Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Tergesa-gesa, dan Cara Mengatasinya

Tergesa-gesa

Tergesa-gesa atau terburu-buru dicirikan dengan aktifitas yang cepat atau bahkan sangat cepat dalam melakukan sesuatu, menurut sobat, bagaimana hasilnya jika kita terburu-buru dalam melakukan sesuatu?? Sudah bisa ditebak hasilnya pasti tidak akan maksimal, tidak sesuai harapan, kacrut (kacau dan carut marut) de el el.

Pernah mengalami kejadian seperti gambar ilustrasi di atas? Saking semangatnya melangkah sampai setengah berlari., tiba-tiba salah satu jari kaki kepentok meja! bagaimana rasanya kira-kira? manis asem asin lah.

- makan terburu-buru, bukan tenaga yang didapat tapi perut menjadi begah dan kembung
- minum terburu-buru, bukan haus yang hilang tapi tersedak hingga sulit bernafas
- berkendara terburu-buru, bukan sampai tujuan tapi celaka yang mungkin bisa didapat
- dan lain lain contoh lainnya.

Dalam ajaran agama pun perbuatan terburu-buru atau tergesa-gesa merupakan perbuatan yang dilarang, ia termasuk penyakit manusia yang berasal dari setan dan banyak menjerumuskan pada kerugian. Seringnya, seseorang mengerjakan sesuatu secara tergesa-gesa adalah untuk menyelesaikan sesuatu tepat pada waktunya ditengah waktu yang sudah semakin mepet.

Mmmm, kita garis bawahi untuk menyelesaikan sesuatu tepat pada waktunya ditengah waktu yang sudah semakin mepet, bukankah hal tersebut mencirikan kebodohan dan juga kelalaian?? Disebut kebodohan karena orang yang tergesa-gesa nampak tidak rasional dengan memaksakan mengerjakan sesuatu tidak seimbang dengan porsi waktu pengerjaan yang sebenarnya (meskipun menurut perhitungannya, pekerjaan yang ada masih mungkin untuk bisa diselesaikan di waktu yang mepet tersebut). Juga menjadi ciri kelalaian karena dengan tergesa-gesa berarti kita sudah berleha-leha dengan keluangan waktu yang sebelumnya dimiliki, karena tergesa-gesa selalu identik pula dengan menunda-nunda.

Selain itu, ketergesaan juga biasanya muncul akibat rasa bahagia atau emosi lainnya yang tidak terkendali, seperti misal ingin cepat-cepat bertemu orang tua dirumah untuk memperlihatkan raport yang bagus, ingin cepat-cepat sampai rumah untuk bertemu dengan anak istri setelah lama merantau, dan yang sejenisnya.

Walaupun berbeda suasana, ketergesaan model kedua ini jika kita tidak bisa mengontrolnya, bisa juga menimbulkan kerugian yang sama seperti ketergesaan model pertama. Selain itu banyak juga ketergesaan yang dilatarbelakangi hal lainnya, seperti misal ketergesaan dalam mengerjakan sesuatu yang muncul dari sifat perfeksionis seseorang, yang selalu ingin cepat dan menjadi yang pertama dalam segala hal, sehingga membuatnya tidak bisa rilex dalam mengerjakan segala sesuatunya.

Intinya, semua tidak akan beres dan tidak akan okeh kalau dalam prosesnya kita melakukannya dengan tergesa-gesa. Jika kita selalu tergesa-gesa dalam melakukan sesuatu, tentunya yang rugi adalah diri kita sendiri dan mungkin juga bisa merugikan orang lain. Lalu bagaimana cara supaya tidak tergesa-gesa dalam melakukan sesuatu dan bisa mengerjakan segala sesuatunya dengan lebih teratur?? Dalam mengerjakan tugas sekolah misalnya, mungkin secara simpel atau sederhananya point-pointnya adalah sebagai berikut :

- pertama atur dulu emosi dan juga mood sebelum mengerjakan sesuatu, upayakan agar kita bisa menjiwai apa yang kita kerjakan supaya bisa lebih fokus dan rileks dalam proses selanjutnya,
- buat planning atau perencanaan, kalaulah tugas/pekerjaan yang akan kita lakukan tersebut tidak bisa selesai dalam satu waktu, maka harus dibuat rencana dan jadwal yang mantap dan fix untuk mengerjakannya lagi dilain waktu, DAN PATUHI ITU supaya sisa pekerjaan tidak terbengkalai,
- fokus dan teliti dalam proses pengerjaan tugas, jauhkan berbagai media yang bisa mengalihkan perhatian. Ketelitian, dan juga koreksi terhadap kesalahan yang terjadi sepanjang proses pengerjaan diperlukan untuk meminimalisir kesalahan saat finishing atau saat tugas telah selesai,
- untuk tugas-tugas yang dikerjakan secara kelompok, pastikan telah berkoordidasi dulu dengan anggota kelompok lainnya sebelum waktu pengerjaan dimulai, buat kesepakatan, tentang waktu dan tempat yang pasti untuk berdiskusi dan kerja kelompok, jangan sampai tugas terbengkalai karena ketidak kompakan,
- Inti dari ketergesa-gesaan adalah tidak mampunya seseorang mengelola waktu dan juga emosinya, dan berlatih untuk menata hal tersebut disertai niat yang kuat untuk berubah tentunya adalah yang paling utama

Sesekali mungkin kita pernah tergesa-gesa, terburu-buru, dan kedodoran dalam melakukan sesuatu, mungkin hal tersebut masih bisa dikatakan wajar. Namun jika hampir semua yang kita lakukan selalu terburu-buru dan seolah tiada hari tanpa ketergesaan, seperti selalu tampak pada pola hidup masyarakat modern seperti sekarang, berarti ada yang salah pada diri kita...setuju tidak sob ??

Sumber gambar : memecomicindonesia.com

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar