Gunung Kunci, Cerita Mistis di Sebuah Benteng

Baca Juga

Benteng Belanda di Gunung Kunci
Benteng Belanda di Gunung Kunci
Benteng Belanda di Gunung Kunci, berbicara tentang benteng ini, mau tidak mau cerita sejarah tentangnya akan bercampur dan dibumbui juga oleh hal-hal yang berbau mistis, bukan mengada-ada, menurut beberapa orang tempat ini memang terhitung angker, dan karena keangkerannya ia pernah dijadikan lokasi uji nyali di salah satu TV swasta, pernah juga menjadi lokasi syuting Mister Tukul Jalan-jalan. dalam acara itu, Mister Tukul mengeksplorasi Gunung Kunci untuk mengetahui seluk-beluk tentang hal-hal gaib yang ada di dalamnya, acara Mister Tukul Jalan-jalan ini memang menceritakan tentang perjalanan Mister Tukul ke berbagai tempat di Nusantara yang dianggap mempunyai cerita mistis atau mitos-mitos tertentu.

Dalam acara tersebut Mister Tukul selalu ditemani oleh seorang paranormal dan satu atau dua wanita yang katanya bisa melihat makhluk gaib, menurut paranormal yang selalu setia menemani perjalanan Mister Tukul itu, disebutkan Gunung Kunci bukan hanya dihuni puluhan atau ratusan makhluk astral, melainkan ribuan, bahkan mereka bisa melihatnya disiang hari.

Sebutnya, makhluk astral itu berasal dari warga pribumi yang dulu dibantai, sampai para prajurit Belanda dan Jepang yang juga saling bunuh di tempat ini. Dan memang bukan rahasia lagi katanya di tempat ini memang sering terlihat berbagai penampakan. Tapi walaupun begitu nampaknya masyarakat sekitar menganggap bukit Gunung Kunci ini biasa saja, mereka tidak terlalu menganggap Gunung Kunci ini menyeramkan, walaupun tentunya tetap berhati-hati. Kunjungan ke tempat ini pun selalu ada walau tidak ramai, mulai dari yang sekedar istrirahat menghirup udara segar, diskusi pelajaran sekolah, bahkan sampai yang datang untuk pacaran pun juga ada.

Gunung Kunci namanya, sebuah benteng buatan Belanda yang terletak tidak jauh dari pusat kota Sumedang yang dikamuflasekan dalam sebuah bukit. Sebenarnya bukit ini bernama Gunung Panjunan, namun karena terdapat lambang kunci di gerbang masuk benteng inilah nama bukit ini kemudian sering disebut sebagai Gunung Kunci. Pada foto diatas pun bisa dilihat gambar kuncinya, berbentuk menyilang di pintu masuk gua. Kata "Gunung" pada Gunung Kunci ini bukan berarti gunung dalam artian gunung besar seperti Gunung Tampomas, mungkin itu hanya nama tempat saja karena tempat ini tidak setinggi gunung yang harus mendaki ketika mengunjunginya, melainkan hanya sebuah bukit kecil yang ada di tengah-tengah kota Sumedang.

Gunung Kunci sekarang dijadikan salah satu wana wisata yang ada di Sumedang, di tempat ini kita bisa berwisata alam juga sekaligus wisata sejarah. Jujur saja, ketika pertama kali admin mengunjungi tempat ini admin kagum dan tidak percaya, bagaimana mungkin sebuah bangunan bisa menahan beban begitu beratnya?! bisa dilihat di foto di atas, bangunan atau benteng ini seolah tidak bergeming ataupun runtuh meskipun diatasnya ditumpuk tanah dan ditumbuhi ratusan pohon pinus yang begitu besar.

Menurut beberapa sumber dikatakan bahwa benteng ini dibangun pada masa Perang Dunia I atau sekitar tahun 1914-1917 dan diresmikan pada tahun 1918 oleh Belanda. Disinilah cerdiknya Belanda, mereka membangun sebuah benteng ditengah pusat pemerintahan Sumedang, dimana benteng tersebut dibangun disebuah bukit yang otomatis relatif lebih tinggi dari tempat lain di sekelilingnya. Benteng ini dibuat melingkar dengan moncong meriam diarahkan ke pusat pemerintahan Sumedang dan ke tempat-tempat strategis lainnya, dengan demikian bisa dibayangkan jika terjadi sesuatu yang dapat membahayakan kedudukan mereka...tentunya dengan sekali dentuman meriam saja akan langsung memporakporandakan pemerintahan Sumedang, bagaimana tidak, jaraknya tidak sampai setengah km dari tempat meriam ini ke pusat pemerintahan Kabupaten Sumedang kala itu. Didalam benteng ini terdapat bunker-bunker dan lorong yang berfungsi sebagai tempat pertahanan dan tempat penyimpanan senjata Belanda kala itu, selain itu juga ada ruang-ruang tahanan dan sebuah sumur.

Sedikit bercerita, admin dulu sempat memberanikan diri untuk masuk kedalam gua Gunung Kunci ini dengan seorang teman yang tampaknya memang sudah berulang kali memasuki goa ini sehingga dia hapal rute lorong dan ruangan-ruangan di dalamnya. Suasana di dalam sangat gelap dan lembab, tapi walaupun gelap kami lebih memilih menyusuri lorong demi lorongnya tanpa bantuan pencahayaan seperti lampu senter dan lainnya, kami berpikit kalau gelap benar-benar gelap kan tidak akan terlihat apa-apa, lain halnya jika ada cahaya remang-remang mungkin penampakan akan lebih mudah tertangkap pandangan, entah itu penampakan yang benar-benar penampakan atau hanya sugesti dari pikiran kita saja, memakai lampu senter yang benar-benar terang sekalipun selalu menciptakan sudut gelap yang kadang jadi terlihat lebih seram dari keadaan gelap yang sebenarnya dan memancing pikiran kemana-mana. Sebelum masuk dia berpesan jangan kaget jika di dalam mencium bau amis darah.

Teman admin ini juga tampaknya sudah hapal keadaan di dalam goa, dia menunjukan bunker-bunker yang terlihat samar dikegelapan yang tadinya admin hanya tahu dari cerita-cerita saja, di dalam juga ada sebuah sumur yang sekarang sudah tidak terlihat seperti sumur lagi, entah diurug (ditimbun) tanah atau ditutup lubang sumurnya, konon disumur itulah mayat-mayat para tahanan yang sudah meninggal dimasukan dan dikumpulkan. Ketika berada di dalam goa ini memang suasananya sedikit berbeda, dan ternyata memang benar ada bau-bau yang admin sendiri kurang bisa mendeskripsikannya, entah itu bau dari daun yang membusuk, bau lembabnya dinding, bau kotoran kelelawar atau apa, yang diantara bercampurnya bau-bauan itu sepintas samar-samar memang tercium seperti bau amis darah.

Tapi mungkin itu hanya perasaan admin saja yang sebelumnya sudah mendengar pesan dari teman admin itu dan jadi tersugesti. dan kalaupun bau amis darah itu adalah memang benar-benar benar bau darah, admin rasa wajar karena dulu tempat ini memang menjadi tempat dibantainya warga pribumi, mungkin keadaan lembab dan tidak adanya sinar matahari yang masuk ke tempat inilah yang menjadikan bau amis ini bertahan meski sudah berpuluh tahun lamanya.

Benteng Peninggalan Belanda di Gunung Kunci
Ditempat ini pembantaian terjadi bukan saja pada pribumi, tapi pembantaian juga terjadi antara penjajah dengan penjajah lainnya yaitu antara Belanda dengan Jepang di masa awal kedatangannya, admin sendiri kurang mengetahui kebenaran dari cerita tersebut. Tapi hal itu mungkin ada benarnya karena di sini terdapat bangunan yang sebagiannya hancur, dimana hal tersebut katanya dilakukan oleh Belanda sendiri di masa-masa awal kedatangan Jepang, mereka menghancurkannya dengan alat peledak mungkin dengan tujuan agar benteng ini tidak dikuasai Jepang.

Dan lagi-lagi admin tertegun, ini bangunan sudah diledakan pun sebagian besar justru masih kokoh berdiri dan hanya sebagian kecil saja yang rusak seperti gambar diatas yang admin ambil agak menyamping, karena kalau admin ambil gambarnya dari arah depan...ah, sulit diungkap dengan kata-kata karena waktu itu hari sudah menjelang sore dan sepertinya rona-rona auranya sudah mulai berubah (katanya kalau berada di tempat ini diatas jam 5 sore bisa berbahaya)...dan...sob, apa sobat melihat sesuatu pada foto diatas? Sebenarnya banyak detil menarik yang ingin admin abadikan di Gunung Kunci ini walaupun hanya bermodal kamera HP, tapi sayang ketika berkunjung kesini hari sudah menjelang sore, jadi buru-buru pulang saja.

Mungkin sekian dulu cerita tentang Gunung Kunci ini, menyeramkan tidak sob ?? syukurlah kalau tidak karena admin memang tidak berbakat untuk itu, dalam cerita ini admin banyak menggunakan kata "mungkin" dan "katanya" karena admin sendiri tahu melalui cerita-cerita dari orang lain dan belum bisa membuktikan sepenuhnya atau mencari tahu kebenarannya tentang cerita-cerita mistis tersebut.

Yang terpenting, semua cerita mistis yang berkembang tentang penampakan-penampakan meskipun diamini banyak orang jangan sampai mempengaruhi keimanan kita, bahwasannya mereka yang telah meninggal sudah pasti tidak akan ada lagi di dunia ini, kita dan mereka sudah berbeda alam dan tidak akan mungkin bisa bertemu kembali, adapun jika memang ada sosok yang kemudian bisa muncul mirip dengan seseorang semasa hidupnya, hal tersebut bukan berarti rohnya masih ada di dunia melainkan itu adalah perbuatan jin yang menjelma menyerupai sosok manusia tersebut. Wallahu'alam

Di Gunung Kunci ini terdapat relief yang menceritakan kisah Pangeran Kornel menjabat tangan Daendels dengan tangan kiri seperti pernah admin ceritakan di postingan berjudul Pangeran Kornel VS H.W Daendels dulu, seperti ini penampakan reliefnya :
Relief Peristiwa Cadas Pangeran
Relief Peristiwa Cadas Pangeran di Gunung Kunci

Note : di domain terdahulu (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini dapat dijumpai dalam judul artikel "Gunung Kunci, Cerita Mistis di Sebuah Benteng" dengan link sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2013/09/gunung-kunci-cerita-mistis-di-sebuah.html

152 comments:

  1. ternyata Sumedang banyak tempat2 bersejarah ya?
    penasaran pengen kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak kapan2 main saja kesini :)

      Delete
    2. karena sumedang dulunya kerajaan

      Delete
    3. Wah wah ada mba Popi. Uhuiiiiiiiiiiiiiiiii segera ke TKP ah.

      Delete
    4. bentengnya masih tampak kokoh ya ? Buatan Belanda memang ok punya !

      Delete
    5. sekarang banyak dikunjungi wisatawan Kang?

      oh iya, motonya sama siapa? sendirian? ngeri ih

      Delete
    6. ga terlalu banyak juga sih mbak yang suka datang ke sini, dan biasanya seringnya yang suka ke tempat ini anak sekolah atau warga sumedang sendiri..

      Iya sendirian mbak, hehe

      Delete
    7. ga terlalu banyak dan sepi biasanya tempat faforit muda mudi untuk memadi hati hihihi..

