Opak Oded, Opak Yang Jebred

Baca Juga

Opak Oded
Opak Oded
Bagi sobat diluar daerah Sunda mungkin asing dengan kata "opak", opak adalah nama sejenis makanan ringan/camilan. Sewaktu-waktu jika sobat berkesempatan berkunjung ke Sumedang, jangan lupa juga untuk menjajal kuliner-kuliner khasnya, ada yang khas Sunda secara umum maupun yang khas Sumedang asli asal Sumedang, seperti Ubi Cilembu yang dulu telah admin coba sedikit perkenalkan.

Opak adalah makanan ringan yang merakyat di seluruh daerah Sunda, berbentuk bulat gepeng serta memiliki tekstur yang sedikit kasar dan renyah, di setiap rumah di desa-desa makanan ringan ini biasanya selalu tersaji setiap waktu, apalagi jika ada acara hajatan ataupun perayaan-perayaan lainnya, makanan bernama Opak ini pasti ada dan seolah wajib untuk ada. Di Sumedang ada opak yang katanya lain daripada yang lain, opak ini bernama Opak Oded, kata "Oded" ini merupakan singkatan dari "Opak Dudang Enak Dimakan", dari singkatan ini tentunya kita bisa tahu bahwa pengrajin opak ini adalah Pak Dudang.

Tugu Opak
Tugu Opak di Pertigaan Conggeang, Buahdua, Ujung Jaya
Jika Ubi Cilembu berasal dari Desa Cilembu, maka Opak Oded ini berasal dari Desa Conggeang, Kecamatan Conggeang., sebuah tempat yang banyak memiliki mata air panas yang berasal dari Gunung Tampomas. Kecamatan Conggeang menjadi sentra pembuatan opak di Sumedang, oleh karena hal tersebut di pertigaan jalan  Conggeang - Buahdua - Ujungjaya dibuat sebuah tugu yang mencirikan daerah tersebut sebagai penghasil opak yaitu Tugu Opak, berbentuk sebuah tangan yang nampak sedang memegang satu buah opak.

Sebenarnya ada banyak jenis opak yang dihasilkan di Conggeang ini, ada Opak DPO, Opak Nia, dan lain-lain yang mungkin masing-masing mencirikan nama pembuat atau pengrajin opaknya. Dari sekian banyak nama dan jenis opak tersebut selama ini yang sudah dikenal luas dan banyak dicari oleh para pelancong yang singgah di Conggeang adalah Opak Oded ini, mungkin sudah semacam jadi brand opak dari Conggeang.

Secara bentuk Opak Oded ini sama saja dengan opak biasa, hanya saja ukurannya relatif lebih kecil dan warnanya lebih terang, selain itu pastinya rasanya mempunyai kelebihan yaitu lebih gurih dan lebih renyah. Selain Tahu Sumedang dan Ubi Cilembu, Opak Oded ini biasanya menjadi buruan para pelancong yang singgah di Sumedang  ketika sedang musim mudik Idul Fitri, mungkin kriuk-kriuknya cemilan tradisional ini cukup efektif untuk menghilangkan kegalauan dan bisa menemani para pelancong ditengah antrian kemacetan.

Note : di domain terdahulu (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini dapat dijumpai dalam judul artikel "Opak Oded, Opak Yang Jebred" dengan link sebagai berikut ; "www.wewengkonsumedang.com/2014/02/opak-oded-opak-yang-jebred.html"

62 comments:

  1. cocok buat oleh2 kang kalo dari sumedang

    ReplyDelete
    Replies
    1. hee iya kang...jangan lupa nyicip opak ini ya kang kalau ke Sumedang :)

      Delete
    2. Saya baru dengar Kang Jery tentang Opak Oded nya, Nama nya
      cukup unik dan menarik, jadi namabah pengetahuan ni Kang :)

      Delete
    3. admin blog ini juga unik kan kang :-)

      Delete
    4. cocok untuk oleh oleh mertua

      Delete
    5. maksudnya ?? opaknya apa adminnya yg cocok buat oleh2 mertua mas ? [-(

      Delete
    6. Asyik admin buat oleh-oleh juga bisa tuh.... :-)

      Delete
    7. dibungkus dibungkus dibungkus hehehe

      Delete
  2. wah cucok ni buat oleh2 kalau lagi ke cumedang...sipp lah..saya belum pernah nyoba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hee iya kang...coba atuh kang ya nanti kalau kapan2 ke cumedang ehehe :)

      Delete
    2. dicoba aja gratis nanti kalau tidak suka gak bayar ya ?

