Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Jangan Terlalu Percaya Pada Internet

Efek Internet
Image By memecomicindonesia.com

Ah, rasanya judul artikel kali ini agak rancu ya, karena admin kutip dari wikipedia arti internet adalah "Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia".

Jadi mungkin judul artikel ini "Jangan Terlalu Percaya Pada Internet" sebenarnya agak rancu artinya, maksud "internet" disini adalah kurang lebih "media untuk mencari berita, menambah pengetahuan, menambah jaringan pertemanan, dan lain-lain" seperti yang kebanyakan orang sering terjemahkan.

Ya, menurut saya pribadi, dan saya yakin banyak diantara sobat sependapat juga yaitu kita jangan terlalu percaya dengan apa-apa yang tertulis atau disajikan di media pencarian internet, baik itu disajikan dalam bentuk artikel, berita, foto, sampai pada video.

Saya berpendapat demikian karena sekarang ini sepertinya banyak sekali orang yang tiba-tiba menjadi banyak tahu karena setiap harinya membaca-baca artikel dan berita dengan internet sebagai medianya. Memang, hal tersebut adalah dampak positif dari adanya sambungan internet, dimana kita jadi mudah mendapat pengetahuan yang baru, internet bak perpustakaan online yang bisa diakses setiap saat tanpa harus beranjak dari kursi duduk.

Mungkin, tidak akan masalah jika yang kita cari di mesin pencarian internet adalah hal-hal biasa atau umum, seperti misal resep masakan, dunia binatang, jenis-jenis flora, de el el...namun, tentunya akan lain ceritanya jika yang kita cari di internet adalah hal-hal yang sensitif, seperti misal tentang agama/kepercayaan, paham kenegaraan, de el el yang mempengaruhi interaksi kita dengan orang lain di dunia nyata.

Jika kita memang ingin mencari informasi tentang hal-hal yang sensitif tersebut melalui internet, kita harus hati-hati karena artikel-artikel dan sejenisnya yang banyak bertebaran di mesin pencarian internet bukanlah karya ilmiah yang pasti dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Saya katakan demikian karena banyak juga artikel-artikel, foto, atau bahkan video yang bisa menjerumuskan karena ketidaktahuan kita, ada yang memposting sesuatu di internet dengan niat mengadu domba, ada juga yang untuk kepentingan golongan/segelintir pihak, de el el. Dengan demikian kita harus bijak dalam menyikapi berbagai hal yang bertebaran di mesin pencarian/internet. Banyak cara yang dapat kita tempuh supaya tidak terkena dampak negatif dari internet, beberapa cara tersebut diantaranya saja adalah :

- Ketika mencari keterangan tentang sesuatu yang bersifat sensitif di internet, usahakan kita sudah memiliki pengetahuan dasar tentang informasi yang akan kita cari tersebut melaui pelajaran-pelajaran formal, ini sebagai benteng pertama dan utama bagi kita agar tidak terpengaruh hal-hal negatif dari internet, sebagai filter yang bisa menyaring informasi yang menyimpang dari internet.

- Jangan menerima mentah-mentah/mudah percaya pada apa-apa yang disajikan di media pencarian internet (masih sama dengan point pertama tentunya ini berkaitan dengan hal-hal yang sensitif), kita harus bersikap kritis apalagi jika merasa ada keganjilan pada informasi yang kita dapatkan melalui internet tersebut. Kita harus cross cek ke sumber lain yang lebih bisa dipercaya
Hindari konten-konten po*nografi, kekerasan, perjudian, dan sejenisnya karena sudah jelas hal tersebut tidak membawa manfaat,

- Berkaitan dengan tipu-menipu melalui media internet, salah satunya kita jangan mudah tergiur oleh kemudahan berbelanja dan transaksi di Internet melaui online shop, karena kemudahan transaksi tanpa bertatap muka di internet sangat rawan penipuan. Namun tentunya tidak semua gerai online shop identik dengan penipuan, sangat banyak olshop yang terpercaya dan bahkan beberapa diantaranya sudah mempunyai nama, dengan demikian kita harus berhati-hati memilih gerai olshop jika akan bertransaksi melalui media internet,

- Hati-hati terhadap orang yang kita kenal melalui internet khususnya melalui media sosial, tidak semua orang yang kita kenal melalui media sosial tersebut adalah orang baik-baik, sudah banyak kasus kriminal yang berawal dari pertemanan di dunia maya, jadi waspadalah !! waspadalah !!

Orang Ganteng

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar