Manis Legit Sawo Sukatali

Baca Juga

Sawo Sukatali
Sawo Sukatali Dijajakan Sepanjang Jalan Sukatali Situraja
Ada yang suka buah sawo?? buah sawo biasanya memiliki rasa yang sangat manis seperti gula, berdaging agak tebal yang lembek dan meiliki biji berwarna hitam. Buah sawo tidak ada musimnya dalam artian berbuah sepanjang musim dan banyak dijumpai di berbagai tempat terutama di dataran tinggi. 

Di Sumedang, ada daerah penghasil buah sawo yang berbeda dengan buah sejenis dari daerah lain, daerah yang admin maksud adalah Desa Sukatali, Kecamatan Situraja. Di daerah ini, pohon sawo yang tumbuh bisa menghasilkann buah sawo yang memiliki kekhasan tersendiri baik dari warna, rasa, dan bentuknya.

Ukuran buah sawo dari Desa Sukatali ini lebih besar, warnanya lebih cerah, dan rasanya pun dijamin lebih nikmat dan segar, bahkan ukurannya bisa sampai seukuran buah jambu. Pembeli pun kadang ada yang tertipu dengan warnanya, banyak yang mengira sawo yang dijajakan penjual masih mentah karena warnanya yang dominan hijau, padahal sebenarnya sawo tersebut sudah masak dan siap disantap.

Sawo Sukatali
Sawo Sukatali
Sawo Sukatali, meski pada dasarnya buah sawo memang berasa manis, namun buah sawo yang satu ini memiliki rasa manis yang khas. Sawo Sukatali ini memang mempunyai rasa manis yang berbeda dengan rasa buah sawo kebanyakan, buahnya memang lebih manis  dan mempunyai ciri khas tersendiri. Ia lebih nikmat dan lebih segar dibanding buah sawo kebanyakan.

Mungkin Sawo Sukatali tidak sefamiliar kuliner lainnya dari Sumedang seperti Ubi Cilembu ataupun Mangga Gedong Gincu, namun demikian buah sawo ini juga menjadi hasil perkebunan unggulan dari Sumedang sama seperti keduanya. Jika sobat kebetulan menuju Sumedang kota melalui Wado atau dari arah Kabupaten Garut, pastilah menjumpai pedagang Sawo Sukatali ini berderet di sepanjang jalan Situraja - Sumedang.

Sawo Sukatali
Pohon Sawo Sukatali Sedang Berbuah
Sampai saat ini, Sawo Sukatali telah dikenal baik skala lokal Sumedang ataupun daerah lainnya di Jawa Barat, hal itu tentu ikut mengangkat nama Desa Sukatali Sumedang. Berkaitan dengan hal tersebut ada satu cerita tentang kharisma seorang pemimpin dalam manisnya Sawo Sukatali ini, karena konon orang yang pertamakali memerintahkan untuk menanam buah sawo di Desa Sukatali ini adalah Pangeran Mekah atau Pangeran Aria Soeria Atmadja yang mempunyai kharisma luar biasa bagi rakyat Sumedang pada masanya.

Di kalangan masyarakat Sunda, ada ungkapan "Saciduh Metu Saucap Nyata" yang artinya kurang lebih apa-apa yang diucapkan akan menjadi kenyataan, biasanya ungkapan ini dialamatkan pada ucapan bangsawan, tokoh-tokoh, ataupun orang-orang yang dianggap soleh atau dituakan yang mempunyai pengaruh kuat dikalangan masyarakat.

Menurut cerita, Pangeran Aria Soeria Atmadja atau Pangeran Mekah memerintahkan abdi dalemnya yang bernama Satir untuk menanam buah sawo di daerah Sukatali, beliau berkata jika sawo ditanam di Desa Sukatali maka desa tersebut akan terkenal, dan ternyata, hal tersebut sekarang menjadi kenyataan dan menjadi semacam sugesti bagi masyarakat Sukatali bahwa buah sawo memang bisa membuat Desa Sukatali menjadi terkenal dan meningkatkan perekonomiannya.

Namun terlepas dari hal tersebut, berdasarkan hasil penelitian tanah di Desa Sukatali ini memang mempunyai tingkat kesuburan yang melebihi daerah lainnya dan sangat baik untuk bercocok tanam sayuran ataupun buah-buahan.

Note : di domain terdahulu (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini dapat dijumpai dalam judul artikel "Manis Legit Sawo Sukatali" dengan link sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2014/02/manis-legit-sawo-sukatali.html

107 comments:

  1. Wah unik juga namanya ya Sawo Sukatali,.
    Tapi eniwei saya memang suka sama Jus Sawo hihihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya mah oli mesin aja ah kang :-)
      kalau saya sukanya jus apa ya ?? bingung saya juga

      Delete
    2. memang sawo aceh bagaimana bentuknya om ?? :)

      Delete
  2. buah yang seperti yang gurih - gurih nyoii langsung matang di pohonya gak pake eraman :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hee buahnya pakai bumbu dapur mungkin mas kalau gurih :))

      Delete
  3. Tika belum pernah makan sawo yang matang, kalau yang muda pernah.. Waktu terkena sakit types!

    Rasanya sepet dan bikin mual :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow...kalau yang mentah pastinya banyak getahnya dong ya mbak...pasti eneg baget ya, membayangkannya saja saya mah gak sanggup :-s
      Alhamdulillah sekarang sudah sembuh ya mbak :)

      Delete
  4. sawo legit rasanya, klo dari sukatali blom pernah mrasakan, sdah terasa legitnya dari uraian diatas

    rupanya ada sejarahnya ya sawo sukatali

    ReplyDelete
    Replies
    1. hee kapan2 nanti bisa dicoba ya pak :)
      iya pak katanya sih begitu, tapi kurang tau juga benar apa tidaknya

      Delete
  5. Ada kampung di Sidoarjo, namanya desa Sawohan... gak tahu kenapa namanya spt itu tp yg jelas gak ada sawo-nya sama sekali...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kenapa ya pak ? padahal sudah jelas namanya ada "sawo"nya...
      sedangkan di desa sukatali ini justru banyak sawonya bukan banyak tali hehe :-d

      Delete
  6. sepertinya enak sawo ini ya mas, belum pernah nyoba makan sawo legit sukatali ini. Kapan-kapan ah saya mau coba makan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak nanti kapan2 dicoba ya hehe...
      atau mau saya kirim sekarang sawonya lewat email ?? :))

      Delete
  7. hiyah, tiap ngontrol jalan lewatin cimalaka/paseh dipinggir jalan banyak kios sawo, tapi sayangnya ngga ada satupun pedagang yang nyuruh nyobain, padahal mereka buka kiosnya dilahan milik saya...eh milik PU yang dikelola Bina marga tuh...manaan ng'bangun kiosnya ngga minta ijin pula ke saya...huh

    ReplyDelete
    Replies
    1. wew da ini mah dijalan yang mau ke situraja :-)
      justru bagus kang nanti kalau dikasih sawo malah masuknya gratifikasi, masa juragan cilembu dikejar polisi gara2 sawo :-t
      mending juga dikejar cewek2 indehoy pan ??

      Delete
    2. siaplah di KPK kan, wong ketua KPK nya kang asep, beliau kan adik seperguruan, pasti ngga bakalan tega...lagian saya kan ngga sesumbar digantung di Monas...wew

      Delete
    3. dicatat.. dicatat.. buat bukti pembicaraan gratifikasi

      Delete
    4. kalau saya sih malah kepingin begituh, kali aja bisa terkenal n muncul di tipi

      Delete
  8. sawo sukotali bukan hanya manis tapi kelihatannya besar2 banget mas. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. heee iya mas sebagian memang ada yang besar sekali lebih dari buah sawo yang biasa

      Delete
  9. Warnanya beda dengan sawo biasa ya mas...gimana rasanya ya jadi penasaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. tu mas jagad kawula sudah tau mbak rasanya saya jadi bingung mau jawab apa :-#

      Delete
  10. wuih...sawonya sangar-sangar pisan ue :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah padahal ini belum saya liatin sawo yang pakai tato loh kang :-)

      Delete
  11. saya kurang bgitu menyukai buah yang satu ini mas, sebenarnya enak dan segar si buahnya, tapi rasa manis yang terlalu pekat itu yang membuat eneq

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mas...saya juga sebenernya gitu, kurang suka buah sawo karena rasa manisnya pekat pisan =))

      Delete
  12. saya suka sawo mas, tapi baru kali ini ngeliat sawo segede ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau liat yang lebih gede lagi mas ?? kang cilembu tuh ubinya gede2 juga :)

      Delete
  13. sepertinya nggak begitu mahal ya mas harga sawo ini. Jadi pengen borong saya hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hee lumayan terjangkau kok mbak harganya, cocoklah buat kantong kita2 mah *meriksa dompet

      Delete
  14. Kalau lihat dar gambarnya sih masih muda ya Mas sawonya. Warnannya hijau seperti itu. Tapi kalau di lihat uraian mas yang sudah nyoba, rasanya jadi penasaran pengen nyoba buah sawonya.

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe berarti pak indra termasuk yang tertipu :)
      katanya memang seperti itu pak, banyak calon pembeli yang tertipu dengan tampilan dari sawo ini...karena sepintas buahnya memang seperti masih mentah, namun sebenarnya buahnya sudah matang.

      Terima kasih pak, saya lupa tidak menjelaskan hal ini diatas, mungkin nanti artikelnya akan saya edit lagi

      Delete
  15. Ane orang kalimantan gak pernah makan tu buah

    ReplyDelete
  16. salam kunjung balas...mesti sedap buah sawo ni...belum pernah terjumpa n merasainya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih telah berkunjung ke blog wewengkon sumedang ini..

      Delete
  17. beda ma sawo biasa ya mas?
    kalau daerah saya namanya sawo kecik ni,,,, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, beda dengan sawo biasa :)
      wah, didaerah mbak ada juga kah ?? [-(

      Delete
  18. first time saya melihat buah ini.. kulitnya seperti kulit buah mango, tetapi bentuknya agak bulat.. tentu rasanya enak ya.. teringin untuk merasai keenakannya..

    ReplyDelete
  19. first time saya melihat buah ini.. kulitnya seperti kulit buah mango, tetapi bentuknya agak bulat.. tentu rasanya enak ya.. teringin untuk merasai keenakannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak rasanya memang manis dan segar :)
      perbedaanya terletak pada kulitnya juga kak...buah sawo ini sangat mudah untuk dikupas bahkan bisa dikupas tanpa menggunakan pisau

      Delete
  20. wah kalo buah sawo mah buah saya suka banget kang, cuma untuk buah sawo sukatali sepertinya saya belum pernah ngerasain nie :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. maen atuh kang ksini, disini kita icip2 :))

      Delete
  21. jadi pengen nyoba nih mas sawo sukatalinya, kapan-kapan kalau ke sumedang saya mau beli sawo ini mas, makasih sharingnya :)

    ReplyDelete
  22. wah kyaknya enak tuh sob sawonya. dan bentuknya pun bagus tu jdi kpngen ni.

    ReplyDelete
  23. sudah lama ane kagak pernag lihat buah ini di kota ane :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang kemana sawo2nya sob sampe ngilang gitu ?? (m)

      Delete
  24. bentuk sawonya berbeda dengan sawo yang sering saya lihat mas, ini bulat agak lonjong tapi sawo disini lonjong sekali.
    kalau rasanya manis saya suka mas, tidak manispun saya suka karena bekasiat sekali.
    hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah gimana ya mas aswo yg lonjong sekali saya belum pernah lihat...kalau lonjong sekali jadi mirip buah mahoni dong ya ??

      Delete
  25. Wah besar besar banget mas buah sawonya.. Kalau di tempat saya kecil kecil mas sawonya.?

    ReplyDelete
  26. Sumedang pisan kang , kangen ci koneng simkuring ! :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. apanya yang sumedang pisan kang ?? :)
      wah akang orang cikoneng ??

      Delete
  27. saya tunggu kirimannya ke subang buat sawo nya kang Jerry hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau ngirimnya lewat paket pos mah kelamaan kang, saya kirim lewat email aja sekarang ya :-)

      Delete
  28. jadi pengen sawo,, kirim ke Purwokerto ya mas,, hehehee :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kirim lewat email ya sob, atau saya kirim sawo elektrik heheh

      Delete
  29. wah jadi pengen ke sumedang nih saya mau mencicipi manis nya buah sawo sukatali ini. Sangat menggoda selera mas hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. asik jadi bisa kopdar sama mbak ririn nih kalau kapan2 mbak ririn ke sumedang hehehe :))

      Delete
  30. Udah lama aku enggak makan buah sawo nih...

    ReplyDelete
  31. waah sawonya gede2 ya kang..jd pengen icip2, udah lama ga makan buah sawo :))

    ReplyDelete
  32. liat buah sawo jadi pengen makan sawo, sayangnya dipalembang belom musim saawo, jadi sulit buat nyarinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau disana sawo ada musimnya ya sob ?? kalau disini mah berbuah terus gak ada musimnya

      Delete
  33. Buah sawo tu gimana rupa dalamnya ya..teringin mau melihatnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya mama, dipostingan ini saya lupa ndak menyertakan gambar sawo yg sudah dikupasnya...dalamnya berwarna coklat juga mama

      Delete
  34. Wah saya suka sekali sawo.. tapi disini susah dapatinnya, lagi pula harganya juga mahal banget dibanding harga di pulau jawa.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kok bisa mahal ya sob...padahal kalau disini buah sawo ini terhitung murah jika dibanding dengan buah lainnya :-#

      Delete
  35. sawonya kayaknya lebih besar dari sawo yang pernah saya makan nih, cuma rasanya saya belum pernah nyoba :)

    ReplyDelete
  36. selamat Siang Mas... kalau saya seumur umur belum pernah mencoba yang namanya Sawo Mas, hm saya jadi penasaran mau mencobanya juga Mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat pagi mas...wah kenapa belum pernah coba mas ?? apa di daerah mas ndak ada buah sawo ??