      Delete
    8. Wah kalau ada MUDA MUDI pada pacaran enakknya diapain ya.
      Ditonton aja kali ya

      Delete
    9. dan tidak lupa diabadikan juga kang asep hehe

      Delete
    10. Datang lagi di artikel Kang Wewengkon, Gunung Kunci
      Tuh dimana yah Kang, tempat nya kaya serem. tapi angker
      Gak tuh Kang.? terima kasih atas artikelna Kang

      Delete
    11. Bagus Artikel nya serem tapi Penuh dengan Nilai Sejarah
      Kerajaan yang ada di Jawabart yang kita Cintai, hatur nuhun
      Telah mencatat kenangan sejarah yang dulu pernaha ada di tanah air

      Delete
    12. Gunung kunci ada disekitaran kota sumedang kang :)
      tempatnya lumayan angker apalagi menjelang malam hehe...

      terima kasih telah berkunjung kang

      Delete
    13. Saya hanya kenal tahu Sumedang... oh ternyata ada yang lebih hebat lagi dengan sejarahnya...

      Salam dari Pulau Dollar

      Delete
  2. Replies
    1. Ternyata sudah diledakan juga tetap berdiri kokoh ya kang... kalau masuk ke situ bayar ndak ya kang

      Delete
    2. Iya mang lumayan serem...selepas ashar pun sudah mulai serem hehe.
      Bayar karcis masuk n parkir aja mang ga mahal ko

      Delete
    3. sya pengen meluk mang yono soalnya saya takut gelap mang

      Delete
    4. Lokasi ini cocok nda ya untuk UJI NyAli kaya di salah satu tv swasta tuu

      Delete
    5. Mas Agus : Silahkan main peluk2an

      Kang Asep : Cocok sekaliiiii hehe

      Delete
    6. kesannya, begitu memasuki area itu, udara dingin langsung menusuk kulit ya...syerem

      Delete
    7. mungkin itu karena di dalam memang agak lembab juga mbak

      Delete
    8. ngeri kalo bawa anak kecil , takut kesambet

      Delete
    9. ga apa2 mas asal jangan ditinggal aja anaknya :)

      Delete
  3. Kayaknya serem ni, tapi seru juga kalau dikunjungi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas dicoba saja datang ke tempat ini :)

      Delete
  4. tempatnya serem bangets, ternyata masih berbau mistis ya, apa kurang banyaknya pengujung jd menjadikan tempat ini masih kelihatan angker.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak di tempat ini katanya memang masih serem :)
      kalau soal itu WS juga kurang tau mbak hehe...
      tapi menurut WS angkernya tempat ini terbatas di dalam gua nya saja atau suasana menjelang sore...kalau masih siang justru disini kita bisa menghirup udara segar di tengah kota

      Delete
    2. bau amisnya kok masih tersisa ya mas, padahal sudah berpuluh tahun

      Delete
    3. iya mas agus...tapi mungkin juga bau amis itu cuma perasaan WS saja

      Delete
    4. Bau amis yang ada di timbulkan karena kelembaban ruangan yang tertutup dan jarang di bersihkan, sama hal nya ruang bawah tanah diLawang Sewu Semarang, Museum Sejarah Jakarta yang pernah saya kunjungi, kalau sudah ramai biasanya tempat ini akan hilang aroma-aroma mistis dan bau amisnya.

      Salam wisata

      Delete
    5. iya ya mas...mungkin karena lembab juga jadi banyak bau2an seperti itu...

      salam wisata :))

      Delete
  5. Waduh, saya mending ke gunung drpada masuk ke goa-goa, mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya mas...mendingan hiking-hiking ya :D
      kalau masuk-masuk gua mah agak bahaya juga takutnya ada binatang berbisa, mana gelap juga

      Delete
    2. kalau saya seeneng ke goa setelah naik gunung

      Delete
    3. kalu WS sukanya naik gunung setelah masuk goa

      Delete
    4. halah Pak Pri, ngaku aja takut...hehehehe

      Delete
    5. eheh ngumpet ahhhh Ws ga ngikut2 ya mas pri hehe

      Delete
  6. kalau yang namanya masuk gua yang gelap. saya paling takut mas.. bukan karena mahluk halus atau setan.. tapi takut sama ular atau klebang.. hmm serem deh pokoknya mas.. mending foto foto di muka gua aja dari pada di suruh masuk heheheheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu mas...takutnya ada binatang berbisa...
      iya mas mending narsis2an ya hehe

      Delete
  7. Boleh juga tuh liburan kesana, he he...nice shared!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya, lam kenal aja ya, Sob...

