Elang Bondol

Baca Juga

Elang Bondol
Elang Bondol
Dari berbagai sumber disebutkan, Elang Bondol atau Brahminy Kite (Haliastur Indus), atau juga dikenal sebagai red back sea eagle adalah burung elang laut yang bagian belakang tubuhnya berwarna merah kecoklatan dan dari kepala sampai leher menutupi dada bulunya berwarna putih, merupakan burung elang yang berukuran sedang dan merupakan jenis elang yang dilindungi.

Tidak seperti Elang Hitam yang memang hidup dipegunungan, elang ini merupakan jenis elang yang dilindungi dan elang laut pula, sedangkan  Sumedang merupakan salah satu kabupaten yang tidak mempunyai daerah laut. Jadi bagaimana kira-kira kalau hewan ini ada di Sumedang? jawabannya tentu, jika tidak segera diserahkan secara sukarela pastinya akan segera disita oleh pemerintah, bukan begitu?? seperti Elang Bondol ini yang telah diserahkan oleh pemiliknya secara sukarela, dan kabarnya burung ini sekarang ditempatkan di Kebun Binatang Kabupaten Bandung.

Terlepas dari itu semua, mari kita belajar menyayangi binatang dengan sewajarnya, kenapa admin katakan demikian? kadang admin berpikir apa manusia selain harus berprikemanusiaan juga harus berprikehewanan kah? maksudnya menempatkan diri dan memposisikan diri sebagai hewan, tenggang rasa, meneggang rasa. Kalau kita jadi hewan liar (dalam kasus ini burung) yang biasa terbang bebas dalam menikmati dunianya, tiba-tiba dikurung kira-kira bagaimana rasanya? meskipun diberi makan rutin secara gratis tiap hari, admin rasa kita tidak akan mau (kalau mau seperti itu, tinggal masuk penjara saja), karena banyak yang berdalih saya mengurungnya justru untuk memberi dia makan secara rutin karena diluar belum tentu ia dapat, saya mengurungnya justru karena kagum akan kegagahannya dan memberikan kesempatan kepada orang lain untuk mengaguminya juga, dan lain-lain.

Ah, sudahlah, hal seperti itu pastinya sudah banyak juga yang membahas, tinggal kesadaran dan kepedulian kita saja, sekali lagi, mari kta menyayangi binatang dengan sewajarnya, apalagi untuk binatang yang dilindungi seperti di atas, biarkan ia bebas jika memang sayang, biarkan ia terbang jika memang ingin mengagumi kegagahannya, setuju?

Note : di domain terdahulu (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini dapat dijumpai dalam judul artikel "Elang Bondol" dengan link sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2013/12/elang-bondol.html"

131 comments:

  1. saya saat kecil dulu membayangkan bisa punya elang yang bisa terbang tinggi lalu hinggap di tangan saya, weiss kayaknya macho banget Kang

    ReplyDelete
  2. Jadi inget film kungfu jaman dulu

    ReplyDelete
  3. Wow terbang melayang bagai elang terbang penuh uang hihihi

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Mbak juga gak kalah cantik. .
      hehehehe. .:)
      salam kenal.

      Delete
    2. mau lihat yang cantik disini ah

      Delete
    3. Mbak Dwi Elang Bondol emang cantik yah :)
      Mas Pudan yang di bawah nya gak kasih ucapan? cheer
      Mang Yono juga Cantik deh heheheheh :-)

      Delete
    4. mas Karysta juga cantik yah hehe...

      Delete
    5. kalau eykeu cantik gak booo ?? :-)
      ini malah saling merayu n kenal2an di koment halah-halah :-t

      Delete
    6. pastinya guantenggg banget mas :-)

      Delete
  5. burung helang ini species yang skar ditemui.. harus dilindungi agar terus lestari..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali tuh yang Mbak Mizz uraikan memang itu yang seharus nya
      Kita lakukan menjaga kelestarian alam. dan Kang WS ini salah satunya
      Upaya pelestarian alam dan melindungi satwa atau species yang dilindungi :))

      Delete
    2. setuju sekali kak aiza...

