi-pagi ketika kita sarapan diluar biasanya tak jauh dari menu bubur ayam dan yang sejenisnya, bukan begitu sob?

Di Sumedang, ada satu makanan yang bisa dijadikan variasi menu untuk sarapan pagi diluar, nama makanan yang biasa dijadikan menu sarapan ini adalah Soto Bongko. Admin rasa, hampir setiap daerah di Indonesia mempunyai makanan soto khas asal daerahnya masing-masing, ada soto kudus, soto madura, soto betawi, dan lainnya, begitu juga dengan Sumedang yang mempunyai kuliner khas dengan menu soto yang bernama Soto Bongko, ya, soto bongko merupakan soto khas Kabupaten Sumedang.

Makanannya berbentuk makanan padat yang diguyur dengan kuah khas seperti soto-soto dari daerah lain. Kuah sotonya merupakan campuran dari bumbu-bumbu yang memberikan cita rasa khas seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, garam, kunyit dan lainnya. Sedangkan "bongko" adalah nama makanan di daerah priangan yang tekstur dan rasanya sama seperti lontong namun berukuran lebih besar, diameter bongko ini biasanya berkisar antara 5 - 15 cm bahkan bisa juga sampai berdiameter 20 cm, namun untuk disajikan dalam bentuk soto bongko tentu saja bongkonya ini harus dipotong kecil-kecil terlebih dahulu, biasanya berbentuk dadu.

Kuah soto dan potongan-potongan bongko yang telah dicampur menjadi Soto Bongko ini dalam penyajiannya biasanya juga dilengkapi dengan sambal, kecap, taburan bawang goreng, taburan tauge rebus, irisan jeruk nipis, kerupuk/emping goreng, dan tentunya tahu Sumedang yang telah dipotong-potong kecil. Adanya bongko dalam soto khas Sumedang ini membuatnya bisa mengenyangkan tanpa harus dicampur makanan padat lain seperti nasi.

Kupat Tahu
Kupat Tahu
Bagi sobat yang tidak suka makanan berkuah, jangan khawatir sebab Soto Bongko juga mempunyai varian menu yang tidak berkuah, namanya adalah Kupat Tahu. Bentuk makanannya sama saja seperti Soto Bongko hanya bedanya terletak pada kuahnya, kuahnya diganti dengan bumbu kacang yang tak kalah mengundang selera. Kupat tahu memang banyak ditemui di berbagai daerah di tanah priangan, yang menjadi perbedaan dengan kupat tahu di Sumedang tentunya adalah irisan tahu sumedangnya.  Dua menu ini dapat dengan mudah sobat temui di kota Sumedang utamanya di titik-titik keramaian seperti pasar, alun-alun/pusat kota, rumah sakit, sampai sekitaran masjid/tempat ibadah.

Note : di domain terdahulu (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini dapat dijumpai dalam judul artikel "Soto Bongko, Varian Soto Khas Sumedang" dengan link sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2014/10/soto-bongko-varian-soto-khas-sumedang.html"

67 comments:

  1. koq aneh ya namanya soto bongko...dalam bahasa jawa bongko=mati lomas
    tp ngelihat screenshot nya koq kayaknya enak banget nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ditempat saya bongko artinya pegel sak pegel2 e... :D

      Delete
    2. Saya biasa makan soto di tempat saya, kalau gak soto ayam
      Ya soto babat, kalau soto bongko khas Kota Sumedang belum
      Pernah makan tuh Kang Jery.. boleh saya pesen 1 porsi Kang? :)

      Delete
    3. @ mas yanto...wah kalau didaerah mas soto bongko itu berarti soto mati ya mas :-)
      @ mas zaairul haq...tapi makan soto bongko ini gak bikin pegel2 lho mas :))
      @ kang karrys...boleh kang, nanti saya kirim soto yg elektrik ya :-)

      Delete
    4. nah itu dia mas,gimana coba??

      Delete
    5. Di tempat Mas Yanto emang semuanya serba aneh tuh Kang Jery hhhh

      Delete
    6. tapi yg aneh itu biasanya yg dicari kan kang :-)

      Delete
    7. saya sama kayak mas Yanto, awalnya saya kira soto apaan karena ditempat saya bongko itu artinya mati.. eh ternyata :-t

      Delete
    8. bongko di tempat saya temannya nagasari, kalau nagasari isinya pisang, kalau bongko isinya gula jawa :))

      Delete
    9. nih kebetulan di kantor ada yang ulang tahun, salah satu menunya soto bongko khas sumedang deh...mantap kang

      Delete
    10. hehe ternyata di berbagai daerah bongko itu beda-beda ya artinya...mumpung hari minggu ni kita jogging sambil sarapan soto bongko yukz ?? tuh kang cilembu aja bilang mantap kan

      Delete
    11. kirim dong kesini soto bongkonya, mang lembu ;(

      Delete
  2. eh nggak sengaja malah dapet pertamax nih

    ReplyDelete
  3. Siang-siang begini, dikala perut lagi keroncongan, disuguhi soto Sumedang oleh mas Jery. Terima kasih mas. Meskipun enggak mengerti apa artinya Bongko namun enak sekali kelihatannya...

