Perkebunan Teh Margawindu, Potensi Wisata di Desa Citengah

Baca Juga

Saung di Kebun Teh Margawindu
Beberapa waktu yang lalu, admin berkesempatan untuk berkunjung ke perkebunan teh Margawindu yang terletak di Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan. Dulu kebun teh ini merupakan tempat favorit untuk sekedar beristirahat mengisi waktu senggang dihari libur, suasana khas perkebunan teh dengan udara sejuknya menjadikan kebun teh Margawindu ini cocok untuk menenangkan pikiran atau sekedar beristirahat setelah sepekan penuh beraktifitas.

Ya, tak seperti perkebun teh di daerah Subang, Lembang, ataupun Puncak yang tempatnya dilalui oleh jalan raya nasional, ramai oleh kendaraan yang hilir mudik dan ramai pula oleh pengunjung, kebun teh Margawindu ini berada jauh terpencil dari keramaian kota, untuk sampai ke kebun teh ini terlebih dahulu kita harus menerabas lebatnya hutan. Untuk sampai ke tempat ini dari pusat kota Sumedang waktu tempuhnya tidak terlalu lama, kira-kira 30-45 menit untuk sampai tujuan dengan menggunakan mobil atau sepeda motor. 

Kebun Teh Margawindu
Rute untuk sampai ke kebun teh Margawindu ini sama dengan rute jalan menuju Curug Gorobog, hanya setelah menemui gapura Wana Wisata Curug Gorobog kita harus terus melanjutkan perjalanan dengan mendaki jalan yang semakin menanjak menyusuri bukit. Meskipun sebelumnya untuk sampai kesini kita harus terlebih dahulu melewati hutan, bukan berarti tempat ini benar-benar sepi dan tidak ada orang, karena dibeberapa ruas jalan terdapat beberapa kedai pedagang dan bangku-bangku untuk beristirahat.

Suasana Sekitar Perkebunan Teh Margawindu
Suasana Sekitar Perkebunan Teh Margawindu
Udara segar dan pemandangan berupa bukit-bukit yang terhampar dijamin bisa memanjakan mata dan membuat kita betah berlama-lama ditempat ini, hanya sayang, sampai sekarang jalan untuk menuju ke tempat ini masih rusak dan belum juga diperbaiki, padahal akses jalan menuju ke perkebunan teh Margawindu ini juga menjadi jalan alternatif yang menghubungkan antara daerah Sumedang dengan Limbangan - Garut.

Selain jalannya yang rusak berat, ruas jalannya relatif sempit kira-kira hanya cukup untuk satu mobil, dan posisi pasti akan terkunci jika ada mobil yang berpapasan dari dua arah. Selain itu, banyak kelokan berbentuk huruf U dengan posisi menanjak, medan jalan seperti ini tentunya akan sangat menguras tenaga para pengunjung yang datang dengan menggunakan kendaraan bermotor. Mudah-mudahan kedepannya akses jalan menuju kebun teh Margawindu ini segera diperbaiki oleh instansi yang berwenang, agar mempermudah mobilitas warga yang sering menggunakan jalur ini, dan lebih jauhnya membuat para pelancong lebih tertarik untuk datang ke tempat ini.

Penjaga Kebun Teh
Semenjak perusahaan swasta yang menyewa lahan perkebunan teh Margawindu ini tidak memperpanjang kontrak sewanya, kondisi perkebunan teh ini keadaannya menjadi kurang terawat, pengelolalan hanya dilakukan oleh penduduk sekitar secara tradisional. Mereka yang berwisata kesini biasanya hanya warga lokal Sumedang saja, mulai dari yang botram (makan bersama), ngabuburit saat bulan Ramadhan, sampai mereka yang datang dengan niat pacaran juga ada, Astaghfirullah.

Menurut admin pribadi, meskipun perkebunan teh Margawindu ini belum begitu terekspose keluar dan pengelolaannya belum dimaksimalkan untuk memunculkan daya tarik wisata, tempat ini tetap menyimpan pesona khas kawasan wisata yang masih asri, kondisi alam yang segar dan nyaman bisa segera  merefresh pikiran dan tubuh kita yang penat setelah sepekan penuh beraktifitas.

Mudah-mudahan kedepannya, perkebunan teh Margawindu ini bisa dikelola dengan lebih baik lagi dan dimaksimalkan segala akses yang berhubungan dengannya seperti diperbaiki keadaan jalannya, diberi kode dan rute penunjuk jalan disetiap ruas jalannya, serta diberi penerangan atau pencahayaan disepanjang jalannya. Kabarnya, nanti setelah jalan lingkar Sumedang dibangun, kawasan ini bisa lebih terekspose lagi dan menjadi daerah yang sangat potensial untuk dijadikan objek wisata unggulan Sumedang, semoga saja benar demikian dan semoga dapat terwujud.