      @ kang karrys : hihihi tapi WS bukan polisi hutan loh ya :-)

      Delete
  6. Setuju, itu sudah tanggung jawab kita sebagai makhluk hidup yang lebih rasional :)
    (ciye ciyeeeee hehehehe)
    :>)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe memang begitu seharusnya ya mbak maria :o

      Delete
    2. ikutan juga ah.. nic inpo, gan :>)

      Delete
    3. saya juga mau ikutan nice inpoan ah :>)

      Delete
  7. Selamat Siang Kang WS simak artikel tentang Elang bondol. baru dengar nih namanya
    Kang WS. Elang Bondol kalau di daerah saya adanya Burung Bondol doang Kang
    Salam sukses deh yah Kang Salam hormat selalu :>)

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat siang kang karrys :)
      hehe kalau WS malah belum pernah lihat lagi itu burung bondol yg kecil2 kang...banyak dijualin y sekarang =))

      Delete
  8. Elang bondol warna merah memang sejenis burung yang amat sangat langka, dan sudah sepantasnya keberadaanya untuk di lindungi.

    ReplyDelete
  9. memang sayang elang bondol yang sudah mulai puna

    ReplyDelete
  10. Elang Bondol, burung yang cantik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau yang jantan pastinya ganteng ya kang hehe

      Delete
  11. ok mas. .saya akan tenggang rasa kepada hewan. .
    saya akan menyayangi mereka. .:) :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. hee iya mas lubis...yuk ah kita bareng2 mengikuti gerakan sayang binatang hehe :o

      Delete
  12. kunjungan perdana sob, nyimak dulu

    ijin follow mas,
    ditunggu follbacknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan sob...
      sudah saya follback sob...terima kasih

      Delete
  13. hihi,,kalau bicara berperikehewanan ingat postingan sendiri.. :D
    iya mas,kita juga harus ikut melestarikan alam ya..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah psotingan mbak yang mana mbak ?? sepertinya saya belum pernah baca ya hehe...iya mbak, pastinya kita harus ikut berpartisipasi :)

      Delete
  14. cantik sekali elangnya..
    sekarang gini aja mas ws...
    tuh pemelihara burung di sangkar, mau gak kita tawari, dikurungi tidak boleh kemana-mana semuanya kita cukupi.
    makan, minum dan semua perlengkapan kita sediakan, kira-kira mau gak ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pazti ada yang mau mas agus...woro2 coba

      Delete
    2. kalau ada yang mau, saya siap kok jadi pemeliharanya,
      coba orang dikurung gak boleh keluar, kemudian makanan dan minuman saya cukupi ? ada yang mau ?

      Delete
  15. Saya baru tahu ternyata ada elang namanya bondol, waktu saya kecil tahu juga tentang manuk bondol ini, tapi kecil bentuknya kaya burung pitit atau burung gereja kang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya kang manuk bondol itu yg kepaanya putih n badannya warnanya coklat kan kang ??
      sepintas sama ya dengan elang bondol ini tapi jauh lebih kecil

      Delete
  16. Yang pastinya kalau sudah langka bukannya nggak mau melepas lho mas nanti dia tidak ada penerus kan susah

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan banyak juga mbak lembaga2 yang biasa mengembangbiakan hewan2 langka ini, termasuk kebun binatang juga, jadi kalau tidak akan dilepas ya lebih baik diserahkan ke lembaga2 seperti itu ataupun di ke kebun binatangkan...seperti elang bondol diatas...iya tidak mbak ?? karena kalau tidak, nanti pasti disita kalau ketahuan

      Delete
  17. Belum pernah lihat,dulu waktu di kampung sering lihat tp elang hitam kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. hee jadi lihatnya dipostingan WS ini ya kang ??

      Delete
  18. namanya unik ya sob, ELANG BODOL, hehe
    :>)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau nama saya, Wewengkon Sumedang....unik gak sob ?? hehe

      Delete
  19. Kalau dilepas entar.. Di tangkap orang lain kang hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu kang susahnya ya hehe...jadi ya lebih baik diserahkan saja pada yang berwajib ya

      Delete
  20. mlm sob lma gk mampir kesini. burung elangnya Admin makin cantik aja gkgkgk.......?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya ya mas, kemana aja mas ?? WS sampai kangen loh :)
      kemarin2 WS mampir ke blognya mas brebes lamongan tapi gak bisa coment euy =))

      Delete
  21. manusia dan ciptaan Tuhan yg lainnya tidak bisa di pisahkan karena itu sudah ada sistemnya seperti Rantai makanan, jika salah satu spesies punah maka akan berakibat jg dengan spesies yg lainnya , bukan begitu gan Wewengko sumedang ?? :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju sekali sob, memang seperti itulah adanya...terima kasih atas tambahannya ya sob :)

      Delete
    2. oc gan, sama-sama
      btw, mana post terbarunya gan. hehehehe
      pasti lg malas nulis yaa
      :D