    ReplyDelete
  4. terus kang WS pamer doang ke saya gitu? huhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang, terus mau protes gituh ?? (m)

      Delete
  5. kalau dilihat dari tampilannya, soto sumedang ini hampir mirip dengan makanan gado-gado ya mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, kalau yg kupat tahu nya mirip gado-gado :)

      Delete
  6. pesen satu mas,kali aja masih ada haha.. kayaknya enak tuh sotonya,tapi di liat2 mirip gado2 ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti saya kirim soto yg elektrik ya mas :-)

      Delete
  7. beda bgt sama soto di tempat saya yg kuahnya bening mas :)
    kunjungi balik ya..

    ReplyDelete
  8. Duh ampe netes nih mas, sanking ngebayanginnya :)

    ReplyDelete
  9. sotonya kok kayak tahu campur ya mas, di jogja banyak makanan tahu campur di jual di pinggir jalan hampir mirip seperti itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hee iya mas, karena sotonya pakai campuran tahu sumedang juga, jadi mirip tahu campur :)

      Delete
  10. saya biasa makan soto Bongko khas sumedang ini di rumah makan sebelah BNI mang, uenak banget emang tuh soto teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kapan atuh kita bareng2 kesituh lagi berdua ??

      Delete
  11. Dilihat dari nama dan fotonya soto bongko varian khas Kota Sumedang
    Enak dan Nikmat ya Kang Jery, ckckck saya jadi Muruy/ngiler pengen
    Soto Bongko khas Sumedang ni Kang Jery... 8-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sini atuh kang, kita nikmati bareng-bareng :-#

      Delete
  12. sudah lama tidak jalan-jalan ke wewengkon Sumedang..
    dilirik sekilas kayak ketoprak ya kang ya..
    nanti kalau ke Sumedang coba cari aah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya teh sepintas mirip ketoprak :)
      mangga teh

      Delete
  13. Wlehh weleeehh liat gambar nyaa aja saya ngilerr nihh (o) saya pesen 1 kang :o

    ReplyDelete
  14. itu beneran soto mang..?
    bentuknya kaya kupat tahu sih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener kang...
      kalau yg bawah mah memang kpat tahu kang :))

      Delete
  15. Kunjjungan malam Kang Jery, saya sruppuuut lagi
    Soto bongkonya Kang kebetulan lagi lapar berat nih... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat malam kang...
      kok kaya kopi aza kang disruput (m)

      Delete
  16. kuliner di Indonesia emang banyak ragamnya ya kang, dari sabang sampai merauke kalau mau ngicipin seharian nggak bakalan selesai, jadi pengen nih ngiler ngelihat screen nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang, jangankan seharian, bertahun-tahun pun sepertinya ndak akan bisa tercicipi semua (m)

      Delete
  17. wahhhh mantap2 ni sotonya, kayanya enak tu kang hehhehe

    ReplyDelete
  18. wahh.... kayaknya sotonya enak bener deh
    Jadi pengen cicippp hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dicicipi dulu mas, sepertinya sudah dingin. karena itu sotonya dari tanggal 1 oktober kemarin :-#

      Delete
    2. whehe iya kang ucup, sekarang pasti sotonya sudah dingin :-)

      Delete
  19. Kalau yang nggak pake kuah gitu, tampilannya jadi kayak ketoprak ya, Mas, hehe....

    Wah, sluurpp... kayaknya enak nih buat sarapan. Porsinya pas. Nggak terlalu bikin kenyang, tapi juga nggak terlalu sedikit :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau yg pas itu memang bikin nyaman ya mas :))

      Delete
  20. Jadi inget kupat tahu waktu smp (f)

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang waktu smp jualan kupat tahu ya kang ?? :)) eh pastinya sarapan makan kupat tahu y (m)

      Delete
  21. kaya nya enak tuh soto bongko nya hehehe
    mau tanya dong mas bongko itu apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bongko itu nama makanan seperti lontong mbak...tapi bentuknya lebih besar, jadi mesti dipotong-potong dulu buat memakannya :)

      Delete
  22. ane sudah pernah makan nih gan waktu tinggal di sumedang, bener bener mantap rasanya ya gan

    salam kenal gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang, pastinya atuh ...salam kenal juga kang

      Delete
  23. woww... dari ngeliat nya aja udah ngelir gan.. apa lagi kalo udah makan beneran.. hhe

    ReplyDelete
  24. lagi laper gini malah dibikin ngiler ama gan jerry dengan soto bongko nya.. hhe

    ReplyDelete
  25. tapi sepintas seperti tangkoah / gado - gado kang, jadi penasaran nih ;(

    ReplyDelete
  26. Mantep Kang!
    Eta soto nu di Gending peuntaseun Apotek Pajaji sanes?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sanes kang, ieu mah anu di payuneun paviliun RSUD :)

      Delete
    2. Oh muhun muhun...
      Hihihi... Manawi teh nu di caket Apotek Pajaji...

      Delete
  27. Penampakannya siga kupat tahu ya..

    ReplyDelete
  28. Iya tuh gan terlihat seperti gado-gado ya gan,,,tapi buat ane penasaran aja gannn hehehe

    ReplyDelete