Rusa Totol (Axis Axis)

Baca Juga

Rusa Totol (Axis Axis)
Rusa Totol (Axis axis)
Rusa Totol, jujur saja admin baru pertama kali melihat rusa jenis ini secara langsung. Selain di Istana Bogor, kabarnya rusa jenis ini juga bisa dilihat di kawasan Monas Jakarta, tapi sayangnya ketika bekerja di Jakarta dan lumayan sering main ke Monas admin malah belum pernah lihat binatang ini disana, dan malah melihatnya pertamakali disini, dikampung halaman sendiri di Sumedang, tepatnya di  Desa Licin blok Ciburial.

Dari keterangan beberapa sumber dikatakan bahwa rusa ini mempunyai nama latin Axis Axis,  rusa ini mempunyai corak coklat kemerahan dengan totol-totol putih dimana semakin tua umur rusa maka warna coklat di tubuhnya pun akan semakin gelap dan totol putihnya akan semakin tersusun rapi. Jadi mungkin rusa totol yang admin ambil gambarnya ini usianya masih tergolong muda, karena warna coklatnya masih coklat muda. Dan sayangnya admin lihat rusanya tidak ada yang bertanduk juga, mungkin seperti yang disebutkan tadi, rusa-rusa ini masih terlalu muda dan belum tumbuh tanduknya.

Rusa totol memiliki kebiasaan yang lain dari pada yang lain, yaitu mereka senang menjilati bebatuan atau kerikil, hal ini mereka lakukan untuk memperoleh garam (NaCl) dari bebatuan atau kerikil tersebut, itu dilakukan untuk membantu metabolisme makanan dalam tubuhnya.

Dari berbagai keterangan juga admin dapati bahwa habitat alami rusa totol ini adalah di India, Sri Lanka, Nepal, Bhutan, dan Bangladesh, sedangkan pertamakali didatangkan ke Indonesia oleh Gubernur Jendral Inggris, Thomas Stanford Raffless pada tahun 1814 untuk menempati halaman Istana Bogor. Melihat fakta tersebut admin jadi sedikit  bertanya-tanya "memangnya rusa boleh dipelihara secara bebas oleh umum ya?", apalagi jenis rusanya adalah rusa totol yang bukan asli Indonesia seperti yang dikatakan tadi.

Pertanyaan tersebut kemudian terjawab ketika membaca beberapa artikel yang mengatakan bahwa populasi rusa totol ini aman bahkan berlebih, sehingga bagi masyarakat yang berminat diizinkan untuk memeliharanya asalkan memenuhi berbagai persyaratan menyangkut lahan pemeliharaan/penangkaran dan perizinannya. Jadi bila sobat ada yang berminat untuk memelihara rusa totol ini tinggal diurus saja perizinannya, serta sediakan lahannya, setelah itu tidak menunggu waktu lama sobat bisa melihat binatang ini berlenggak-lenggok di halaman ketika mulai membuka jendela kamar atau jendela rumah di pagi hari.

Jadi bisa diambil kesimpulan syarat-syarat untuk bisa memelihara rusa totol (axis axis) ini cuma ada dua yaitu :
  • Mengurus perizinan kepada pemerintah daerah setempat dan instansi-instansi terkait, dan
  • Mampu menyediakan lahan yang cukup luas, serta terjaminnya ketersediaan pakan, 
Note : di domain terdahulu (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini dapat dijumpai dalam judul artikel "Rusa Totol (Axis Axis)" dengan link sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2013/11/rusa-totol-axis-axis.html"

    97 comments:

    1. Rusa yang cantik kang, semoga populasinya jangan sampai punah karena rusa totol termasuk hewan yang langka :) Aminn

      ReplyDelete
      Replies
      1. wah hayo sampai manjat pagar segala.

        Delete
      2. Hati-hati Kang WS kacangkol ram kawat, kreatif pisanya
        Akang WS teh, sae pisan euy Rusa totol na, di subang teu aya Kang.?

        Delete
      3. hatur nuhun kang...
        aya meureun kang tapi duka aya na dipalih mana

        Delete
      4. masih banyak di sini, om
        lumayan buat perbaikan gizi kalo pas masuk hutan
        cuman repot nembaknya kudu tepat di mata pake pelor 5.5. kasian kalo kena badan pasti langsung lari kenceng membawa luka...