      Delete
    2. iya kang kapan2 main saja kesini hehe
      salam kenal juga kang...terima kasih sudah mampir :)

      Delete
  8. kl;u di lihat hampir sama kya Benteng Pendem Cilacap sob. trmksih banyak sob infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh bgitu ya mas ?? kalau WS belum tau itu Benteng Pendem Cilacap, mudah2an kapan2 bisa kesana...sama2 mas :)

      Delete
  9. Wah cocok nih...kayaknya buat di ajuin ke acara mister tukul jalan2...mas...hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas mister tukul jalan2 memang pernah syuting di tempat ini =D

      Delete
    2. ketangkap nih belum baca, hehehe

      Delete
    3. Keserimpet bacanya...kemarin mas..hehe :)

      Delete
  10. Saya baru dengar ada gunung kunci beserta benteng belanda. Benar2 menyenangkan rasanya jika bisa berkunjung ke sumedang...
    makasih infonya mas,,, happy blogging...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mbakkk saya Juga Baru Dengarr hihii :D

      Delete
    2. Mbak Indri : Sama2 mbak terima kasih kembali...happy blogging too :)

      Mas ZGASC : Baru baca juga mungkin ya hehehe

      Delete
  11. kapan ya mas,kira-kira saya bisa main ke jawa

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah2an nanti suatu waktu bisa main ke pulau jawa ya mas...dan kalau ke pulau jawa jangan lupa mampir ke sumedang ya =D

      Delete
  12. tempat yg cocok tuk tmpt tinggal jin, terutama jin kafir klo pun jin muslim paling2 jin muslim yg tdk taat.. *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. pokoknya sebangsa jin2an ya mas *smile

      Delete
    2. baikx dipasang lampu aja klo malam agar suasanax gk trlalu serem... *smile

      Delete
    3. tapi kalau dipasang lampu kayanya makin serem mas remang2 gitu trlhat dari jalanan

      Delete
  13. belum lama saya lewati pintu masuk lorong itu...adem dan emang bulu kudukku sempet menyeringai, itu tandanya ada yang ngikutin saya dibelakang...malahan sempet poto gaya narsis didepan gambar no. 1 itu....hasilnya poto itu tetep keren deh....;o)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya iya atuh akang cilembu mah mana bisa ga keren ya ga...pasti always keren heheh

      Delete
  14. Tempatnyaa Serem Juga yah gan hehe
    Oh iya diBenteng Itu Ruangannya Luas kagak gan??? Saya Jadii Penasaran Pengen Maen Kesonoh :D
    Dan Ternyata Daerah Sumedang Banyak Tempat" Bersejarah yahh gan baru tahu saya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bunker2 di dalamnya sempit banget sob...yah gimana aja deh ruangan penjara bikin ga betah heheh, lorong2nya juga sempit...
      iyakah ?? heheh

      Delete
  15. yang namanya benteng belanda pasti serem2 ya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebanyakan mungkin memang sepeerti itu sob..

      Delete
  16. wah tempat nya serem banget mas. pasti benteng tersebut jarang di rawat ea :)
    pasti banyak makhluk halus nya disitu hehehe :)

    kalau bercerita mistis-mistis saya jadi ingat blog nya Mbak Leonyli. Isinya mistis semua hehehe jadi horor dech ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya ya, mirip sama blognya mbak leony kalau horor trus critanya
      tapi ini mah cerita horornya cuma selingan aja kok ga akan sering2 :D

      Delete
    2. Bagus dech kalau begitu. Soalnya takut juga kalau baca artikel yang horor-horor, soalnya jadi nggak bisa tidur hehe :D

