Elang Hitam

Baca Juga

Elang Hitam
Elang Hitam
Ketika memandangnya sepintas, terlihat gagah sekali burung ini, sorot matanya sangar dan tajam. Karena kegagahannya inilah mungkin sebagian orang senang memeliharanya, burung elang ini merupakan jenis elang hitam.

Elang Hitam, merupakan elang yang banyak hidup di area pegunungan dan hutan seperti di Gunung Tampomas, tubuhnya berukuran besar dengan rentang sayap yang lebar, admin lihat burung diatas dari paruh hingga ekor mungkin panjangnya sekitar 70 cm-an, dengan sayap dan ekor yang panjang burung ini nampaknya akan tampak besar dan gagah ketika terbang di angkasa. Sluruh bulunya berwarna hitam kemerahan dengan sedikit bercak putih dibagian perutnya serta berwarna kuning pada kaki dan pangkal paruhnya, warna kuning pada kaki dan pangkal paruhnya ini merupakan ciri khasnya.

Tidak seperti Elang Bondol yang habitatnya mulai berkurang drastis dan diambang kepunahan, elang hitam ini populasinya masih cukup banyak, tapi meskipun demikian elang hitam ini juga dilindungi oleh Undang-undang Republik Indonesia sama halnya seperti elang bondol. Jadi, bagi mereka yang hobi memelihara burung elang dari jenis apapun harus siap berhadapan dengan undang-undang.  Tapi kenapa masih ada saja yang memeliharanya? yang menjual pun banyak  yang menjualnya secara terang-terangan tanpa rasa takut. Sedang di pelosok-pelosok daerah, kebanyakan mereka yang memelihara burung elang adalah hasil tangkapan mereka sendiri.

Karena habitat hidupnya di pegunungan, beberapa daerah di Sumedang tentunya menjadi tempat yang nyaman dan cocok bagi kehidupan elang ini, oleh sebab itu tidak heran kalau lumayan banyak yang memelihara elang hitam ini disini, salah satunya adalah elang hitam di atas yang gambarnya sempat saya abadikan. Menurut pemiliknya, elang ini kabur beberapa hari setelah foto atau gambar ini diambil, pastinya elang ini juga ingin terbang bebas dan menjalani dunianya sendiri, bukan begitu?

Note : di domain terdahulu (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini dapat dijumpai dalam judul artikel "Elang Hitam" dengan link sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2013/10/elang-hitam.html"

82 comments:

  1. Pertamax Semakin Mahal, Bensin malahan Langka
    Berkunjung lagi di blog Akang Wewengkon yang Kasep ini
    Saya baru denger Elang hitam aya nya Kang,,..? (b)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe terima kasih mas, sudah dibungkus pertamaxnya.

      ya aya atuh kang elang hitam kan yang hideung tea :))

      Delete
  2. pastinya sulit untuk mendapatkan elang hitam maupun bondol dengan cara ditangkap :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang kalau pake tangan mah ditangkapnya pasti susah, paur macok juga ;(

      Delete
  3. elang hitam
    si pemakan ayam jago saya
    sedih>>>>>>

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh ?? maaf mas telah membangkitkan memori kenangan dengan ayamnya :))

      Delete
  4. Pasti elang nya...sekarang lagi seneng2 ya mas balik lagi ke alamnya... :)

    Dan kalo dia tau dan baca posting ini
    Pasti dia akan bertrima ksh sama mas WS...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe mudah2an elangnya bisa ngeblog ato OL internetan ya mas budi, biar bisa baca tulisan ini :d

      tapi kan gmungkin banget =))

      Delete
  5. Semoga Elang Hitam ini bisa tetap dilihat oleh masa depan yang akan datang dan tetap lestari :)

    ReplyDelete
  6. Rupanya mas WS pecinta alam flora dan fauna ya mas,,, sama dunk seperti saya, hehehe :)
    Di daerah saya dulu banyak sekali elang seperti itu mas, tapi sayangnya skrg sdh gak ada lagi sejak hutan2 banyak yg digunduli oleh para penjarah kayu jati,,,
    Hmmm... sayang sekali ^_^
    :>)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau suka mungkin iya mbak tapi ga cinta2 banget hehee...

      hampir sama mbak dengan di daerah Sumedang ini, cuma di daerah yang agak mojok ke hutan saja yang masih banyak burung elang ini :)

