Mangga Gedong Gincu, Ratunya Buah Mangga

Baca Juga

Mangga Gedong Gincu
Mangga Gedong Gincu
Jika sobat melakukan  perjalanan Bandung - Cirebon via Sumedang pada waktu musim mangga seperti sekarang ini, di ujung Kabupaten Sumedang, yaitu Kecamatan Tomo yang berbatasan dengan Kabupaten Majalengka, sobat akan menemui banyak pedagang mangga gedong gincu yang menjajakan dagangannya di pinggir jalan dan bisa membawanya sebagai oleh-oleh atau buah tangan dari Sumedang.

Siapa tak kenal mangga gedong gincu, buah yang menjadi favorit kebanyakan orang sampai ada yang menyebutnya sebagai rajanya buah mangga (tapi raja kok bergincu ya? mungkin yang lebih tepat kiasannya adalah ratunya buah mangga). Buah mangga yang berukuran sedang kurang lebih seukuran dengan buah pear ini mempunyai bagian warna yang menggoda merah merona, maka dari itu diberi nama gedong"gincu", buahnya mempunyai tekstur yang lembut, manis dan harum.

Seperti halnya Ubi Cilembu, Mangga Gedong Gincu merupakan kuliner khas Sumedang yang bisa banyak dijumpai juga di berbagai daerah, hanya bedanya Mangga Gedong Gincu ini tidak hanya dipatenkan oleh Sumedang, tapi mendapat Sertifikat Indikasi Geografis untuk tiga daerah yaitu Sumedang, Majalengka, dan Cirebon.

Mangga Gedong Gincu
Mangga Gedong Gincu
Berikut adalah beberapa tips dalam memilih mangga gedong gincu yang berkualitas baik :
  • Dari segi bentuk, dari segi bentuk biasanya mangga gedong gincu yang berkualitas baik tidak terlalu besar maupun terlalu kecil, biasanya besarnya agak lebih besar sedikit dari buah apel.
  • Dari segi tekstur, dari segi tekstur buah biasanya mangga gedong gincu yang berkualitas baik akan terasa kenyal jika ditekan. Jika ketika ditekan empuk dan lembek dapat dipastikan bahwa mangga telah lama disimpan dan tentunya kualitas buahnya pun sudah menurun.
  • Dari segi warna, mangga gedong gincu mempunyai ciri khas tersendiri yaitu perpaduan warna merah dan kuning. Untuk memilih mangga gedong gincu yang berkualitas baik, pastikan bahwa warna merahnya lebih dominan atau sama banyak dengan warna kuningnya, warna merahnya lebih cerah dan tampak menarik, karena itulah ciri khas mangga "gincu" ini ketimbang mangga gedong biasa
Note : di domain terdahulu (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini dapat dijumpai dalam judul artikel "Mangga Gedong Gincu, Ratunya Buah Mangga" dengan link sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2014/01/mangga-gedong-gincu-ratunya-buah-mangga.html"

    135 comments:

    1. Replies
      1. sayamah cukup solarna waelah,,,

        Delete
      2. x-) Saya masih kebagian gak Kang WS..? Kalau gak kebagian
        Gak apa deh asal di kasih Buah Mangga Gedong gincu kaya nya manis tuh..? :)

        Delete
      3. ikut ikutan pertamax juga :D

        Delete
      4. yang lainnya saya kasih solar aja ya :))

        Kang Heri : Rajanya ya gedong gincu juga kang, tadinya sih mau bikin judul "Mangga Gedong Gincu, Rajanya Buah Mangga", tapi masa raja bergincu hehe :-)

        Delete
      5. wejwh manis banget pasti nih mangga ;-(

        Delete
      6. jawa barat pusatnya mangga :) baru tahu saya kalo ada yg namanya gedong gincu, hehehe karena merah seperti gincu :D

        Delete
      7. tapi kalau saya sepertinya gak manis ya kalau bergincu hehe

        Delete
      8. malah lucu nanti mas WS kalau bergincu hehe...

        Delete
      9. Lebih tepat judul nya Buah Mangga gedong gincu Kang WS Jangan pakai Gincu hhhh

        Delete
      10. saya nunut pertamax ya, agan dan sista sekalian

        #sruput kopi

        Delete
      11. mulai moles gincu...sambil sruput kopi

        Delete
    2. Kalau di kampung sayamah ( Garut ) disebutnya Buang gedong ( tidak bergincu ) hehe,,bagi atuh kang buahna hihihi

      ReplyDelete
      Replies
      1. hee beda2 ya kang namanya, sini atuh kang ke sumedang, sama pelok2nya bakal dpasihan haratishehe :-)

        Delete
    3. Uuh, baru liat jenis mangga kayak gini.. Mau dong, kirimin yah Kang hehehe :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. ssiiaap mbak, mau dikirim mangga gedong gincu elektrik apa mau dikirim lewat email aja mbak ?? :-)

        Delete
    4. Wah, saya belum pernah makan nih mangga gedong gincu .. katrok kali ya saya ....?

