Menapaki Jejak Sejarah di Benteng Pasirkolecer, Gunung Gadung

Baca Juga

Benteng Pasirkolecer
Benteng Pasirkolecer
Benteng Gunung Gadung di Pasirkolecer, merupakan Benteng peninggalan Belanda pada masa Perang Dunia I, terdiri dari dua buah bangunan yang terpisah beberapa meter jaraknya. Benteng ini sebenarnya tidak terlalu jauh dari pusat kota Sumedang, jaraknya kira-kira sekitar satu sampai dua kilometer dari pusat kota namun  jarang yang mengetahui keberadaan benteng ini, karena walau sudah mulai dikelola nampaknya benteng ini belum tersosialisasikan dengan baik seperti Benteng di Gunung Kunci ataupun Gunung Palasari.

Letaknya yang berada di ketinggian dan seolah tersamarkan oleh pemukiman penduduk pun mungkin menjadi salah satu penyebabnya. Tidak ada papan penunjuk jalan ataupun petunjuk lainnya yang menunjukkan keberadaan benteng ini, rata-rata mereka yang tahu letak benteng ini adalah melalui berita dari mulut ke mulut.

Benteng Pasirkolecer
Benteng Pasirkolecer, Benteng Pertama
Seperti telah admin sebutkan diatas, Benteng Gunung Gadung di Pasirkolecer ini terdiri dari dua buah bangunan, bangunan atau instalasi militer yang pertama bisa dilihat seperti pada gambar diatas. Untuk menuju ke benteng yang masih terlihat sangat kokoh ini kita harus melewati areal persawahan terlebih dahulu, atau lebih tepatnya benteng ini berada ditengah sawah. Bentengnya berupa benteng tunggal dengan satu pintu, menurut warga sekitar dulunya benteng ini berfungsi sebagai tempat istirahat para perwira Belanda dan tempat penyimpanan senjata. Ukuran bentengnya cukup besar layaknya sebuah instalasi militer.

Benteng Pasirkolecer
Benteng Pasirkolecer, Benteng Kedua
Benteng yang kedua, ukurannya lebih besar lagi, dilengkapi dengan satu pintu dan satu lubang menganga yang fungsinya entah untuk apa, admin tidak tahu fungsinya karena tidak ditemani seorang guide yang menerangkannya ketika berkunjung kesini. Suasana sepi berhias riuhnya suara daun pohon bambu yang bergesekan ditiup angin meninggalkan sensasi tersendiri bagi admin di benteng ini. Benteng kedua ini selain lebih besar bentuknya juga melingkar, bentuknya yang melingkar ini sepertinya berfungsi untuk perlindungan atau pertahanan. Benteng ini juga dilengkapi cerobong asap seperti bisa dilihat pada gambar dibawah ini :

Benteng Pasirkolecer
Benteng Pasirkolecer, Benteng Kedua
Kedua benteng di Pasirkolecer ini berada di tengah-tengah sawah dan kebun milik warga sekitar, suasana benteng dan sekitarnya bersih dan nampak terawat. Menurut warga sekitar, dulu ada rencana benteng ini akan lebih disosialisasikan lagi kepada khalayak dengan tujuan agar lebih dikenal dan bisa menarik minat wisatawan untuk mengunjunginya, namun tampaknya hal tersebut belum terlaksanakan secara optimal hingga saat ini. 

Benteng Pasirkolecer
Benteng Pasirkolecer di Gunung Gadung
Diatas admin mengatakan bahwa kedua benteng ini terpisah beberapa meter jaraknya, beginilah penampakannya jika gambarnya diambil secara keseluruhan. Melihat bentuk utuhnya seperti ini, admin jadi bertanya-tanya apa benteng Pasirkolecer ini terdiri dari dua buah bangunan? atau sebenarnya kedua bangunan itu merupakan satu bangunan yang terpisah timbunan tanah namun tetap terhubung satu dengan lainnya? karena jika dilihat pintunya nampak simetris dan mungkin saja saling terhubung.