        Delete
      5. uwh ngeri kang ngebayanginnya euy...emang tega kang ngemakannya ?? sangkilang imut2 gitu =))

        berarti masih mending ya kang banyak rusa...WS mah dulu waktu dikalimantan banyaknya malah babi hutan eung

        Delete
    2. wah kemajuan yang sangat luar biasa kang, ia ni saya sempat terhenti aktivitas di blog saya, karena di tinggal merit sama pacar :( hahahah.. jadi curhat di blog ni kang bagaimana ia??

      ReplyDelete
      Replies
      1. kemajuan apanya kang ?? rusanya ?? ya rusa memang mulutnya sedikit maju kang hehe...

        hee ga apa2 kok kang...wah ?? tega bener kang pacarnya, pasti cepat dapat gantinya yang lebih baik lagi kang, aamiin...WS ikut doakan

        Delete
    3. Binatang yang satu ini, memang sangat cantik dan menarik
      Rusa totol nama nya Kang WS, Kalau di daerah saya namanya
      Kidang Menjangan, itu saya sudah tidak nemui lagi di alam bebas
      Paling seperti yang Kang WS lihat, hanya di kandang, atau di dunia
      Marga satwa, salam sukses weh Nya Kang.?

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya kang kalau rusa totol saya baru lihat dikandangi seperti ini, oh jadi menjangan itu sama dengan rusa juga ya kang :))
        sukses juga ya kang :)

        Delete
      2. lain mencek namanya kang? :-)

        Delete
      3. hehe iya mag kalau dikita mah mencek ya :-)

        Delete
      4. :>) Ohh namina gentos kiwari mah Mang.? Kang?
        jadi Mencek gitu..? hhhh :-) duka tah pami kitu mah Mang Yono. (c)

        Delete
      5. ga ganti nama kang...bahasa sundanya rusa kan memang mencek :)

        Delete
    4. Oh ya sampai lupa gak ngucapin terima kasih atas artikel nya ;((
      Sudah berbagi pengetahuan yang di lihat, langsung di bagikan
      Buat sobat blogging, kreatif Kang Ide na Mas, sae.. :))

      ReplyDelete
      Replies
      1. hatur nuhun kang dan terima kasih kembali...hee iya kang, blognya kebanyakan memang dari dokumentasi pribadi, yah walaupun bukan dengan kamera canggih...pede aja di share ya heheh...jadi harap maklum sama hasil jepretannya yang burem2 gimanaa gitu :-d

        Delete
    5. selamat malam Sob...waah saya baru mendengar nama Rusa Totol...memang ada ya Sob nama seperti itu ?

      ReplyDelete
      Replies
      1. aku juga baru denger tuh...
        dipalembang mah kagak ada yang beginian..hehe

        Delete
      2. @ Mas Hayardin & Mas Index : Selamat pagi, iya ada kok...seperti yang di istana bogor itu loh, kan kadang kefilm juga kalau ada reporter yang sedang meliput berita disitu

        Delete
    6. Rusa ini nama lainnya axis-axis ya Kang ? Saya baru tahu. karena selama ini saya hanya tahu namanya saja rusa. Semoga keberadaan rusa ini dapat terus di lestarikan keberadaannya oleh pemerintah dan pihak-pihak yang akan peduli tentang lingkungan.

      Salam,

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya pak katanya nama latinnya axis axis...aamiin pak, salam :)

        Delete
    7. Bagi saya yang di Jakarta jarang bisa melihat rusa di daerah Monas. Walau katanya di sana ada.

      Salam,

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya pak katanya di monas memang ada ya...tapi saya sendiri belum pernah lihat yang dimonas itu padahal dulu lumayan sering nongkrong disitu (hadeuh nongkrong)

        Delete
    8. Saya pernah lihat Rusa totol ini di monas nih..