      Delete
    3. hee iya sob...kebetulan lagi sibuk juga ini =))
      belum bisa buat postingan lagi

      Delete
  22. Pernah denger mas...cuma baru dapat ulasannya di sini :)

    ReplyDelete
  23. dulu saya cukup senang memelihara burung terutama burung berkicau tapi sekarang dengan kesibukan seperti ini saya cuma bisa mendengar kicauan burung milik tetangga

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi lebih baik seperti itu mungkin ya sob...hehe
      karena kita tetap bisa mendengar kicauannya, dengan tidak mengurungnya

      Delete
  24. waalaikumsalam,
    elang sudah jarang menampakkan diri lagi di kotaku.......,
    entah kemana mereka bersembunyi :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi yang jelas mereka tidak bersembunyi di dalam hatiku pak hehe :-)

      Delete
  25. jangankan elang mas, burung emprit (pipit) saja sekarang diburu besar-besaran untuk ditukar dengan beras =))

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu ya kang...sangat memprihatinkan =))

      Delete
    2. kasian juga yah burung-burung di udara, sekarang hidupnya tidak bebas lagi =))

      Delete
  26. Ternyata elang bondol lebih cantik bila di photo dengan pose sepeti itu Kang.

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. posenya rada narsis, kepalanya agak dimiringkan ya pak hehe

      Delete
  27. Dg sewajarnya, artinya tdk mengekang dan mengkondisikan dia sprti di habitatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pak...setuju kalau seperti itu...karena di kebun binatang juga begitu kan ??

      Delete
  28. klo pria sudah nggak perlu lagi pelihara burung dalam sangkar kang..;)
    biarkan mereka bebas tanpa batas

    ReplyDelete
  29. Belum pernah lihat saya kang burung elang seperti itu di alam nyata...
    Jarang ke kebun binatang soalnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe lihat di postingan ini saja atuh ya kang :)

      Delete
  30. Elang bondolnya keren dan gagah bangett Brooo Jadi pengen Miara Nihh hehe
    Tapi upsss sayangnya dilindunginya keberadaanya bisa bisa saya dipenjara lagi kalo miara hewan yang satu ini (h)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau admin wewengkon sumedang keren dan gagah gak masbro ??

      Delete
  31. Elang Bondol ini satwa maskot Jakarta, tapi di Jakarta sendiri sudah ga ada. Palingan ada di Kepulauan Seribu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya mas, elang ini adalah maskot kota jakarta...terima kasih telah menambahkan...

      Delete
  32. bingung, kenapa ya harus menunggu dilindungi baru kesadaran untuk menjaga hewan itu muncul. Ketika masih banyak, tidak mencoba menikmati keindahannya, justru menghabiskan demi keuntungan materi semata.

    semoga elang bondol semakin banyak lagi populasinya,
    setiap orang berhak menikmati keindahan yang dimiliki hewan

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin mas :)

      yah...mungkin itulah tabiat manusia ya mas

      Delete
  33. wah keren mas.. warnanya merah .. sebenernya kalau tidak di lindungi burung elang ini keren lo mas kalau di pelihara hehehehe...

    ReplyDelete
  34. jangan sampai punah harus dilestarikan

    ReplyDelete
  35. Elang ini sudah mulai langka kang... jangan kan elang bondol burung pipit bondol juga sudah mulai langka

    ReplyDelete
  36. Selamat malam mas, mohon ma'af sebelumnya, karena terjadi insiden yang tidak menyenangkan pada server sebelumnya, maka JS Komentator akan saya pindah pada Server yang baru, dan untuk masalah pemindahan ini akan mengakibatkan sedik gangguan, waktu pemindahan tersebut akan saya lakukan pada pukul 24.00 nanti, dan hingga waktu normal kembali sekitar 2 jam setelah waktu penggantian IP, dan proses Update akan dilakukan setelah penggantian IP selesai, jadi mohon ma'af atas ketidak nyamanannya

    ReplyDelete
  37. Nyimak aja dech, Sob....terima kasih telah berbagi, nice shared!