Benteng ini berada di Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan, untuk menuju ke Benteng Gunung Gadung di Pasirkolecer ini dari arah alun-alun Sumedang atau dari Masjid Agung Sumedang, cukup menuju ke arah jalan Cut Nyak Dien tempat dimana Makam Pahlawan Nasional Cut Nyat Dien berada, dari jalan Cut Nyak Dien kita tinggal lurus lalu kemudian belok ke arah tempat wisata Kampung Toga sampai memasuki Desa Sukajaya, tempat benteng ini berada tidak begitu jauh dari gapura masuk ke Desa Sukajaya, jalan yang terus menanjak menuju benteng ini memungkinkan kita melihat kota Sumedang dari atas, pemandangan indah yang tersaji sepanjang perjalanan pun dijamin tak akan membuat kecewa.

Note : di domain terdahulu (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini dapat dijumpai dalam judul artikel "Menapaki Jejak Sejarah di Benteng Pasirkolecer, Gunung Gadung" dengan link sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2014/03/menapaki-jejak-sejarah-di-benteng.html "

136 comments:

  1. Benteng Pasirkolecer di Gunung Gadung,jadi nambah wawasan nih kang jery,kudu dilestarikan inimah biar anak cucu kita nanti bisa melihat cagar budaya utamanya warga Sumedang,,,
    nice post kang Jery...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Satuju saya sama Kang Dede, pendapatnya sae Kang
      Kang Jery pandai sekali nulis sejarah, saya jadi ingin belajar nih hh :)

      Delete
    2. iya kang karrys n kang dede...saya juga setuju, kudu dilestarikan peninggalan sejarah ini jangan disia-siakan begitu saja ya, agar anak cucu kita juga bisa tau n lebih hebat lagi kalau mempelajarinya. Kang karrys : duh jadi maluuuu ;-( ini mah gak nulis sejarah kok kang...hanya menceritakan saja ini mah :))

      Delete
    3. kayanya angker ya om , gajadi baca habis ._. (p)

      Delete
    4. Bagus kali ya kalau dipake buat syuting UJI Nyali hiheiheiheiee

      Delete
    5. Bagusnya harus di jaga dan di Lestarikan, agar nilai sejarah ini bisa
      Di nikmati kenangan sejarahnya, untuk Anak cucu kita kelak yah Kang Jery :)

      Delete
    6. @ kang Asep : mau coba kang ?? heheh

      @kang karrys : SEtju pisan kang :))

      Delete
    7. Kayak angker bin mistis aja bentengnya mas

      Delete
    8. Angker kah Maya? Huaaaaaaaaaaaa Hiyyyyyyyyyyyyy

      Delete
  2. wilayah Sumedang Begitu Penting dan Sangat Strategis bagi kepentingan belanda yah, begitu banyak beteng di bangun di sana. Benteng Pasirkolencer ini salah satunya yang jadi saksi bisu sejarah penjajahan belanda. Walau hanya di tengah kebunan warga namu lumayan bersih dan terawat kalau di lihat dari potonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mungkin begitu mas djono...di sumedang ini banyak seali benteng peninggalan belanda...ada yang terawat dan ada juga yang tidak, nampaknya benteng disini relatif lebih banyak daripada di tempat2 lain....saya juga masih penasaran kenapa bisa begitu, sestrategis apa sumedang tempo dulu...

      Delete
  3. ya Allah.....kemana atauh Dinas Pariwisata atau Dinas Pendidikan Kabupaten SUmedang teh?...emangnya ngga ada Kadin Kadin itu yang ngeh dengan sejarah ya....semoga Menteri Pariwisata(nota bede sama-sama bego itu) membaca artikel tentang Benteng Pasirkolecer dan benteng benteng lainnya yang tersebar di bumi endonesah ini yang terbengkalai...

    #"ngurusin yang beginian ngga ada duitnya seh"...ujar Menteri dan Kadin2 itu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh nah saya suka gaya frontal kang cilembu yang seperti ini th, setujuh kang :-)

      Delete
    2. huh...kompormledug deh c akang.