      ReplyDelete
      Replies
      1. weleh biar ga katrok makan aja mas mangganya, atau cukup pandangi postingan WS ini seharian :))

        Delete
      2. kayaknya di Jogja jarang banget yang jual mangga jenis ini. Lihat fotonya malah bikin ngiler kang WS ...

        Delete
      3. hee mudah2an dapat manggabya ya mas...dan kalau nanti dapat dan sudah nyicip, jangan lupa dengan postingan ini ya hehe

        Delete
    5. Saya telah merasakan cita rasa Ubi Cilembu yang memang kesohor itu :o namun belum berkesempatan mencicipi buah Mangga Gedong Gincu ini [-( . Produk lokal yang mempunyai spesifikasi khas dan tiada duanya (k) . Semoga produk unggul seperti ini dapat bersaing di pasar global ;(( . Tentu pengembangan dan penelitian harus terus dilakukan untuk mempertahankan produktifitas, kualitas, dan keinginan pasar. :) Terima kasih sharingnya. Sukses selalu untuk petani buah Mangga Gedong Gincu di Sumedang. Salam cemerlang! cheer

      ReplyDelete
      Replies
      1. Sangat lengkap yah penuturanya tentang Mangga gedong oleh
        Mas Herdoni. kaya nya paham betul Mas Her ini salam Cemerlang Mas :)

        Delete
      2. itulah hebatnya pak herdoni kang karrys, beliau selalu menambahkan materinya dengan sempurna...terima kasih pak atas tambahannya :)

        Delete
    6. namanya unik ya kang,ada gincu dibelakangnya.... :)

      ReplyDelete
    7. pernah beberapa kali mencicipi mangga ini. memang dari segi rasanya tiada dua nya ya mas. Lebih manis dari jenis mangga lainnya :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya mbak, tapi walaupun begitu manisnya gak mlenger ya...ada cita rasa tersendiri

        Delete
    8. Sekilas bentuknya sama seperti buah mangga apel kalau di daerah saya

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya mas seperti mangga apel hanya saja mangga gedong gincu ini lebih kecil bentuknya

        Delete
    9. Selamat sore Kang WS Kebetulan pulang kerja saya letih dan loyo
      pengen yang seger-seger nih Kang nyimak Buah Mangga gedong
      Gincu yang Ratu berrti cewek yah Kang? boleh minta Kang WS? hhh :-)

      ReplyDelete
      Replies
      1. silahkan kang...wihhh pastinya pulang kerja makan mangga ini bakal mantep kang, hilang lelah akibat kerja seharian hehehe...
        sini dong kang ke sumedang :-)

        Delete
    10. mangganya sangat menggiurkan untuk dimakan gan
      jadi ngiler ngelihatnya
      :-)

      ReplyDelete
    11. Ternyata sumrdang banyak sekali memiliki keistimewaan ya mas....tahunya yang enak belum ubi cilembunya...waduh kaya---kaya...

      ReplyDelete
      Replies
      1. heu mudah2an saja iya mbak, blog ini mencoba untuk mengeksplorasi dan mendokumentasikannya agar diketahui banyak orang

        Delete
    12. wah belum ada mangga jenis ini di tempat saya, kelihatannya mantap banget rasanya. makasih mas

      ReplyDelete
      Replies
      1. rasanya memang mantap mas...terima kasih kembali

        Delete
    13. kalo ane milih mangga gadung sama mangga golek aja jang

      ReplyDelete
    14. mangga gedong teu aya duana kang :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. puguh loga...tuh gambarna ge' sa'karanjang.

