Curug Gorobog, Curug Bertingkat Tiga

Baca Juga

Curug Gorobog
Curug Gorobog
Curug Gorobog, adalah salah satu curug (air terjun) yang ada di Sumedang, tepatnya di Desa Citengah Kecamatan Sumedang Selatan. Curug ini berada tepat sebelum perkebunan teh Margawindu.

Untuk sampai ke Curug Gorobog tidak sesulit ketika admin mengunjungi Curug Ciputrawangi, karena untuk sampai ke Curug Gorobog kita bisa memakai kendaraan bermotor baik itu sepeda motor maupun mobil untuk sampai ke gerbang menuju ke Curug Gorobog ini, selanjutnya, kita tinggal berjalan beberapa meter saja untuk menuju lokasi tempat Curug Gorobog ini berada. Hanya saja, sobat harus berhati hati jika datang kesini menggunakan sepeda motor karena selain jalannya menanjak dan berkelok medan jalan pun masih banyak yang rusak, namun itu pula yang menjadikan pemandangan menuju lokasi tak kalah indahnya.

Curug Gorobog
Curug Gorobog
Menurut admin Curug Gorobog mempunyai keistimewaan tersendiri dibanding curug lainnya seperti Curug Ciputrawangi maupun Curug Cijalu dan Curug Putri. Keistimewaan tersebut menurut admin adalah karena Curug Gorobog ini terdiri dari tiga tingkat curug seperti bisa dilihat pada gambar diatas, sayangnya karena admin hanya menggunakan kamera sederhana, curug di tingkat pertama kurang terlihat jelas karena berada cukup jauh dari tempat admin mengambil foto atau gambar. Selain itu curug yang berada di tingkat kedua pun terdiri dari dua curug, yang pertama berukuran lebar berada di tengah-tengah dan terlihat jelas pada gambar diatas, dan yang kedua berada di sebelah kirinya dengan ukuran lebih kecil dan curahan airnya menyamping.

Curug Gorobog
Curug Gorobog
Curug ini sepertinya sudah dikelola dengan baik oleh pengelolanya, karena berbeda dengan di tempat wisata lainnya yang selalu identik dengan adanya sampah yang dibuang sembarangan maupun coretan tangan-tangan jahil pada batu, kayu dan lainnya, di tempat ini admin tidak menjumpai hal-hal seperti itu, pemandangan di sekitar curug ini sangat bersih, rapi, dan terawat.

Curug Gorobog
Pengunjung Curug Gorobog
Kebersihannya mungkin menjadi daya tarik tersendiri bagi tempat wisata ini, jaraknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Sumedang pun sepertinya menjadikan curug ini semakin familiar saja bagi mereka yang singgah ke Sumedang. Ketika admin berkunjung kesini pun ternyata wisatawan yang datang sudah ramai padahal admin datang kesini diwaktu pagi, diantara mereka ada yang menggunakan angkutan umum maupun kendaraan pribadi. Sebenarnya tidak ada angkutan umum yang sampai ke tempat ini, rata-rata angkutan umum yang sampai kesini adalah carteran dari pengunjung yang datang secara berkelompok, mulai dari siswa sekolah sampai keluarga. Bagaimana? tertarik untuk berkunjung ke tempat ini juga sob ? Sok lah diantos.

Curug Gorobog
Pengunjung dan Suasana Sekitar Curug Gorobog
Video Curug Gorobog

Note : di domain terdahulu (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini dapat dijumpai dalam judul artikel "Curug Gorobog, Curug Bertingkat Tiga" dengan link sebagai berikut ; "www.wewengkonsumedang.com/2014/01/curug-gorobog-curug-bertingkat-tiga.html"

126 comments:

  1. Ambill Pertamax Dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indah banget ya gann,,, belum pernah ke sana nihh,, kesumedang aja blum prnh ap lg ke air terjun itu