      Delete
    3. iya mbak takut kebawa mimpi hehehe

      Delete
  17. kualiatas bangunan yang kuat kokoh tak tertandingi seperti semen indonesia yang pabriknya ada di tuban, hehehehehehe
    beda dengan bangunan jaman sekarang mas, baru bangun du hari sudah retak, satu bulan ambrol, hehehehehe
    besok lagi cerita yang angker-angker lagi mas, seru

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas cari cerita horor apa lagi yaaaa yang ada disumedang hehehe, nanti tak cari2 ide dulu mas :D

      nah ntu mas yang bikin kagum, bangunan buatan belanda kok bisa kuat2 begitu ya..

      Delete
  18. ini lomba blog review ato dokumentasi pribadi sih? detail banget hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. eheh berarti uda pantes dong ya mbak kalu WS ikut lomba :D
      dokumentasi pribadi mbak

      Delete
  19. ada yang jualan menyan gak mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga ada mas, kalau yang jualan tahu banyak heheh

      Delete
  20. ceritanya serem, wajar jika jadi angker karena dulunya menjadi pembantaian masal. Tapi kok aku tak melihat apa-apa pada gambar pertama ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas memang katanya seperti itu...
      memang ga ada apa2 kok dikedua gambar itu mas hehe,

      Delete
  21. saya lebih tertarik dengan bangunannya daripada segi kemistisannya. selalu acung jempol setiap melihat bangunan peninggalan kolonial belanda sampai sekarang masih bagus-bagus.

    heran, padahal bahan bangunan juga dari bumi indonesia, buruh bangunannya juga orang kita, tapi kok kualitasnya bisa jos gandos kayak gitu ya, sedang gedung-gedung baru saja banyak yang ambruk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu mbak, saluuuut ya...padahal udah diledakkan pun masih tetap kokoh berdiri...

      tapi gak heran juga sih, wong mereka mampu bangun negara yang berada lebih rendah dari permukaan laut kan...pasti tembok penahannya kuat banget tuu

      Delete
  22. Ternyata di Sumedang juga ada tempat2 yang dianggap mistis ya kang, gunung kunci salah satu tempat wisata yg bersejarah kang, nais inpoh kang wilujeung ngeblog

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang lumayan banyak tempat yang serem hehe
      wilujeng ngeblog juga kang...

      Delete
  23. Wah, jadi pengen wisata malam kesana...#jiganuwani...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe hayuu kang kalau berani mah...tapi WS tunggu diluar ya :D

      Delete
  24. Serem juga yah masuk lubang gua kaya gitu tapi bagus juga sih, peninggalan bersejarah yang perlu juga dilestarikan agar menjadi tempat pariwisata di daerah Sumedang yang mas WS :)

    ReplyDelete
  25. saya tertarik sejarahnya kang, sumedang cukup banyak peninggalan baik sejarah kerajaan maupun kolonial. Kalo saya maen ke sumedang smoga bisa kopdar kang..hehe, kemaren tgl 14 baru ke tampomas.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang kalau ke sumedang lagi calling2 aja kang kita kopdar hehe...
      wah ada acara apa kang ke tampomas ?? naiknya lewat jalur mana ? kalau lewat mandalaherang cimalaka lumayan dekat juga dengan rumah saya kang

      Delete
  26. sepertinya tempat2 bersejarah di indonesia selalu ada aroma mistisnya, entah benar atau tidak, tapi itulah salah satu daya tariknya....kapan2 aku juga mau ke gunung kunci....salam :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya ya mas...dimanapun hampir semua seperti itu apalagi kalau tempat bersejarahnya dibumbui cerita2 pembantaian dan lain-lain. Iya mas mangga, salam..