        Delete
      2. wah salah persepsi ini mah jiganyah :-)

        Delete
      3. wkwkwk.. wah sesah euy mun tos kieumah 8-)

        Delete
    15. Blog wewengkon sumedang sudah saya follow ..mohon follback ya gan ..terimakasih sebelumnya

      ReplyDelete
      Replies
      1. blog artikel hancur juga sudah saya follow, terima kasih sob

        Delete
    16. Mangga gedong gincu mempunyai ciri khas yang paling beda dari yang lainya berupa warna dan bau. warna yang apabila sudah matang keliahatn merah merona dan bau yang lumayan menyengat harumnya karena di daerah Indramayu juga banyak apalagi Indramayu merupakan terkenal sebagai Kota Mangga hehe..
      Salam sukses

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya kang terima kasih atas tambahannya...iya atuh di Indramayu yang trekenal sebagai kota mangga mah pasti banyak ya mangga gedong gincu ini :)
        salam sukses juga kang

        Delete
    17. mirip-mirip mangga apel ya wujud fisiknya :-)

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya pak cuma bentuknya agak lebih kecil sedikit :)

        Delete
    18. ini emang ratunya mangga, di kampung saya namanya mangga gadung :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. oh, sama dg gadung? saya juga suka, meski lebih suka manalagi

        Delete
    19. sesuai dengan namanya, gincu.
      menggoda sekali bentuk dan warnanya

      ReplyDelete
      Replies
      1. bagian mananya kang yang bikin akang tergoda...?

        Delete
      2. pasti sma yang mereh2 merona seperti pipi gadis itu

        Delete
    20. ah,saya baru tau bentuknya setelah sering kali mendengar namanya. tapi tetep..belum pernah merasakannya.. disini ga ada sih :(

      ReplyDelete
      Replies
      1. wah masa mbak gak ada ?? main atuh mbak kesini, disini banyak sekali :)

        Delete
    21. dari namanyanya azh udah menggoda...gedong bergincu, kalau gadis mah kira-kira...anak juragan ubi yang rumahnya gedong, tiap hari bergincu....kalau udah gituh pasti jadi plirikan para pemuda seluruh kampung....;o)

      yang jadi aneh...kenapa buah mangga yang tumbuh di Sumedang ko' rasanya asrep ya...beda dengan mangga yang tumbuh di Indramayu gituh misalnya....kenapa coba?

      ReplyDelete
      Replies
      1. wah kalau itu mah WS kurang tau juga kang, belum mendalami bidang permanggaan hehe...

        tapi awas jangan tertipu dengan yang begincu ya, jangan asal kecup aja, karena pria kekar pun sekarang banyak yang bergincu :-)

        Delete
      2. mbayangin pria kekar bergincu (o)

        Delete
      3. awas jangan sampai terlena cak budi :))

        Delete
    22. Mangga gedong cincu bila dilihat sangatlah menyegarkan ya mas sepertinya,jadi pengen

      ReplyDelete
    23. Sayang tu mangga gak nyampai di daerah saya kang, jika melihat dari bentuk dan tekstur warnanya sepertinya sangat amat manis ni mangga

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya mas gondes, mangganya manis tapi gak mlenger...ada cita rasa tersendiri

        Delete
      2. mungkin mas WS berbaik hati mengirimkan mangga ke rumah kita ya, mas arie

        Delete
      3. ssiaap, nanti dkirim lewat email yaa

        Delete
    24. jadi penasaran kayak apa rasanya. Selama ini buah mangga yang enak di lidah saya ya mangga kueni.

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya mas saya juga suka sama mangga kweni...haruuummm

        Delete
    25. mangga gedong berjuta - juta rasana kang... deuh muruy euy

      ReplyDelete
      Replies
      1. kade ah ilernya ngeclak diblog ini mang hehe

        Delete
    26. Di jakarta sendiri segala macem mangga udah jarang di temuin mas..apalagi gedong gincu..terakhir masih bulan lalu sy membeli di bandrol harga 50 ribuan lebih perkilonya..
      Karena udah masuk deket imlek..jeruk mandarin mendominasi

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya mas sekarang sepertinya musim mangga sudah mau berakhir juga ya jadi sudah mulai jarang...wah, mahal sekali ya mas ??

        Delete
    27. Kalau lihat mangga, air liur pasti menetes, ha ha ha ha....

      ReplyDelete
      Replies
      1. walah blog saya pasti penuh dengan air liur ni kang :-)

        Delete
    28. Mannga gedong gincu rasanya manis, dan enak. Bisnya saya kalau beli ini dua...... maksudnya dua buah kang. he,,he,,he,,,

      Salam,

      ReplyDelete
      Replies
      1. wah naggung pak kalau belinya cuma dua, kagok hehe...