      Delete
  4. Bangunan belanda jaman dulu kuat2 ya bisa bertahan selama puluhan bahkan ratusan tahun. Ngak kaya aspal di depan rumah baru 3 bulan udah ancur he,,, :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus dibangun sama orang walanda ya kang aspalnya :))

      Delete
    2. Iya kali ya Kang, biar awet , kuat. dan tahan lama :d

      Delete
  5. masih kekal kukuh binaan bangunan tinggalan belanda.. jika di malaysia bangunan tinggalan belanda digelar a famosa yang terletak di negeri melaka.. memang ianya masih berdiri teguh sehingga kini dan manjadi tarikan utama tourist..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak...bangunan peninggalan belanda itu rata2 masih kuat bertahan hingga saat ini dan menjadi daya tarik wisata jika bisa mengelolanya ya

      Delete
  6. lokasinya angker2 nih, cocok buat uji nyali wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. tiap denger benteng belanda di sumedang pasti kepikirannya kesitu ya kang...gara2 acara uji nyali gunung kunci di tv tuh :-)

      Delete
  7. memnag asyik ya kang jalan2 ditempat yang penuh bersejarah walaupun kesannya kyk angker tapi klo di lihat retro :)

    ReplyDelete
  8. memang g diragukan lagi ya gan bangunan yg masih ada dikala jaman belanda dulu.. msih kokoh walaupun sudah berabad masih meningglkan jejak yg bersejarah (k)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob, mantab kan...beda banget sama bangunan2 jaman sekarang =))

      Delete
  9. Bangunan bersejarah...tapi keliat masih kokoh berdiri ya kang :)

    ReplyDelete
  10. hwaduuhh,,. kurang perawatan kayanya tuh mas.,
    ane malah baru tahu, seharusnya bentengnya itu harus di ekspos ke media, agar bisa jadi pariwisata dan semoga ada wartwan yang membaca artikel ini yah mas., :>)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas sepertinya sampai saat ini masih kurang terekspose ke luar...tapi sepertinya benteng ini sudah dirawat namun belum maksimal...iya mas, tapi wartawannya jangan sampai copas dari sini artikelnya :-)

      Delete
  11. kalo dihitung dari perang dunia satu berarti umurnya sudah tua banget ya... tapi masih terhilat bekas sejarahnya.. keren abis

    ReplyDelete
  12. Saya malah belum pernah kesana e mas... kapan2 aja

    ReplyDelete
  13. Selamat sore Kang Jery, simak artikel sejarah yang ada di Kota SUMEDANG
    Ternyata peninggalan sejarah termasuk Benteng Pasirkolecer, Gunung Gadung
    ini masih Lestari di jaga keutuhanya. salaut deh pada Masyarakat sekitar nya
    Kota Sumedang pantas jika Menyandang Kota sejarh yah Kang Jery? makasih atas infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat pagi kang...iya kang hanya sayang belum begitu terekspose n relatif jarang yang tau benteng ini

      Delete
  14. suasananya menyeramkan ya mas ditambah lagi efek foto yang pas. saya suka sekali.
    terima kasih..

    ReplyDelete
  15. Jika Benteng Gunung gadung adalah peninggalan Belanda semasa perang dunia pertama, berarti dibangun kira-kira antara tahun 1914 sampai 1918 ya mas. Terima kasih shareing artikel sejarah ini, mas Jery...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pak sekitar tahun tersebut benteng ini dibangun, dan masih tetap kokoh sampai sekarang. sama2 pak uda :)

      Delete
  16. Cerita yang sangat menarik kang, waduh kapan ya bisa kesana..

    ReplyDelete
  17. Terimakasih atas infonya mas..

    ReplyDelete
  18. kayaknya lokasi tersebut cocok nih untuk acara dunia lain, hehe. ^^

    ReplyDelete
  19. Yang seperti ini pasti usang ya mas...nilai sejarahnya juga kadang tidak diminati

    ReplyDelete
    Replies
    1. diminatinya oleh orang2 tertentu saja ya mbak :)

      Delete
  20. sebenarnya ini keren ya mas,cuma terlihat usang karena tidak dilestarikan. terkesan serem juga jadinya..
    makasih infonya mas,saya baru tau ini nih..

    ReplyDelete
  21. gunungnya seram amat mas. itu bekas peningalan belada ya mas?..

