Gamelan Sari Oneng Mataram

Baca Juga

Gamelan Sari Oneng Mataram
Gamelan Sari Oneng Mataram
Satu set alat musik gamelan diatas merupakan salah satu koleksi Museum Prabu Geusan Ulun yang mempunyai daya tari tersendiri, sebenarnya ada larangan untuk memfoto atau mengambil gambarnya, namun ketika admin meminta izin kepada petugas di tempat gamelan ini berada, admin diizinkan untuk mengambil gambarnya, jadi tanpa ragu admin jepret sambil bertanya dan mencatat sejarah serta keunikan dari gamelan ini.

Berbicara tentang gamalen, admin rasa kita semua telah mengenal atau minimal mengetahui alat musik ini, dimana secara umum kita mengetahui bahwa gamelan merupakan kesatuan dari beberapa alat musik tradisional yang ditabuh untuk menghasilkan irama musik tertentu, gamelan sendiri berasal dari bahasa jawa yaitu gamel yang berarti menabuh. Gamelan terdiri dari beberapa alat musik seperti gong, gendang/kendang, gambang, bonang, kempul, suling, saron, dan lainnya.

Gamelan Sari Oneng Mataram
Gamelan Sari Oneng Mataram
Kembali ke gambar atau foto gamelan diatas, satu set alat musik gamelan tesebut bernama Gamelan Sari Oneng Mataram, ya, tak banyak yang tahu bahwa Kabupaten Sumedang mempunyai gamelan yang memiliki nilai sejarah, gamelan yang ada di Sumedang bahkan pernah melanglang buana ke negara-negara Eropa dan Amerika Gamelan tersebut adalah Gamelan Sari Oneng Mataram dan Gamelan Sari Oneng Parakansalak. Keduanya kini tersimpan di Museum Prabu Geusan Ulun.

Gamelan Sari Oneng Mataram merupakan gamelan yang dibuat di Mataram dan dihadiahkan pada Sumedang ketika Sumedang berada dibawah kekuasaan Mataram. Menurut cerita dari guide di Museum Prabu Geusan Ulun dan telah admin baca juga dari berbagai sumber, dikatakan bahwa Gamelan Sari Oneng Mataram merupakan hadiah dari Mataram ketika Sumedang memenangkan pertandingan mengadu muncang (kemiri) antara Senapati Sumedang dan Senapati Mataram pada masa pemerintahan Pangeran Rangga Gempol III atau Pangeran Panembahan (1656-1706). Konon katanya, mengadu kemiri pada saat itu bisa disamakan juga dengan ajang mengadu kesaktian, jadi bisa dikatakan bahwa Senapati Mataram saat itu mengakui kehebatan Senapati Sumedang dan kemudian  menghadiahkan Gamelan Sari Oneng Mataram ini.

Gamelan Sari Oneng Mataram
Gamelan Sari Oneng Mataram
Gamelan Sari Oneng Mataram menjadi artefak peninggalan sejarah yang sangat berharga bagi Sumedang dan sekarang tersimpan dengan baik di Gedung Gamelan, yang merupakan salah satu bangunan dari Museum Prabu Geusan Ulun. Dulu gamelan ini sering digunakan untuk latihan tarian khas Kasumedangan di Museum, namun mengingat usianya yang sudah sangat tua dan rentan terhadap kerusakan akhirnya sekarang gamelan ini tidak dipergunakan lagi untuk berlatih.

Note : di domain terdahulu (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini dapat dijumpai dalam judul artikel "Gamelan Sari Oneng Mataram" dengan link sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2014/05/gamelan-sari-oneng-mataram.html"

60 comments:

  1. gamelan merupakan peninggalan adi luhur nenek moyang kita,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul yah Mas Joe alat Musik Gamelan ini, sangat memberi ciri seni
      Sejarah Nenek Moyang. Makasih Kang Jery sudah mempublikasi artikel ini

      Delete
    2. betul itu...salam hangat untuk bang joe dan bang saud :D

      Delete
    3. setuju sekali...salam hangat buat kang joe, kang karrys, dan kang jagad kawula :)

      Delete
  2. Selamat malam Kang Jery, Wah kalau lihat gamelan saya teringat Kampung halaman saya
    Di Jawa Tengah Kang. Dan di Kota Sumedang Seni Budaya masih lekat pada kesenian
    Peninggalan sejarah yang sangat melegendaris ini. makasih Kang atas artikelnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dimuseum sih emang masih ada dan terawat, sayang disayang, udah jarang kesenian tradisional ini manggung...kalah sama dangdutan seh.

      Delete
    2. selamat malam kang karrys...iya kang begitulah mungkin :)
      nah kang cilembu makjleb nih, suka dangdut koplo kah ??