        Delete
    29. Saya pernah merasakannya tapi sampai saat ini belum merasakannya kembali :D

      ReplyDelete
    30. kalau di adu dengan mangga Guimaras manisan mana mas :o

      ReplyDelete
    31. saya menyukai mangga, dulu waktu dikampung setiap musim mangga pasti selalu menikmati mangga yang langsung dipetik dari pohonnya. tapi kalau mangga yang dideskripsikan diatas saya benar2 belum pernah merasakannya

      ReplyDelete
      Replies
      1. mudah2an nanti suatu saat bisa mencicipi ya mas...dan kalau sudah mencicipi mudah2an ingat blog ini :))

        Delete
    32. boleh saya ambil 1 mas mangganya. hehe

      ReplyDelete
      Replies
      1. boleh mas silahkan, mumpung masih gratis :)

        Delete
    33. Sepertinya mantap tuh buah ampe merah2 gan,,, Mana lagi ya :D

      ReplyDelete
    34. mangg gedong itu bukannya rasanya lebih tajam yah mas ?? kalo ngga salah pernah nyobain dulu

      ReplyDelete
      Replies
      1. kalau yang ini gak tajam ko mas, beda jenis kali mas

        Delete
    35. Replies
      1. kadieu atuh kang, urang purak bareng2 :)

        Delete
    36. Replies
      1. bahaya ya ngeliat mangga ini kalo pas lagi puasa :)

        Delete
    37. aaaah saya sukaa mangga, mau dong mangga gedongnyaa :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. boleh niii ambil saja mbak di icip2 hehe

        Delete
    38. wahh kalo keliatannya rasanya masam :-s tapi sebenernya mantep banget lohh :d

      ReplyDelete
    39. kesan seksi sudah ada sejak menyebut namanya. cocok untuk mendampingi maskulinnya ubi cilembu yang suka madu.

      ReplyDelete
    40. mangga gedong gincu merupakan salah satu buah favorit saya mas WS, soalnya rasanya maknyus sekali :)

      ReplyDelete
    41. Hadir kembali saya Kang WS Di artikel yang segar dan manis
      Tentang Buah Mangga gedong gincu yang tiadak duanya :)

      ReplyDelete
    42. Huwaaaa masa yg elektrik Kang :'(

      kirimin yg asli dong hehehe :)

      ReplyDelete
    43. Kok artikelnya masih mangga aja .. mana artikel terbarunya mas..ditunggu lo ..kunbal ya

      ReplyDelete
    44. aduhhhhhh jadi kabita yeuh ninggali eta mangga meni seger rupa namah,,,ngan hanjakala nuju teu usum ayeuna mah heee,,,

      ReplyDelete
      Replies
      1. naha kang ?? da disini mah usum keneh heheh

        Delete
    45. Pengen banget rasanya untuk mencoba mangga ini gan..

      ReplyDelete
      Replies
      1. boleh mas dicoba dicoba di[ilih dipilih hehe

        Delete
    46. hmmmm .. kayaknya enak tuh gan buah mangga gedong gincunya hehe :D
      Dari gambarnya aja udah kerasa enak apalagi kalo memakan Buah aslinya beuhhhhh pasti Klepek klepek dahhh haha

      ReplyDelete
      Replies
      1. pasti gak inget apa-apa lagi ya kang :-)

        Delete
    47. mangga jenis ini memang enak dan rasanya manis ya mas. Mangga aromanis aja masih kalah jauh dengan mangga ini. Tapi itu tadi harga nya relatif mahal mas. Jadi penasaran saya soalnya belum pernah makan mangga gendong gencu ini hehe :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. lah belum pernah makan tapi kok tau mbak hehehe

        Delete
    48. maap katrok
      aku malah baru denger tuh nama mangganya
      waktu di tempat mang lembu, beliau cuma cerita tentang mangga yang buahnya cuma dua doang ga bisa lebih. emang beneran ada ya..?

      ReplyDelete
      Replies
      1. sepertinya memang ada sih kang buahnya :-)
        beuh kang lembu gimana seh kok ga cerita tentang buah mangga gedong gincu ini

        Delete
    49. buah kesukaanku ini sob,di kebun nanam juga hehe..

      ReplyDelete
      Replies
      1. wah nanam juga ya mas ?? buahnya merah2 menggoda ya :))

        Delete
    50. mantap tulisannya. saya suka karya tulis ini.. saya juga suka menulis, coba lihat disini.. bagaimana tulisan saya menurut anda.?

      zie's for you - JalanJalan | Berkunjung | Silaturahmi

      ReplyDelete
    51. seger Kang Mangganya, bagi dong :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. boleh, ni mas mangganya *nyodorin mangga...heheh

        Delete
    52. Ini seh buah kesukaan ane sm Ibu ane.
      boleh duunk dikirim.
      He..he..he...

      ReplyDelete
    53. ada yg punya info tentang perkebunan buah mangga gedong gincu ini ? pls klo ada yg punya info bs tlg share yah, perlu untuk tugas kuliah... andri - 08119898145

      ReplyDelete
    54. Buat @ndre call aja ke saya kalo mau lihat kebun gedong gincu mah

      ReplyDelete