      Delete
  27. mampir lg mas ehh... kang *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. hee terima kasih mas sudah mampir lagi :)

      Delete
  28. Saya belum pernah kesana, Kang... ehehe...
    *malu-maluin yahh orang Sumedangnya sendiri belum pernah kesana, hihihi*

    ReplyDelete
    Replies
    1. ehehe sama teh WS juga seringnya mah cuma lewat aja, jarang kepikiran buat mampir kesini

      Delete
    2. oh, hehe... sama ternyata, lihat nya aja serasa horor banget soalnya, hehe >_<

      Delete
    3. tah itu teh...jadi asa gimana gitu kalau sendirian mah hehe :))

      Delete
    4. Kapan saya teh bisa Lihat Kota Sumedang yah Kang WS..?
      Tar kapan2 saya singgah di Kota Sumedang tar yang saya
      Cari Akang WS akh tt3tt3tt3tt3tt3t3

      Delete
    5. iya kang siap...sok lah diantos hehehe

      Delete
  29. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hee iya mas baru kemarin. salam kenal juga ya mas

      Delete
  30. Bangunan-bangunan tua peninggalan Belanda kok kebanyakan seram-seram gitu, ya... Hiiii....

    Berani banget Mas masuk ke benteng itu. Kalau saya mungkin nggak berani. Tapi kalau rame-rame sih boleh juga dicoba, hehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. heee iya sob mending rame2, sekalian piknik juga disini ya hehehe

      Delete
  31. Dimana mana yang dulu menjadi tempat pembantaian jaman belanda selalu diwarnai cerita mistis ya Shob.

    ReplyDelete
  32. Namanya juga benteng, om
    Selalu cari lokasi strategis biar bisa menghajar musuh sebelum sempat mendekat.

    Soal angker sih dimana-mana. Bisa jadi memang sengaja dibikin begitu sebagai strategi biar orang yang tidak berkepentingan takut mendekat. Jadinya enak tuh tentaranya, ga perlu cape ngusir orang sudah ogah nyamperin

    Udah gitu trus ditinggalin lama. Tambah serem suasananya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kang rawin nampaknya sudah ahli sekali dalam hal perbentengan hehe...
      iya mas, setuju sekali :-#

      Delete
    2. Kan rumahnya di jokteng, om
      Pojok beteng :D

      Delete
    3. Nah Kan, akhirnya akhli dari bangunan benteng pun berbicara. He,, he,, he,,,,

      Delete
  33. Izin nyimak lagi nih Artikel nya, yang menarik dan bisa di jadikan Education
    Ternyata Kota Sumedang, banyak sekali menyimpan Sejarah, Nilai seni budaya
    Dan cerita mistis, dan mitos budaya kala jaman kerajaan dan lainya
    Salam sukses terus berkaya yah Kang,..

    ReplyDelete
  34. Ini benteng buatan Belanda tapi kalau lihat bangunannya seperti khasnya benteng-benteng buatan Jepang ya kang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kang buatan belanda, mungkin iya juga kang...tapi kalau buatan jepang WS belum liat hehe, mungkin seperti di takeshi castle itu ya :))

      Delete
  35. sepintas mengingatkan saya pada Dago Pakar...

    walopun terkesan "seram" tapi saya sih tetep pengen kesana, itu kan peninggalan sejarah.. tapi tetepp, kesananya siang-siang, kalo malem mah ga berani, hihihi :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya atuh teh siang2 kesananya...kalau malam takut ada yang ngikutin ntar :p

      Delete
  36. Amat menarik cerita ini. Saya seolah dibawa oleh waktu untuk menjelajahi situs peninggalan Belanda di Gunung Kunci ini. Saya amat kagum dengan kekokohan dan kekuatan bangunan yang dibuat dimasa penjajahan Belanda dulu. Banyak bangunan jaman Belanda yang tetap kokoh sampai saat ini dan tersebar di tanah air. Tentu butuh perawatan yang baik dan rutin serta dijaga kelestariannya agar tidak mudah rusak, roboh, hancur, atau lenyap. Cerita-cerita mistis seperti ini banyak mewarnai bangunan lama, bersejarah, tempat pembantaian, atau tempat terjadinya peristiwa 'besar'. 'Bekas-bekas' terjadinya peristiwa tampaknya masih 'terekam' dengan baik disitu. Terima kasih sharingnya. Situs yang menarik. Salam cemerlang!