      Delete
    2. nanti kapan2 mudah2an bisa ke sumedang dan berkunjung ke curug ini ya sob...kan udah dapat pertamaxnya buat bahan bakar hehe

      Delete
    3. ooooh terima kasih ya mas, nambah kosakata baru, Curuq itu adalah air terjun. .
      kerennnn. .:)

      Delete
    4. terima kasih mas pudan :)
      hee iya mas curug itu artinya air terjun

      Delete
    5. air sapintrong juga mungkin ya mang hehehe

      Delete
  2. benar2 alami pemandangannya ya mas, sepertinya dingin dan segar air terjun curug gorobog yg terdiri dari 3 tempat itu :)
    makasih sharinnya yg menarik :>)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terdiri dari tiga tingkat mungkin mbak hehehe :))
      iya mbak...sejuk dan segar sekali, sayangnya gak ada bidadari yang mandi disini dan ninggalin selendangnya :d

      Delete
  3. Curug itu artinya air terjun ya.
    Tentu ini pengalaman yang mengasikkan ya. Bisa berkunjung lagsung dan mengabadikannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak curug itu air terjun...
      iya mbak, ngebolang dan menjelajahi tempat-tempat seperti ini memang mengasyikkan :)

      Delete
  4. met siang sob. wah bagus banget sob air terjunnya

    ReplyDelete
  5. saya pergi ke air terjun terdekat belum keturutan mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kenapa mas ?? sayang sekali lho kalau sampai melewatkannya begitu saja

      Delete
  6. sejuk banget kang pemandangannya ...... :-#

    oya bicara soal medan jaln yg rusak menuju crug diats, jadi keingetan dulu wmktu diaulawesi mw kekotanya ja hrus melawan juramnya jurang dan dn tingginnga bukit .. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya baru tau sob kalau sulawesi juga berbukit-bukit...mudah2an nanti kapan2 saya bisa pelesiran kesana hehe

      Delete
  7. memang indah kang curugnya, kapan kapan ajak saya dong kang hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hatur nuhun kang....hee iya kang siaplah, tak koling2 dulu nanti mah geura

      Delete
  8. dapat info lagi tentang tempat wisata yang ada didaerah sumedang
    thanks infonya gan

    ReplyDelete
  9. Masih alami kayaknya ya kang WS, jangan sampe deh ada tangan jahil ngotori tempat itu hanya untuk sekedar eksis .. hehehe
    Lihat foto yang terakhir, saya jadi keinget Kalikuning di Jogja. Dulu tempat itu jadi favorit saya bersama keluarga, tapi di Kalikuning tidak ada curug-nya tapi air yang keluar dari tanah kemudian menjadi sungai kecil. Erupsi merapi menjadikan tempat itu berantakan, tumbuh-tumbuhan menjadi gosong dilewati "wedus gembel" ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas tempat wisata Curug Gorobog ini relatif lebih bersih dibanding dengan tempat wisata kebanyakan...

      wah sayang ya mas keindahan alam dan tempat rekreasi yang ada bisa terusak oleh kekuatan alam, itulah kekuatan alam ya mas tidak ada yang bisa menduga-duga dan melawannya....namun sedikit banyaknya mungkin pasti ada tangan2 manusia juga yang ikut andil di dalamnya dan membuat alam "murka" ya mas

      Delete
  10. Idah buanget Grojogannya ya sampai bertingkat tingkat gituh. Serasa damai jika berkunjung ke tempat seperti itu. Dingin air mendinginkan suasana menyejukan jiwa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas setuju sekali, makanya saya senang dengan air terjun :)

      Delete
  11. wah menarik sekali ya mas curug nya bisa sampai bertingkat tiga kayak getu. Suatu fenomena alam yang sangat menarik perhatian. Utama nya para wisatawan untk berkunjung ke obyek wisata tersebut :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. itulah mbak...kaya bus aja ya bertingkat hehehe...itu menjadi ciri khas tersendiri pastinya

      Delete
  12. Saya merasa sangat lega membaca artikel tentang curug Gorobog. Kenapa? Ternyata masih ada tempat wisata yang keadaannya benar-benar terjaga kebersihannya walaupun banyak pengunjungnya. Biasanya tempat wisata yang ramai dikunjungi identik dengan coretan tulisan-tulisan nggak jelas dan sampah...nyesek dan sedih banget kalau mendengar yang begituan.