Note : di domain terdahulu (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini dapat dijumpai dalam judul artikel "Perkebunan Teh Margawindu, Potensi Wisata di Desa Citengah" dengan link sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2014/07/perkebunan-teh-margawindu-potensi.html"

57 comments:

  1. Keren juga pemandanganya ,mungkin kalau pengelolaannya lebih dimaksimalkan bisa menjadfi tempat wisa alternaif di kawasan itu yah Kang,,,,sok atuh PEMDA setempat geura bangun biar tambah ramai hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang indah banget dan cocok banget untuk menghilangkan stres seharian bekerja membanting tulang mencukupi nafkah keluarga...sungguh mempesonakan banget.
      sebelum tak nikahi...saya sering ajak pacar saya maen ke Citengah ini...sepi dan mengasikkan seh..suwer deh

      Delete
    2. nah loh, ketahuan niru2 nih pacaran di tempat inih kang cilembu :-)

      Delete
  2. pemandangan alam kebun teh di desa citengah benar2 hijau dan segar ya mas... segar seperti tehnya hmmm cheer

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan sesegar memandangi profil G+ saya juga pastinya ya mbak :))

      Delete
  3. Woowww.. keren banget gunungnya ya.. koq selama ini gak pernah kedengaran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob, maklum belum terdengar gaungnya karena cuma jadi tempat wisata warga lokal saja

      Delete
  4. wah cocok banget tuh buat wisata ya, untuk kemah dan camping sama temen temen sekelas, jadi perlu dikembangkan lagi potensi wasata yang ada ya mas ;)

    ReplyDelete
  5. Wah indahnya tempatnya sob .. bikin betah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob, apalagi saya mah deket rumah sndiri, pasti betah (m)

      Delete
  6. pernah maen di kebun teh, cuma di daerah ane. hehehe...

    oh ya mas, kdang kalo di pilm2 itu ambil lokasi di kebun teh, daaerah sekitar situ juga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. filmnya disumedang mas ?? wah yang mana ya saya kok ndak pernah nonton :-t

      Delete
  7. sayang sekali ya mas kalau sampai perkebunan teh margawindu ditelantarkan, kan masih bisa diambil manfaatnya :d

    ReplyDelete
    Replies
    1. nuah, itu juga yang saya maksud kang :o

      Delete
  8. Perekbunan teh yang memiliki potensi yang baus seperti itu sayang sekali di telantarakan ya Mas. Ngomong-ngomong sampai kapan nungguin perkebunan teh Margawindu itu mas ha,, ha,, ha,, :D

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti aza pak, sampai pegel2 heheh (m)

      Delete
  9. Masih terkesan biasa aja ya, Bang.. Tapi kebayang sama sejuknya sih. Heheh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sesejuk udara jika sang tambatan hati ada disisi yah ??

      Delete
  10. asyk bener tuh kalo udah kekebun teh, udaara nya pasti seger benerr yaa

    ReplyDelete
  11. pemandangannya menyejukkan mata

    ReplyDelete
    Replies
    1. menyejukan hati dan fikiran juga yah ??

      Delete
  12. pengalaman yang menyenangkan

    ReplyDelete
  13. Hadeuhhhh pemandangannya mennnn kerennnnn (h)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kerenan mana sama penjaga kebun tehnya ?? :-)

      Delete
  14. Wah penjaga Teh nya ganteng ya kayak saya

    *Gubrakkkkkkkkkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kang asep minta dikecup basah nih x-)

      Delete
  15. dari fotonya udah keliat indah mas
    apalagi bisa langsung ada disitu ya ;)

    ReplyDelete
  16. wah pemandangan pedesaan yang lumayan keren nih mas.. oya saya boleh kenalan sama penjaga kebut tehnya apa nggak mas... hahahahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh mas, nanti saya kenalin, sekalian butuh nopenya ndak ?? :))

      Delete
  17. pengen kesana =))
    di aceh kebun teh jarang ditemui ;(

    ReplyDelete
  18. Semua yang namanya wisata alam kayaknya nggak ada yang jelek ya, Sob, selalu bikin ketagihan untuk terus mengunjunginya.....thanks telah berbagi!

    ReplyDelete
  19. Replies
    1. penjaga kebun tehnya juga mantab kan ??

      Delete
  20. bagus banget ga pemandangannya.. dan kelihatan cuacanya sejuk ya.. :)

    ReplyDelete
  21. tempatnya adem bgt sob kliatannya, bisa memanjakan mata..

    ReplyDelete
  22. Begitulah permasalahan di negeri ini, infrastrukturnya belum bagus, padahal buanyak buanget daerah yg sangat potensial utk dijadikan objek wisata, mungkin termasuk perkebunan teh margawindu itu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob, mudah2an kedepannya pemerintah bisa lebih peka lagi ya

      Delete
  23. pemandangannya keren, penjaga kebun teh-nya lebih keren.. tapi yg paling keren ya yg komen ini.... wuehehehehehehe ;-(

    ReplyDelete
  24. tempatnya masih bagus mas,kelihatan segar dan sejuk disana :)

    ReplyDelete
  25. penjaga kebunnya pasti keren juga ya mas? whahaha..

    ReplyDelete
  26. Udah lama ga jalan2 ke kebun teh jadi kangen T_T

    ReplyDelete
  27. bagus juga nih pemandangannya sangat cocok untuk menghilangkan stres dan bikin seger di mata, kalau deket saya pengen sering-sering lewat sana mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti bakal sering-sering ketemu saya mas x-)

      Delete
  28. penjaga kebun tehnya ganteng juga...kenalin dong a

    ReplyDelete
  29. daerah perkebunan teh pasti pemandangan aalam nya bagus ya mas, jadi cocok apabila dikembangkan sebagai obyek wisata ;)

    ReplyDelete
  30. Inilah yang membuat saya ingin hidup di Jawa Barat sampai akhir hayat!

    Mari lur ah kita syukuri semua pemberian ini, sampai kapanpun tidak bisa digantikan, bahkan oleh pesawat mewah pun; mari kita jaga dan lestarikan!

    ReplyDelete