    ReplyDelete
  37. itu kalo dari pemukiman warga jauh gak kang tempatnya.. kok kayaknya di tengah hutan gitu, dari segi bangunannya udah kaliatan serem kang hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dari pemukiman warga dekat mas...tapi tempat ini kebetulan berada di wilayah kebun pinus jadi seperti di hutan :)

      Delete
  38. Obyek ini sangat bagus baget, dan sayangnya kurang di promosikan ya Kang. Jadi yang dateng hanya para wisatawan yang penasaran dengan aura mistisnya. He,, he,, he,,,,,


    Salam wisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe mungkin begitu sob...

      salam wisata :))

      Delete
  39. eh, ternyata ini ya yang tayang di mister tukul jalan-jalan. dikirain yang inten tadi mas. hehehe, salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak,, gunung kunci ini yg pernah tampil di acara tersebut hehe, salam kenal juga mbak

      Delete
  40. sedari dulu saya tertarik dengan kota ini.. makanya tiap teman saya pulang ke rumahnya di Sumedang.. saya pasti pinginnya ikut..
    sampai-sampai saya memutuskan untuk KKN di Sumedang. dan tempat yang berhasil saya kunjungi ya gunung kunci ini... dari bawah saja sejuknya sudah terasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagaimana pesan dan kesannya mbak setelah berkunjung ke gunung kunci ini ?? :)

      terima kasih mbak atas apresiasinya kepada kota sumedang ini

      Delete
  41. Mohon ijin Follow Blog Akang Wewengkon yah Kang..?
    Demi supaya tali silaturahmi antar blogging berjalan lancar
    Maka saya Follow Blog Akang, semoga Akang gak keberatan
    Dan Foll Back terima kasih Kang Wewengkon

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang terima kasih telah follow blog ini...

      blog akang sudah WS follow juga, semoga dengan ini silaturahmi kita tetap terjaga

      Delete
  42. :>) kunjungan balik gan, . he he . . blog udah saya follow , follow back ya gan. . :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. thx sob sudah follow blog ini, sudah saya follow balik sob :)

      Delete
  43. jadi pengen melihat gunung aslinya dech,,,,,, tertarik dengan tempat wisatanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kapan2 bisa dicoba berkunjung kesini sob :)

      Delete
  44. bagus sekali ulasan ceritanya

    ReplyDelete
  45. 31-01-2014, barusan nton uji nyali di tv swasta, lokasinya d goa gunung kunci.sy lgs googling. Horror banget ya,smpe "suara2"mahluk astralnya kedengeran jelas bgt.kata peserta, banyak cipratan darah di tembok,dan tempat penyiksaan wanita.goosebumps deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas di gunung kunci ini memang menyeramkan dan sudah beberapa kali jadi lokasi uji nyali di Sumedang...wah tadi malam ada uji nyali lagi ya ditempat ini ?? saya gak nonton mas =))

      Delete
  46. Habis liat uji nyali jadi penasaran pengen ke gunung kunci nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kapan dicoba saja sob berkunjung ke gunung kunci ini :)

      Delete
  47. Sepertinya seru berkunjung kesana :)

    ReplyDelete
  48. serem gan kalau ngomongin yang mistis-mistis ane jadi takut :)

    ReplyDelete
  49. Hah ampun DJ lah saya mah..
    Sarieun euy

    ReplyDelete
  50. Wuih ngeri tapi asyik disimak neh... Salam blogwalking dari Pulau Dollar

    ReplyDelete
  51. Saya sudah kesana, rekomendasi objek wisata di Sumedang nih.
    Seru, tapi beneran sih auranya nyeremin banget.
    Gak ada yang mandu juga atau nawarin senter hehe..
    Waktu itu kesana emang sepi pengunjungnya, anak sekolah banyaknya.
    Kebersihan harus ditingkatkan lagi dan bangunan-bangunan banyak yang gak berfungsi.

    ReplyDelete