    ReplyDelete
  22. duh, kok gue ngeri lihat ya, ya...angker soalnya, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. itumah cuma saya kasih efek saja sob fotonya :-)

      Delete
  23. baru tau nih ada Benteng Pasirkolecer di Gunung Gadung. nambah pengetahuan kang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob, saya juga baru tau kemarin2 :-#

      Delete
  24. kalau malam2 saya ga berani mas ngunjungin benteng peninggalan belanda ini.. wong isang aja mas jerry ga berani masuk ke dalam, apa lagi malam.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. heee iya mas, gak berani kalau masuk kedalam...soalnya gelap banget dalamnya walau masih siang :))

      Delete
  25. Di sumedang ada gunung gadung
    Pasti sejarahnya ngundang pengunjung
    Dan seremnya itu bikin perasaan ingin berlindung

    ReplyDelete
  26. banyak sekali benteng peninggalan belanda di negeri kita...

    ReplyDelete
  27. Mudah-mudahan tidak tergusur dengan area persawaahan ya mas.. harus di renov tuh tempatnya, supaya banyak menarik wisatawan..

    ReplyDelete
  28. oh peninggalan jaman Belanda setelah Perang Dunia I, lama juga umurnya.

    ReplyDelete
  29. agan suka touring ya....hehe artikel yang bagus...sip

    ReplyDelete
  30. Di sumedang banyak banget ya cagar budaya yg bs digali ilmunya. Menarik jika pemerintah turut aktif utk memperkanalkannya kpd publik luas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pak..setuju sekali...
      cuma sayang...ya begitulah adanya

      Delete
  31. Situs sejarah seperti wajib kita jaga agar kelak bisa di ketahui juga oleh anak cucu kita, info yang sangat menarik Mas :)

    ReplyDelete
  32. Melihat jejak sejarah benteng ini kayanya para oknum pejabat memang tidak ada niat atau memang tidak mau tahu ya ? Padahal kan lokasinya di tengah kota, dan ini bisa di jadikan cagar budaya dan sejarah. Kadang-kadang saya kesel kalau melihat hal seperti ini Kang. :D

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga sama kesalnya pak :))
      salam

      Delete
  33. lumayan serem juga ya mas benteng nya hehehe :D
    itu pasti benteng peninggalan orang belanda ya atau mungkin bsa juga orang jepang dulu waktu jajah di indonesia

    ReplyDelete
  34. Bentengnya di tengah sawah, ya... Asyik juga kalau main-main ke sana, sekalian wisata alam, menikmati suasana persawahan, hehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, sambil bancakan bikin nasi liwet lebih mantap lagi :-)

      Delete
  35. Lokasi bersejarah harus di lindungi oleh pemerintah.. apa yang ini sudah mas ? :) Kunjungan balik ya trimakasih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya sudah sob :)
      siap meluncur :)

      Delete
    2. Ok mas ... trimakasih kunjungan nya ke blog saya :) di tunggu artikel selanjutnya :)

      Delete
  36. Saya nya baca aja. Gak pernah kesana :D

    ReplyDelete
  37. Kayaknya menarik juga ya kalau ke sana. Cuman, pas lihat fotonya, kayaknya angker hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hee itu cuma efek editan foto saja kok mabk...aslinya gak angker (m)

      Delete
  38. menarik banget ne berkunjung di tempat peninggalan sejarah.. pengen donk ke sana

    ReplyDelete
  39. bisa dibilang ilmu sejarah gak neh bang, karena dilihat dari foto-foto diatas kayaknya usianya sudah tua gitu ya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat bisa sekali mbak...karena benteng ini peninggalan masa perang dunia I

      Delete
  40. Bentuk benteng ini sangat unik ya.. Sayangnya kayaknya juga kurang terawat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya lihat langsung sih sepertinya cukup terawat mas...cuma kurang disosialisasikan ke khalayak saja

      Delete
  41. banyak banget gan benteng pertahanan nya. Keren juga ya belanda bisa bikin benteng sebanyak itu. Sayang sekarang sudah nggak dirawat ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya masih dirawat sob...itu bersih begitu bentengnya :)

      Delete
  42. :>)
    walaupun habis hujan tapi tetep niat untuk mengunjungi peninggalan sejarah ini.
    kelihatannya kok gak kerawat gitu ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hheh ya bgitulah sob kalau suka ngebolang mah :-)
      terawat kok sob kan sampai bersih begituh bentengnya

      Delete
    2. itu bersih karena terawat apa karena apa? :))

      Delete
    3. karena dibersihkan pastinya sob (m)

      Delete
  43. jadi banyak refernsi nih tmpt bersejarah di sumedang yg perlu dikunjungi kang. keren kayanya bentengnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang lumayan gagahlah bentengnya...