    Oh iya, mana modelnya Kang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. heee curug yg ini mah gak ada modelnya ya mbak :))
      modelnya lagi jadi tahanan mertua katanya...

      setuju sekali mbak, mudah2an suatu saat tempat wisata di daerah2 kita bisa bersih dan terawat seperti di luar negri ya mbak, biar daya saingnya meningkat juga

      Delete
  13. Mandi disitu kayaknya anyes ya mas...waktu malam seperti nyi blorong mandi..alami banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah serem dong mbak kalau tengah malam mandi disini :)

      Delete
  14. bersih dan dekat dengan pusat kota, wah pastinya rame yah dengan pengunjung kang, apalagi akhir pekan....curugnya juga kayanya ngga serem....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang curugnya gak begitu serem karena tidak terlalu masuk ke hutan dan juga sudah dirawat...akhir pekan biasanya sepertinya anak2 sekolah yang suka kesini kang

      Delete
  15. Subhanallah pemandangan yang cukup indah dan fantastis banget nie kang...

    ReplyDelete
  16. seger,,,, asri damai,,,,,,

    pa lagi kalo smbil berkemah :>)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sambil memandangi bintang ditengah malam sepertinya mantap ya mbak :))

      Delete
  17. dimana tea seh tempatnya curug Gorobog teh atuh kang...sayah mah beneran kuper pisan euy...ajak-ajak atuh kalau mau ngelayap teh atuh....meni sendirian wae atuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hee iya kang maap ga koling2 dulu eung...soalnya kemarin kesini pas jam kerja cuma memang lagi masa liburan sekolah. Iyah kang nanti mah pasti dikoling2...jangan baeud atuh ah heheh....

      Ini curugnya di desa citengah kecamatan sumedang selatan kang

      Delete
  18. Judulnya menarik, bikin penasaran karena bertingkat tiga :D

    Daerah sumedang banyak curug ya mas, saya pengen maen tapi kejauhan soalnya saya di indramayu. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hee iya kang ada lumayan beberapa curug disini tapi belum terjelajahi semua ni kang =))
      karena banyak juga curug2 yang angker katanya kang...
      kemarin WS share curug di Sumedang yang dekat dengan Indramayu kang, Curug Ciputrawangi

      Delete
  19. wow...tempatnya sungguh luarbiasa...asri nan hijau......saya suka sekali melihat foto air terjunnya....keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hee terima kasih mas...salam juga dari Sumedang :)

      Delete
  20. Pemandangan air terjunnya luar biasa ya, mas :)

    ReplyDelete
  21. cantik air terjun itu.. ssesuai membawa family ke sana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, cocok sekali kalau membawa keluarga kesini

      Delete
  22. waah, bisa diagendakan kesana nih.. mksh kang sudah share, saya baru tau ada curug ini di sumedang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sami-sami kang...

      Tapi untuk mencapai curug ini tidak memerlukan persiapan yang khusus seperti ke curug sabuk karena tempatnya relatif cepat dan mudah dijangkau kang, naik sepeda motor pun pasti sampai

      Delete
  23. indah sekali mas curugnya apalagi kalau masih alami gitu pasti adem nyess hawanya.
    cocok untuk para abegeh bersemayam, hehehe.
    semoga kerja dan kuliahnya pararel deh mas, akur. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin mas, kalau akur kan gak akan gontok2an ya hehehe...
      iya mas, hehehe malah saya jadi kepengen ikut bersemayam disini sama para abegeh heheh

      Delete
    2. yang penting abegehnya di sadarkan jangan suka sibuk di semak semak.hahaha

      Delete
    3. iya mas pasti nanti WS sadarkan...biar tukeran sajah biar WS yang sibuk di semak2 :-)

      Delete
  24. Wah curung itu air terjun to. Ini bahasa sumedah ya mas.?