      Delete
  7. saya malah belum pernah lihat burung elang ya mas, sering nya lihat burung emprit di sawah-sawah hehe :D Kayaknya bagus tuh burung elang nya dan kalau dijual, harganya bisa mahal kali ya hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak Rin cepat banget larinya,,, tadi saya ketemu di blognya kang ucup, sekarang ketemu lagi disini, hehehe cheer

      Delete
    2. makanya mba' indri terbang donk biar cepet kesusul mba' ririnnya :)

      Delete
    3. @ mbak ririn : kalau dijual lumayan mahal mbak, tapi kan kasian =))
      mending jual burung emprit aja hehe

      @ mbak indri : kan kecepatan jaringan internetnya mbak ririn wuuush wuush mbak :)

      @ mas marnes : mesti belajar dulu terbangnya ke elang hitam ini :))

      Delete
    4. saya mau terbang nyusul mbak Ririn tapi gak punya sayap mas Marnes, berarti mbak Ririn punya sayap seperti bidadari ya, hehehe :-)

      Internetnya mbak Eka larinya super cepat seperti cheetah ya mas WS,,, pantesan saya gak bisa ngejar krn internet saya jalannya nggremet seperti bekicot, hihihi (p)

      Delete
    5. sama seperti disini mbak...kadang lemoooot banget, kdaang komen juga sampai ga masuk2, kesel banget ya kalau jaringan lagi lemot tu =))

      Delete
    6. Iya juga ya mas kasihan juga kalau dijual, Mending dipelhara saja, Siapa tahu bisa ngusir tikus di rumah hehe :D

      Makanya mbak indri pakai smarpret, biar koneksi internet nya bisa ngebut hehehe :D

      Delete
    7. tapi kalau pelihara katanya ngasih makannya ribet mbak karena elang katanya makannya rewel :d

      Delete
    8. Kalau suka rewel, di slentik aja mas biar diem hehe :D

      Delete
    9. jangan ah nanti nagis n lapor ortunya :))

      Delete
  8. Wah saya malah belum pernah melihat langsung kang wujud dari elang hitam ini...
    Lho itu elangnya kabur ya kang, mungkin nyari yang abis motret kali hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin nyari mau mlampiaskan unek2 ya kang hehehe...

      kalau yang berpose berdiam diri begini mah WS juga baru liat yang ini kang, tapi kalau liat yang terbang mengangkasa lumayan sering

      Delete
  9. Banyak yang memelihara? Malah baru tau kalau di Sumedang banyak Elang Hitam.

    Saya folback blognya ya Kang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau banyak banget ya ngga juga mbak...cuma ya ada lah lumayan banyak, karena WS lumayan sering juga elang yang dipelihara disini.

      terima kasih mbak :)

      Delete
  10. elang hitaam, tidak tau persis bentuk elang yang sebenarnya cuma tau dari gambar aja, hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti termasuk dari postingan ini ya kang hehe :)

      Delete
  11. Sudah jarang lihat burung seperti ini nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, tapi kalau melihatnya sedang terbang keren sekali ya

      Delete
  12. Burung elang sekarang dah langka mas patut dijaga kelestariannya jangan ampe punah....
    terimakasih kang dah follow blog uing, follback sukses ya kang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, harus dijaga dan dilindungi juga...

      terima kasih mas marnes :)

      Delete
  13. Elang hitam di daerah tempat tinggal saya sudah jarang di temui gan, di jaman waktu aku kecil elang ini sering memangsa ayam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob, sama disini juga elang tu suka nyamber anak ayam...
      memang sudah jarang sob

      Delete
  14. Saya jarang sekali melihat elang hitam seperti ini, kalau pun lihat paling waktu melakukan perjalanan di alam, kadang-kadang mereka sedang terbang dan siap mencari mangsa.

    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, pasti terlihat gagah sekali ya mas kalau lihat elang ini sedang terbang...keren deh pokonya.

      salam, :)

      Delete
  15. saya masih sering liat burung elang dan hewan yang seharusnya dilindungi malah dijual bebas di sini, padahal itu tempat umum, pinggir jalan, tau sendiri kan gimana jalanan jakarta, tapi petugas yang berwenang malah biasa aja 8-) 8-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu ya mas pertanyaan n kritik dari kita, kok dibiarkan saja sama yang berwenang ya ?? padahal mereka sudah jelas2 tahu...aneh kan...?