      Delete
    3. boleh tapi jangan kurang dari satu karung y :)

      Delete
  3. kalo terbuat dari beras ketan dan dibuat opak, di tempat saya belum ada Kang. Biasanya, olahan beras ketan ini dibuat jadah atau tetel yang diiris agak tebel bisa dinikmati dengan digoreng ataupun tanpa goreng. Beras ketan setelah dimasak trus ditumbuh sampe lengket. Di jepang apa sih istilahnya kalo nggak salah mochi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau jadah atau tetel saya malah belum tau pak...mmm dari ciri-ciri yang bapak sebutkan diatas sepertinya di daerah saya itu disebut dengan ulen, mungkin hehe, soalnya sepertinya cara mengolahnya sama seperti itu. Heee yang seperti moci itu kalau disini disebutnya janggel pak...ya bentuk sebelum dibuat ulen itu

      Delete
  4. kalo di tempat saya opak ya opak kang, gk ada oded nya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. heee iya kang, "oded" mah cuma merek dagang saja (m)

      Delete
  5. kalau ditempat saya di buatnya dari singkong...kalau dari yang lain kayaknya belum ada...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dari singkong digepengkan...itu disini namanya kecimpring mbak :))

      Delete
  6. sudah lama saya tidak mampir kemari sekali mampir di suguhi makanan opak oded khas indonesia banget :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. heee iya mas kemana azah jarang mampir kemari *sayanya juga jarang buat postingan seh* yuk mas mari disantap (m)

      Delete
  7. Hadeuh ini makanan kareusep kuring :D
    tapi sekarang saya jarang sekali makan opak.

    ReplyDelete
  8. Tahu Sumedang, Ubi Cilembu, dan Opak Oded memang khas dan spesial :-? . Oleh-oleh yang tidak boleh dilupakan ketika berkunjung ke Sumedang :o . Seperti merek Opak Oded ini apakah sudah dipatenkan oleh pemiliknya [-( . Bila kemudian Opak Oded ini terkenal dan paling diminati oleh konsumen tentu akan banyak 'Oded-Oded' yang lain (f) . Tetap jaga kualitas atau mutunya. Jangan sampai begitu laris manis kemudian kualitasnya menurun. 8-) Salam cemerlang! :>)

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju dan terimakasih masukkannya

      Delete
    2. saya juga setujuuu dengan pak herdoni...terima kasih pak atas tambahannya...
      sepertinya opak oded ini belum dipatenkan seperti ubi cilembu pak

      Delete
  9. Saya pikir yang buat opaknya mang oded tetangga saya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetangga saya juga sepertinya ada mas yang namanya oded :-#

      Delete
  10. wah kreatif yah opak ada tugunya juga ternyata baru tahu saya, tapi saya juga waktu kecil suka makan opak, jadi inget waktu tinggal di daerah sunda dulu hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. heee di Sunda makanan ini rata2 selalu ada setiap waktu ya mas kalau di desa2...wah mas eka nostalgia nih (m)

      Delete
  11. saya malah baru tahu kalau mas wewengkon sumedang itu nama aslinya Jery Yanuarlan hehehe :D

    wah sepertinya gurih mas opak oded nya. Pasti renyah banget ya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. heee iya mbak, dari dulu sembunyi terus...mulai sekarang mau menampakkan diri ah :-)

      pastinya mbak, boleh dicoba :)

      Delete
  12. Congeang emang ngetop dengan opaknya, selain itu gadis gadis asli congeang ngetop dengan kecantikan dan puthnya warna kulitnya dengan hidung yang balalangir, beberapa kali saya hampir kepincut mojang congeang...kalau opak odednya mah udah sejak awal saya teh udah hobi banget ngemil opak oded ini...suwer deh.