    Banyak bgt mas air terjunya.. Kalau di tempat saya cuma ada satu dan letaknya masih di dalam hutan, sangat jauh dari tempat saya. Jadi saya belum pernah yang namanya liburan ke air terjun hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. curug itu lebih tepatnya bahasa sunda mas bukan bahasa sumedang hehe...
      iya mas sama, curug2 disini juga kebanyakan adanya di dalam hutan...cuma kebetulan curug yang ini sepertinya sudah dikelola dengan baik jadi hutan yang menghalangi jalan kesini sudah dirapikan dan dijadikan jalan :)

      Delete
  25. Wah curung itu air terjun to. Ini bahasa sumedah ya mas.?

    Banyak bgt mas air terjunya.. Kalau di tempat saya cuma ada satu dan letaknya masih di dalam hutan, sangat jauh dari tempat saya. Jadi saya belum pernah yang namanya liburan ke air terjun hehehe

    ReplyDelete
  26. Saya baru tahu kalau curug itu air terjun setelah berkunjung kesini, jadi bertambah lagi wawasan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hee terima kasih mas...jangan bosan2 main kesini ya mas hehehe

      Delete
  27. Waw, keren sekali curug gorobog ini.. Mau dong diajak ke sana :)

    ReplyDelete
  28. mantap gan :D
    Andrekocak Blog-Gila Lirik Lagu

    ReplyDelete
  29. air terjunnya indah-indah.. menakjubkan Kawan.. :)

    ReplyDelete
  30. selamat Malam Mas... wah sepertinya Air Terjun yang ada di daerah saya kalah nich dengan Air Terjun yang ada di Sumedang... Air Terjun dan pemandangannya sangat Indah Mas, Subhanallah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat pagi mas hayardin :)
      hee pastinya sama kok mas...pemandangan alam di Indonesia kan merata keindahannya :)

      Delete
  31. endah pisan kang pemandanganana.mantapppp

    ReplyDelete

  32. Kalau lihat air terjun rasanya seger banget ya.. Walau untuk menujunya kadang butuh perjuangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas betul sekali...untuk menuju air terjun harus mau nembus2 hutan hehe

      Delete
  33. amazing.. mas
    kalau di tambah fasilitas lg kayanga tmbh bagus tuh dan lebih terkenal
    follower 168 sukses, follow bach jngn lpa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas pastinya :)
      terima kasih mas, sudah saya follow juga blognya

      Delete
  34. iya mbak.. ya gnti to mbak klau udh jdul..hehe

    ReplyDelete
  35. maaf mas ..slah tempat ..,mau blas komentar di blog sndiri mlah nyasar kesini...

    . enak ya mas klau lg libur prgi ksana .pemandangannya bgus ,kren

    ReplyDelete
    Replies
    1. hee udah ngantuk ya mas pas jawab komentarnya, iya mas gak apa2 :)
      iya mas cocok sekali untuk liburan

      Delete
  36. saya baru tahu ternyata di Sumedang banyak juga yah mas obyek wisata termasuk curug gorobog ini, kapan-kapan saya pengen berwisata ke Sumedang nih mas :)

    ReplyDelete
  37. bener-bener seger ngeliat aliran air dan pemandangannya. Saya pasti krasan berlama-lama ditempat ini, apalagi jika bareng anak istri

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pak...kalau kesini bawa anak istri pasti betah hehe...terima kasih :)

      Delete
  38. Aduh, mas... sueger pisan euy...