      Delete
  3. Sepintas terlihat perangkat gamelan ini mirip dengan perangkat "Talempong" alat musik tradisional minang kabau mas Jery...Ya, di Sumatera barat dikenal dengan nama Talempong...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mmmm jadi di tempatnya pak uda namanya talempong ya ?? saya baru tahu :))
      iya pak mungkin mirip

      Delete
  4. Sepertinya mengandung aura mistis ya Mas hehehe, ini harus di lestarikan Mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hee iya mas memang begitulah kira-kira :))

      Delete
  5. berarti gamelan sari oneng merupakan sebuah pusaka ya mas [-(

    ReplyDelete
  6. satu lagi potensi budaya milik kota SUmedang yang membahana makjleb, perlu dikenalkan lebih giat lagi pada generasi muda khususnya....maklum saya juga baru tau dari sini... 8-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jiiahhh, kecup basah azah deh ah X-)

      Delete
  7. kekuasaan mataram pernah sampe sumedang juga ya..?
    kirain cuma sebatas jawa tengah dan sebagian jawa timur doang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang, karena sumedang pernah menyerah tanpa syarat pada mataram

      Delete
  8. harus dilestarikan nih gamelan, jangan sampai tertelan zaman

    ReplyDelete
  9. waktu di SD saya sering mainkan gamelan tapi utk skrng jarang =))

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya malah belum pernah :-)

      Delete
    2. saya juga belum pernah main gamelan...
      yuuuuk main yuuk :))

      Delete
  10. hingga sampai sa'at ini masih senang denger kelotekan suaranya yang has dan enak dibuat santai, tapi sapai sa'at ini juga gak tau ginama cara mainkan gamelan ini heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mas...saya juga ndak tau gimana cara mainkannya :))

      Delete
  11. Musti dilestarikan nie kang biar gak tergerus oleh roda jaman :)

    ReplyDelete
  12. gamelan kuno seperti ini biasanya dikeramatkan ya mas, kalau di kraton jogja masing2 perangkat gamelan memiliki namanya sendiri2 dan pada hari2 tertentu diadakan ritual khusus utk gamelan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dikeramatkan sih tidak mbak, tapi bernilai pusaka dalam artian peninggalan sejarah yang sangat berharga...
      pusaka2 disini juga dicuci pada hari2 tertentu mbak :))

      Delete
  13. wah ternyata menyimpan nilai historis yang tinggi. sudah berapa tahun tuh usia gamelannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas begitulah :))
      itu ada tahunnya mass :))

      Delete
  14. Iss jadi rindu pengen denger alunan musik dari gamelan.. Di sini jarang ada soalnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya sih rindu yg maen gamelannya mbak :-)

      Delete
    2. hehehe iya mbak, pasti cantik kalau cewek yg maininnya (m)

      Delete
  15. sumedang patut berbangga masih memiliki seperangkat gamelan kuno ya mas

    ReplyDelete
  16. Saya suka artikelnya yang berbau budaya. Amat sangat menarik.

    ReplyDelete
  17. Perbedaan sama gamelan pada umumnya apa ya bang ?

    minta follow blog baru saya dong :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. perbedaannya gamelan ini memiliki nialai sejarah mas

      Delete
  18. nama gamelannya asik, sari oneng...jadi inget oneng dalam film ... ternyata tidak hanya di jogja saja gamelan masih diperhatikn...heheh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, gamelan ini sangat diperhatikan dan dirawat karena memiliki nilai sejarah bagi sumedang :)

      Delete
    2. kalau gamelan ini sih tidak dicuci mas...tapi pusaka dlm bentuk keris biasa dicuci pada bulan tertentu

      Delete
  19. gamelan ini memang budaya bangsa indonesia ya mas, jadi harus dijaga dengan baik agar tidak hilang ditelan oleh jaman, pasalnya sekarang ini anak muda lebih senang musik pop rock hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak setuuju sekali, yg suka dangdut juga ndak kalah banyak ya :-)

      Delete
  20. ooo hadiahnya gamelan? kenapa nggak dikasih tahu sumedang aja? kan tahu sumedang lebih enak dimakan daripada sepaket gamelan~~~

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi gamelan lebih enak didengarkan kalau dimainkan kan mbak daripada tahu sumedang :-)

      Delete
  21. adu kemiri ? kemirinya diapain ya kira2?? dulu waktu kecil sih pernah main kemiri juga, beneran permainan kemiri lho

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya diadu gitu mas, kemiri ditumpuk 2 lalu diatasnya disimpan tongkan bambu...tongkat bambunya dipukul...nah yang kemirinya pecah berarti kalah

      Delete
  22. klo denger nama oneng jadi inget film komedi bajaj mas hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. trus kalau dengar nama jery ingat apa mas :-)

      Delete
  23. Wa'alaikumsalam, Gamelan harus terus dilestarikan. Warisan seni leluhur kita

    ReplyDelete
  24. jadi teringat saat masih kuliah... ada pelajaran bahasa jawa, trus di suruh praktek menari serta di iringi musik jawa, termasuk gamelan nya.. berhubung ane cowok, ane gak pernah ikutan praktek soalnya malu. akirnya nilai semster hancur ;(

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengalamannya hampir sama dengan saya mas :-)

      Delete
  25. Ditempat saya ada juga Kang Museum yang banyak menyimpan alat-alat musik TRADISIONAL tapi sayang generasi sekarang banyak yang tak mengenal dengan nama-nama alat musik tersebut mungkin mereka sibuk liat SINETRON di televisi ya Kang..hahahhahyyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak..salah satu penyebabnya itu mungkin ya :)
      mesti digalakkan lagi ni sama anak2 muda :-#

      Delete
  26. tetap dijaga terus ya budaya indonesia ini,salah satu warisan asli dalam negri

    ReplyDelete