    #terimakasih link Ubi Cilembu nya kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. uh gadis2 wae eung ci akang mah :-)
      kriuk2nya bikin ketagihan ya kang ?? apalagi klau dipadupadankan dngan ubi cilembu :)

      cami2 kang

      Delete
  13. Saya kayaknya belum pernah makan opak oded, kalau dikirimi gak nolak saya .. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kirim aja Kang, tapi ongkos kirim dan harga opak ditanggung Mas Is

      Delete
    2. mmmm tak pikir2 dulu ya ?? aytau mau saya kirim opak elektrik ?? :))

      Delete
    3. gak papa kalau ongkos kirim dan harga opak saya tanggung, tapi untuk bayarnya saya kasbon sama mbak Khusna ... :-)

      Delete
    4. wah mbak khusna bakal jebol ni dompetnya kayaknya :-)

      Delete
  14. Selamat Pagi Kang WS, Baru denger nih opak oded nih Kang
    saya boleh nyoba nyicipinya. oh ya ternyata Nama Kang WS
    Aslina Kang Jery, nya Kang Sae pisan kasep deui hh salam sukses Kang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat malam kang...
      heee iya kang, dari dulu sembunyi terus euy mau mulai muncul ah, siapa tau ntar terkenal :-)
      hatur nuhun kang

      Delete
  15. opak hampir dipakai di seluruh daerah Kang, di Jawa Timur juga ada sebutan opak untuk kerupuk yang digoreng pakai pasir, di sini (Riau) juga ada opak untuk sejenis kerupuk yang terbuat dari ikan---entah ikan apa. tapi opak oded saya belum pernah coba...hayo, kirim satu kardus buat saya...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sssiiiap nanti tak kirim opak yang elektrik ya hehe

      mmm gtu ya mbak...wah saya yang ktinggalan ni ya, saya baru tau kalau nama opak itu hampir ada disemua daerah, trima kasih mbak informasinya. Mmm kalau disini kerupuk yang dibuatnya pakai pasir namanya kerupuk malarat mbak :))

      Delete
    2. dinilai malarat karena gak bisa beli minyak ya kang WS ... :-)

      Delete
    3. iya mas...dibilang krupuk mlarat karena memaaknya gak pakai minyak :-)
      tapi bukan berarti yg mmbuatnya melarat loh ya :-)

      Delete
  16. Saat Ubi Cilembu sudah terlalu mainstream dengan Sumedang, lahirlah Opak Oded Jebred...

    ReplyDelete
  17. Nyam... nyam.... asik kali ya ngemil opak oded sambil nonton film, hehe.....

    Saya tahunya oleh-oleh Sumedang itu ya Tahu Sumedang. Katrok memang, hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya malah gak tau oleh2 khas dari daerah mas apa...lebih katrok lagi ni mas heheh

      Delete
  18. Oleh2 dari Sumedang toh? #catet!

    Tika pernah makan opak, beli di supermarket gitu... Pedas pedas gurih, mau dong kang di kirimin.. Hehehe, ujung2 nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh mbak, kirimnya mau lewat email atau opak elektrik aja mbak ?? hehehe :))

      Delete
  19. opak di tempat saya malah terbuat sari singkong, pada dasarnya opak iini makanan camilan ringan, tidak mengenyangkan.
    nah kalau sudah berkunjung ke sumedang, enaknya ke rumah mas ws dulu mintak di belikan opak oded..ide bagus kan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, mungkin beda2 ya opak ini di setiap daerah :) dipakai buat teman makan mie juga enak ya mas...
      ide bagus mas...nanti sekalian kolong2 kang cilembu juga buat nyiapin ubi cilembunya

      Delete
  20. Ini opak baru ya mas. Kok saya baru dengar nama opak oded plus jebred hehehe..

    Wah ini beredar sampai sumatra apa nggak ya mas. Mbok saya dikirim to mas. Biar saya juga bisa merasakan.. Hehehehd

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ke sumatra spertnya belum sampai mas hehehe...
      siap mas nanti tak kirim lewat email ya :))

      Delete
  21. Ini opak baru ya mas. Kok saya baru dengar nama opak oded plus jebred hehehe..

    Wah ini beredar sampai sumatra apa nggak ya mas. Mbok saya dikirim to mas. Biar saya juga bisa merasakan.. Hehehehd

    ReplyDelete
  22. Opak oded..wah teringin merasanya...
    Gurih dn renyah tu apa ya..garing dn rangup ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mama, garing dan rangup...kapan2 boleh mampir kesini dan mencobanya :)
      disini pun banyak mahasiswa dari malaysia yang sepertinya sudah mencobanya

      Delete
  23. Ini dari ketan ya mas, setau saya opak itu bahannya pakai singkong.

    ReplyDelete