      Delete
  44. dilihat sepintas terlihat mengerikan nih peninggalan...

    ReplyDelete
  45. wah serem.. kayanya berhantu (p)

    ReplyDelete
  46. wah, keren sekali infonya...
    hal ini harus kita jaga, karena nilainya yang luar biasa...

    ReplyDelete
  47. wah di sumedang ternyata banyak juga yah mas peninggalan sejarah salah satunya benteng pasirkolecer ini, jadi menambah wawasan saya nih mas WS, makasih sharingnya :)

    ReplyDelete
  48. Met malam kang.peninggalan sejarah perlu dilestarikan ya kang,supaya ada bukti jika keturunan kita bertanya tentang apa yang terjadi di zaman dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. met pagi kang...iya kang setuju pisan, supaya gak pareumeun obor ya

      Delete
  49. banyak sekali peninggalan sejarah di Sumedang ya mas yang belum diketahui khalayak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas arif, perlu lebih disosialisasikan lagi

      Delete
  50. Benteng itu dulunya pasti mengisahkan banyak sejarah dan cerita ya kang..?
    sama kayak benteng2 lainnya yang ada di beberapa daerah, peninggalan penjajah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas boku, pastinya...wah mas boku kemana saja baru kelihatan lagi hehe

      Delete
  51. Selamat malam Kang Jery, kemabli turut meramaikan artikel akang ini
    saya baca lagi sejarah Benteng Pasirkolecer, Gunung Gadung nya Kang
    Kali ini agak santai akh jika di perbolehakan, sambil ngendong disini hhh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kang bangun kang ngendongnya, udah pagi ini :))
      iya kang, hatur nuhun pisan sudah kembali lagi kesini...santai kaya dipantai ya kang :-)

      Delete
  52. selamat malam Mas... saya sangat suka jika berkunjung ke tempat yang bersejarah, hm ingin rasanya saya juga berkunjung di Benteng Gunung Gadung di Pasirkolecer ini Mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat pagi mas...iya mas kapan2 kalau sempat bisa dicoba berkunjung kesini

      Delete
  53. Kunjungan sore lagi Kang Jery kembali simak artikel yang bermanfaat ini

    ReplyDelete
  54. benteng bersejarah ya mas,saya malah belum tau ni benteng sebelumnya.perlu di jaga terus krn mrupakan salah satu peninggalan sejarah

    ReplyDelete
  55. waduh saya sudah ketinggalan berita nih mas.. sudah banyak banget komentarnya hehehehe...
    wah saya jadi tambah wawasan lagi nih mas.. soalnya sebelumnya saya belum prnah dengar tentang benteng kolecer ini mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting gak ketinggalam kereta kan mas :))
      baru dengar disini ya :))

      Delete
  56. kalau malam-malam serem juga yah kalau berada di sekitar benteng pasir kolecer, di dalam guanya itu apa ada sesuatu mas atau hanya ruangan kosong saja :)

    ReplyDelete
  57. sejarah nya cukup panjang juga ya sob. mantap deh share nya nambah ilmu buat ane

    ReplyDelete
  58. semua benteng pasti punya cerita tersendiri ya kang, termsuk di pasirkolecer ini..

    makasih infonya kang....

    ReplyDelete
  59. dengan belajar sejarah, kita jadi bersyukur ya mas karena kita kini hidup dijaman merdeka

    ReplyDelete
  60. banyak sejarah masa lalu yang belum terungkap ya mas di daerah daerah, jadi perlu dikaji dan diteliti lagi agar sejarah bangsa kita semakin luas dan bermanfaat untuk masyarakat indoensia ;)

    ReplyDelete
  61. sejarah yang terpendam di indonesia memang sangat banyak ya mas.

    ReplyDelete
  62. Ternyata masih ada peninggalan sejarah yang bagus seperti benteng tersebut, semoga bisa terus dilestarikan,

    Lowongan Kerja CPNS Terbaru 2014

    ReplyDelete
  63. indonesia sebenanrnya kaya dg sejarah,spt benteng ini.. tinggal gmn menjaganya saja

    ReplyDelete
  64. indonesia ternyata juga kaya akan sejarah

    ReplyDelete