      Delete
  37. Sawo? Kalau saya suka banget sih nggak. Tapi kalau pas ada buahnya saya makan juga, hehehe....

    Hmmm... gimana ya rasa manis yg khas pada sawo itu. Jadi penasaran....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hee sama kang saya juga begitu...gak begitu suka sih, tapi kalau ada ya habis juga tak makan :-)

      Delete
  38. kalau yang manis-manis saya kebetulan suka mas. Apalagi rasah mbayar hehehe :D
    kapan-kapan boleh coba nih beli sawo sukatali ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang manis2 pasti enak ya mbak...apalagi kalau gratis hehehe :-)
      boleh mbak...nanti calling2 aja ya kanalau mau kesini buat beli sawonya :)

      Delete
  39. yang namanya buah sawo saya nggak perduli itu darimana asalanya,yang penting rasanya manis sesuai dengan nama buahnya,bentuknya relatif,yang penting rasanya,tapi kalau saya lihat dari fotonya sawo yang satu ini bikin saya penasaran nih kang Jerry,sayang jauh nih keberadaanya,,,,,kalau dekat pasti langsung saya beli hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah akang bener2 penggemar sawo ni ya hehehe...
      iya kang setuju sekali, kalau sudah senang mah hajar aja ya dari mana-mana juga jangan pilih2 :)
      wah kalau dekat mah pasti ngeborong ni kayanya :-)

      Delete
  40. Wah jadi pengin nyoba nih mas ..
    saya seneng sawo, tapi buah ini di tempat saya jarang yang jual, jadi cukup sulit dapatnya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mmmm kalau disini malah selalu tesedia setiap saat mas nampaknya karena saya lihat lapak2 jualannya selalu ada dari dulu..
      mungkin daerahnya termasuk daerah yang panas ya mas ??

      Delete
  41. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  42. Wah artikel yang sangat menarik, terima kasih ya kang. Buat referensi saya nih. :)
    Kemarin saya dan teman-teman baru saja panen sawo sukatali ini. Kami berencana jualan buah Sawo Sukatali dengan cara online. Bukan baju saja yang bisa jualan online hehe.
    Kami ingin mengenalkan Sawo Sukatali ini. sawo ini memang berbeda dengan sawo yang lain, rasanya legit dan manis pisan kang saya juga deudeuieun hehe
    Doakan saja ya kang semoga bisnis kecil-kecilan ini bisa lancar sekaligus bisa mengenalkan sawo sukatali di masyarakat luas hehe :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaahhh keren teh kalau mau jualan sawo secara online...benar2 terobosan baru, soklah semoga sukses ya teh pasti tak dukung, kita sama2 mengenalkan sumedang lewat apapun yang kita bisa hehe...semoga sukses ya teh :)
      wah baru panen ya ?? sebelah mana teh ?? mau beli ah ke eteh...kali aja dapat diskon hehehe

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. hehe iya kang makasih, panennya di daerah situraja.
      alhamdulillah penjualan minggu pertama dapet respon yang baik. yang beli pada bilang sawo sukatali emang beda dari yang lain :)
      sok atuh kang order di saya :-)

      Delete
    4. iya sih teh pengen nih eung kesitu...
      tapi belakangan ini gak lewat situraja terus nih =))
      by phone aja bisa gak hehe

      Delete
  43. sumedang is the best, suasana kota nya enak, sawonya kelihatan nya enakkkk sekali ya pak

    ReplyDelete
  44. sawo-sawonya besar2 sob.. boleh tuh kpan2 ane nyobain.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. heee boleh pak...kapan2 mampir ke sumedang ya :)

      Delete
  45. buah sawo manis dimakan, tapi saya sampai lupa kapan terakhir memakannya. Kirim satu kesini bolehlah mas he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh mas...nanti saya kirim lewat email ya :))

      Delete
  46. jadi pengen nyobain mas,sepertinya manis rasanya :)

    ReplyDelete
  47. dulu di kebun rumahku ada pohon sawonya tpi nggak tau apa jenisnya,rasanya juga manis.tpi sekarang pohonnya udh nggak ada karena di tebang

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sayang mas kenapa ditebang padahal kan buahnya enak

      Delete
  48. nah ada lagi nih sawongya, bentuknya lho kok unik dan menarik sawo di sumedang sanah, kayak tahu gituh.......
    hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas disini sawonya juga bentuknya kotak loh :-)

      Delete
  49. sepertinya mantap sob buah sawo nya. Kebetulan ane jarang banget makan sawo sob soalnya di daerah ane jarang yang nanam pohon sawo. Kapan kapan boleh coba sob kalau ane maen ke sumedang

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh sob...kapan2 main ke sumedang ya :)

      Delete
  50. Ini buah kesukaan ane. karena buahnya manis, empuk dan mengandung banyak air

    ReplyDelete