      ReplyDelete
    9. template dan artikelnya sama2 keren masta, kapan2 ajarin ane dong

      berkunjung balik ke blog Bayu Setiawan ya, thx :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. terima kasih sob :)

        tunggu ya nanti pasti saya berkunjung

        Delete
    10. wah saya baru tahu ada rusa totol mas WS, saya jadi penasaran pengen lihat dari deket mas :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. tapi jangan terlalu dekat mas takutnya nanti diseruduk hehe

        Delete
    11. loh itu berarti dipelihara sama orang sebagai milik pribadi ya kang? atau punya pemerintah gitu?

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya mas sepertinya sih itu punya pribadi, kandangnya saja ada dihalaman rumah...
        kalau kita mah dihalaman rumah paling banter juga pelihara ayam ya hehe

        Delete
    12. baru tahu saya mas tentang rusa totol ini, .he he moga aja gx punah ya mas, . :o

      ReplyDelete
    13. si sunda banget euy , "totol-totol", untungna sanes "tol..-tol..." (c)

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya kang, kan tubuhnya totol-totol...kenapa namanya gak rusa bintik-bintik ya :-)
        naon kang atuh botol-botol? :-s

        Delete
    14. bisa dipelihara masyarakat umu juga ya ternyata mas tapi harus memenuhi persyaratan dulu,

      ReplyDelete
    15. wah,saya salah baca judulnya sob,tak kira rusa tolol..pantesan wktu baca postingnya kok nggak ada cerita tololnya hehe.. namanya unik tuh,axis axis

      ReplyDelete
      Replies
      1. hehe untung salah bacanya bukan rusa botol ya mas...iya mas namanya rada aneh ya kalau di telinga kita

        Delete
    16. Boleh di pelihara juga kang!jadi pengen nyoba,di ternak siga domba hehe...

      ReplyDelete
      Replies
      1. tah itu kang...jadi rada unik kan hehe...tapi bisa dipakai kurban gak ya kalau Idul Adha ??

        Delete
    17. cocok untuk di ternak mas...bisa dijadikan sate kijang..
      bukan kijang kapsul lho ya, apalagi kijang sinopah..
      hehehhehe

      ReplyDelete
      Replies
      1. hehe sate kijang kayaknya mantap yah mas..bisa bikin kita jadi jago lompat-lompat hehe...
        kalau kijang sinopahnya yang ini, onderdilnya pasti sulit dicari :))

        Delete
    18. rusa ini boleh dipelihara ya? saya hanya pernah melihat rusa di zoo saja..

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya kak boleh dipelihara asalkan perizinannya diurus dulu.
        sama kak :))

        Delete
    19. Wahhh Sii agan nekat Nihhh Sampe Rela Manjat Tembok demi Ngambil Foto Tuh rusa hihi dan jujur saya Belom Pernah Liat Tuh Rusa Secara Langsung gan hihi dan Makasii dah Atas Infonyaaa :>)

      ReplyDelete
      Replies
      1. sama-sama sob...hehe iya ni sob itung-itung uji nyali :))

        Delete
    20. wah namanya kaya kartu provider di kita ya gan hehe.. :-)
      makasih infonya gan...

      ReplyDelete
    21. Untung manjat pagarnya nggak jatuh mas coba kalau jatuh rusanya pasti tepuk tangan hehe
      tapi itu memang pemandangan yang bagus kok

      ReplyDelete
      Replies
      1. hhe mbak indah bisa saja :))
        tapi keren juga kalau rusanya pada tepuk tangan...saya jadi makin semangat foto-fotonya hehe

        Delete
    22. dagingnya enak tuh kang,bisa buat obat dan jamu juga... :-s

      ReplyDelete
      Replies
      1. naah itu mas...mantap sekali kan khasiatnya (k)

        Delete
    23. oh walopun rusa totol menurut saya juga termasuk hewan langka tapi ternyata masyarakat masih di izinkan untuk memlihara yah kang.. btw persyaratannya apa aja tuh kang hehehe

      ReplyDelete
      Replies
      1. yang pasti bukan foto copy KTP ama Kartu Keluarga aja dong kang :D hohoho

        Delete
      2. hehe kalau ditambah surat keterangan penghasilan/slip gaji jadi seperti mau gadein motor dong :-)