    ReplyDelete
  38. Mungkin elang ini langka karna banyak di buru mungkin ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, mungkin itu salah satu penyebabnya

      Delete
  39. Selamat Malam Kang WS Datang lagi saya pada artikel Elang Bondol
    Baca lagi nih soale kemarin kurang khusu bacanya. sekarang nyantai deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat pagi mas karrys...hehe mas karrys kaya lagi ngaji aja :))
      yuk mas ah nyantai dulu hari minggu

      Delete
  40. lam kenal kang,,memang langka eta elang,,tapi asa tos tara ningali elang deui,dah asa tos hampir punah,nu aya ge pleci kang da keur nuju usum hee

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal oge kang...iya kang elang ayeuna duka kamarana...hehe pleci usum na bareng sareng usum ngadu kaleci teu didinya kang :))

      Delete
  41. hahahahahaha, dulu waktu sy kecl sering piara manuk bondol yg bisa dibeli di pasar2.... :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg kepalanya putih badannya coklat itu ya kang :))

      Delete
  42. saya baru tahu mas Elang Bondol ini, berarti elang ini termasuk langka yah mas WS jadi harus dilindungi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas eka, elang ini memang dilindungi dan sudah langka :))

      Delete
  43. Wuiiih cantik bener tuh burung elang bondolnya kang, tapi kayaknya burung elang bondol ini termasuk burung langka juga ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. awas kang ntar naksir hehe...iya kang, sudah langka

      Delete
  44. elang selalu tampak elegan dan cool...
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau admin WS ini elegan dan cool gak sob ? hehe :))

      Delete
  45. Elangnya sudah sangat jarang, sy sendiri belum pernah lihat dialam terbuka. Semoga tetap lestari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang dede, elang ini skarang sudah jarang sekali...aamiin

      Delete
  46. Kasian ya kalau cuma dikurung di daerah pegunungan.... Padahal kan elang laut, ya....

    ReplyDelete
  47. memang harus dilestarikan gan :>)

    ReplyDelete
  48. saya juga pecinta burung mas. tapi kalau untuk burung yang satu ini sepertinya nggak deh. karena sepertinya bisa boros makanannya. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. heee iya sob, pastinya....makannya cuma mau sama ikan, keren kan ?? padahal kita saja seringnya cuma kerupuk tahu tempe hehe

      Delete
  49. Elang bondol ini bisa hidup sampai berapa tahun mas WS, kok sekarang bisa menjadi langka yah
    [-(

    ReplyDelete
  50. Yap. Berperikehewanan dan berperiketumbuhan :-) . Salam damai dari anak madura gan :-)

    ReplyDelete
  51. Kenapa disebut elang bondol? setahuku bondol itu gak ada bulunya. emang elangnya gak punya bulu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. heee saya juga kurang tau kalau soal itu mbak...elangnya punya bulu kok, malah bulu2nya keren sekali

      Delete
  52. Gagah elangnya ya.. seperti tau lagi difoto. Hewan ini harus dilestarikan jangan samapai punah.

    ReplyDelete
  53. Elang bondol ini memang bentuknya bagus, binatang ini memang dilindungi karena sudah langka dan sulit dijumpai. Saya rasa kalau dikurung kemudian dikasih makan memang bisa bisa saja dan sebaiknya dilepas biar dia bisa hidup bebas yang penting kesadaran masyarakat soal perlindungan hewan ini juga harus disosialisasikan sehingga mereka tidak membunuh atau menembak seenaknya saja....
    Informasi yang sangat menarik sekali sobat
    terima kasih sudah berbagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pak...terima kasih atas tambahannya :)

      Delete
  54. Kiranya undang-undang yang mengatur perlindungan binatang sudah lengkap ;(( . Bila tidak dilindungi dan diburu dengan bebas, bisa jadi hewan tersebut hanya tinggal namanya, ;( gambarnya saja atau hanya ada di kebun binatang atau taman margasatwa . Habitat hewan langka dan dilindungi bisa semakin berkurang, rusak (c) , dan tidak layak huni bagi mereka bila terus terjadi penebangan hutan, alih fungsi lahan, dan minimnya perhatian pemerintah dan masyarakat [-( . Dukung terus upaya pelestarian alam, binatang, dan habitat aslinya. (k) Dunia begitu indah bila ada keseimbangan alam dengan aneka flora dan faunanya x-) . Salam cemerlang! :>)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pak...setuju sekali...terima kasih atas tambahannya :)

      Delete
  55. Nah..saya asli baru tau tentang elang bondol.. ternyata hewan langka yang sedang dilindungi ya

    ReplyDelete
  56. Elang bondol.,
    yang di pake bus transjakarta bukan mas.,???

    ReplyDelete
  57. Kang WS, klo boleh tau itu elang punya siapa ya? Keren kyknya yg punyanya...macam pria punya selera hohoho ( iklan kaleeee :D )

    ReplyDelete
    Replies
    1. punya seseorang ajalah pokonya mah a :-)
      memang keren orangnya top markotop bawa leptop :-)

      Delete