    Saya pernah naik gunung, tp kl yg ada air terjunnya masih belom pernah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hee kalau saya malah belum pernah naik gunung, tapi liat air terjun lumayan sering pak ehehe...kalau kesini pasti bisa liat pak, lumayan banyak soalnya

      Delete
  39. tempat wisata yg selelu ingin saya kunjungi adalh tempat semacam ini, lengkap rasanya, lihat air dan air terjun eksotik

    ReplyDelete
    Replies
    1. serasa segger sampai ke ubun2 ya mas hehe

      Delete
  40. D CIAMIS Juga ada kang nama nya curug 7.kapan2 mah pengen juga menjajal keindahan curug grobog

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang...saya juga rasanya pengen main ke curug tujuh itu

      Delete
  41. kalau curug ada tingkat nya getu, kita bisa naik ke atas nggak mas hehehe :D kayaknya seru ya klau bisa manjat ke sana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi gak usah bawa tangga ya eheheh

      Delete
    2. bisa kok mang yono n mbak ririn :)
      asal jangan main perosotan coz batunya tajem2 :))

      Delete
  42. Endah pisan kang curug gorobog na.. jadi pengen main ke curug ini apalagi banyak pengunjung yang cakep dan bening hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sok mag mangga diantos atuh...kalau kesini koling2 aja ya mang. kalau nanti mamang kesini WS bakal bawa gelas yang bening satu losin...biar makin banyak yang bening hhe :-)

      Delete
  43. kecil ya mas curug nya. kalu saya lebih tertarik dengan hijaunya alam

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, tapi kalau dari dekat curugnya cukup besar kok. Hijaunya bikin adem ya

      Delete
  44. Para pengunjungnya sudah memiliki kesadaran yg bagus terhadap kebersihan ya mas, makanya pada nggak mencoret-coret atau membuang sampah sembarangan.... Sip deh.... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas...mudah2an sikap seperti itu dilaksanakan dan diterapkan oleh semua orang ya mas, terutama oleh jiwa2 ababil yang suka corat coret itu ya :))

      Delete
  45. keren itu om bisa bertingkat tingkat gitu
    kalo dibikin sarana outbond asik itu
    meluncur lewat tali melalui 3 tingkatan curug :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang kalau bikin flyng fox disini sepertinya keren ya...tapi hati2 kejeduk pohon hehe

      Delete
  46. Lihat fotonya jadi ingin pergi kesana nih...

    ReplyDelete
  47. Wahhhh Buseet dahhh Curugnya Bertinggat 3 Pemirsa hmmm .. jadi Pengen Langsung MAIN kesana deh soalnya diliat dari gambar aja kayaknya Seru INDAH +Bangett Beuhhhh apalagi Kalo Langsung Main Kesana gk bisa bayangin dehhh =)) hhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. heee kang ainun bisa aja deh...apalagi kalau bawa pasangan ya kang kesininya :-)

      Delete
  48. Baru tau mas, ternyata curug dalam bahasa sumedang artinya air terjun ya

    ReplyDelete
  49. air terjun yang bagus dan menarik sekali gan,,,,,,,, jadi pengen berlibur kesana, melihat keindahan kota sumedang.Terimakasih gan sudah share infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sob...
      mudah2n kapan2 bisa ke sumedang ya sob...saya tunggu loh :)

      Delete
  50. mampir lagi kesini...pengen cipok basah kang WS

    ReplyDelete
  51. Curug Gerobog bertingkat tiga itu indah banget...... pengin lihat dari dekat dan ke lokasi tersebut.

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. hee nanti kalau suatu saat bisa ke Sumedang mampir saja ya pak :)

      Delete
  52. siga lomari waenya kang gorobog ... indah bang ...

    ReplyDelete
  53. cantik pemandanganya.tenang bila melihatnya apalagi bila berada di sana..pasti terasa nyamnnya suasan air terjunnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mama...memang nyaman sekali di air terjun ini :)

      Delete
  54. Mantap curugna kang...urang kaditu yu...

    ReplyDelete