        Delete
    24. rusanya mirip yang di monas ya kang... ternyata namanya axis - axis ya

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya mang, bukan mirip lagi bahkan sama hehe :))

        Delete
    25. seperti yang di istana bogor ya kang...cantik banget :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya mas seperti yang di istana bogor :)
        cantik banget ya mas...saya juga sampe naksir hehe

        Delete
    26. Saya malah belum pernah lihat gan :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. sekarang lihat di blog ini saja dulu ya gan :)

        Delete
    27. terakhir kali saya melihat rusa totol saat saya ada di kebun binatang 5 tahun lalu,sekarang saya ketemu lagi sama rusa totol di blog ini @-)

      ReplyDelete
      Replies
      1. karena sudah lama tidak bertemu pastinya harus salaman ya mas hehe...*becanda
        hee iya mas iseng2 aja ini foto2

        Delete
    28. bagus banget itu rusanya,,cantik uy,,hahahayyyy

      ReplyDelete
    29. Ternyata bukan macan saja yang tutul-tutul tapi rupanya rusa juga ada yg tutul.

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya mas...atau apakah hewa ini persilngan macan dan rusa gitu ya ?? :-)

        Delete
    30. ane kagak pernah liat rusa kek gini...mungkin langka ya

      ReplyDelete
      Replies
      1. gak langka ko mas...cuma memang jarang yang pelihara

        Delete
    31. kalau pengen punya rusa totol saya kudu menghubungi kemana kang....#serius

      ReplyDelete
      Replies
      1. aduh WS lupa gak catet kang...searching aja kang kemarin WS ada nemu kok harus hubungi kemana-kemananya

        Delete
    32. saya baru tau kalau ada nama rusa tolol..xixixi

      ReplyDelete
      Replies
      1. sebenernya sih rusa sontoloyo juga sepertinya ada mas :-)

        Delete
    33. wah saya baru tahu nih kang tentang rusa totol alias axis ini..makasih kang nambah wawasan buat saya...

      ReplyDelete
    34. wah kalo liat di dumay sih pernah kang tapi kalo liat langsung belum pernah :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. kalau di mbah gugel mah pastinya banyak ya sob...kalau mau lihat langsung awas diseruduk hehe

        Delete
    35. Di kampung sayah mah gak ada rusa he.. :)

      ReplyDelete
    36. Can apal rusa totol abdi mah kang.. hehe

      ReplyDelete
      Replies
      1. hayu atuh urang ngapalkeun sasarengan hehehe

        Delete
    37. Iya, di Monas ada tuh deket sebelah stasiun gambirnya. Kalau mau lebih banyak ya ke Cariuk sana, banyak bener rusanya..

      ReplyDelete
      Replies
      1. oh ada ya disebelah situ mas...saya malah belum pernah lihat yang di monas itu...pernah ke stasiun gambir pun malam hari jadi rusanya sembunyi kali ya ??

        Delete
    38. sangat2 disayang hewan cantik ini smpai punah...
      pmenrintah srusnya lbih pedulilah terhadap2 hewan2 yg terancam punah tersebut 8-)

      ReplyDelete
    39. Tentu amat suka bila dapat mengoleksi binatang Rusa Totol (Axis axis) x-) seperti ini. Walau populasinya masih cukup banyak hanya kalangan tertentu yang mampu mengoleksi dan menangkarnya ;(( . Dibutuhkan biaya yang relatif besar untuk pengembangan dan pemeliharaannya (h) . Info yang menarik. :>) Salam cemerlang!

      ReplyDelete
    40. Wah hewan sperti itu juga ada disini, tepatnya di kebun bibit Surabaya ^^

      ReplyDelete
      Replies
      1. hee iya mas, apalagi dikebun binatang pasti banyak banget :))

        Delete
    41. Emangnya rusa totol boleh di pelihara ya?

      ReplyDelete
      Replies
      1. katanya sih boleh sob...asal memenuhi persyaratan n kewajibannya terlebih dahulu

        Delete
    42. Kang, di Sumedang ge aya nu ngingu ieu axis axis, tempat na teh di ciburual. Bumi na Kang Agus mun teu lepat mah.

      ReplyDelete