      Delete
  16. hewan dilindungi tapi kok bisa diperjual-belikan dengan bebas ya ? pengawasannya harus lebih ketat nih. biar elang hitam tidak terancam kepunahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju sekali mas, apalagi yang elang bondol seperti di postingan WS dulu...itu mah benar2 dilindungi banget

      Delete
  17. Di kota susah buat ngeliat ginian... cuma gambarnya aja, mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas kalau dikota apalagi di kota2 besar pasti susah melihat elang ini

      Delete
  18. [-( apa sama dengan burung gagak atau alap-alap nih di tempat saya disebutnya yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dengan gagak ya beda mas :)
      tapi kalau alap2 WS belum pernah lihat juga yang gimana bentuknya

      Delete
  19. elang merupakan burung yang paling jantan penampakannya ya mas, sayang keberadaannya diambang kepunahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas untuk beberapa spesies tertentu memang diambang kepunahan, seperti elang bondol yang pernah WS ceritakan dulu

      Delete
  20. ini termasuk burung langka mas. lebih baik di biarkan hidup dialam liar, tapi kadang penggemar burung merasa gatal untuk memeliharanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya mas, padahal kalau dibiarkan liar tentunya pasti mereka akan merasa lebih bahagia, daripada dikurung dan dipelihara

      Delete
  21. perburuan liar pada hewan eksotik macam elang ini,cepat atau lambat akan membuat kepunahan terjadi,semoga saja ada kesadaran bnyk pihak untuk menjaganya tetap lestari

    ReplyDelete
  22. semoga pemerintah tanggap akan pelestarian fauna yang terancam punah ini

    ReplyDelete
  23. Didaerah sayah mah udah jarang kang....
    Kayaknya udah mau punah.. !

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang sayang banget ya sekarang sudah mulai jarang

      Delete
    2. Kasihan nanti anak cucu kita nanti kalo same punah..

      Delete
  24. kunjungan perdana mas :) salam kenal ya...
    bakalan sering2 mampir ksini saya, hehe

    mampir ya ke blogq :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mas telah berkunjung kesini :)

      siap mas, nanti saya pasti berkunjung...mari kita saling rajin berkunjung hehe

      Delete
  25. saya juga suka kang sama elang, kebetulan sodara saya juga ada yang pelihara elang jawa.. tapi yang saya tidak suka itu peliharanya repot.. tiap hari cari bancet buat kasih makan elang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya mas...katanya elang memang makannya rewel :))

      Delete
  26. Pengalaman yang mengesankan bisa berjumpa langsung dengan binatang langka dan dilindungi ini :o. Perlu sosialisasi dan pengawasan yang ketat agar Elang Hitam ini tidak cepat punah (h) . Memang ada 'kepuasan dan kebanggaan' tersendiri bisa memelihara binatang langka dan gagah ini (f) . Akan lebih menakjubkan bila berhasil mengembangbiakkan Elang Hitam ini. (cheer)

    Salam cemerlang! :>)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya mas...kalau bisa menangkarkan dan mengembangbiakan pasti mantap tu (k) kan jadi membantu peningkatan populasinya juga ya...

      Delete
  27. wah, saya belum pernah mas ngliat elang.. Ada elang hitam yah mas.. Memang elang ada berapa warna mas,,?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau jenisnya mungkin banyak mas, WS juga kurang hapal hehe :))

      Delete
  28. Waktu kecil di lembur urang teh baheula manuk ini banyak. Maklum harita masih leuweng keneh hehe...
    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang, kalau jaman dulu mah banyak sayang sekarang makin jarang ya...salam :)

      Delete
  29. itu burung elang hitam liar apa peliharaan mas yg di gambar itu? kok sepertinya jinak begitu ya? salam kenal mas saya blogger baru masih belajar :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. tepatnya peliharaan yang masih liar mas :)

      salam kenal kembali mas...sama mas saya juga masih baru dan masih belajar

      Delete
  30. saya sudah sangat lama tidak melihat elang yang terbang di siang hari memutar-mutar dengan kewaspadaan tinggi. Bisa jadi, anak-anak saya nanti hanya melihat tayangan videonya saja ato melihat di kebun binatang. Padahal, keberadaan elang sangat penting untuk keseimbangan ekosistem. Jangan heran jika ada serangan tikus yang luar biasa karena ular dan elang diburu

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu sudah hampir dapat dipastikan ya mas karena berkurangnya suatu hewan dalam ekosistem akan mempengaruhi ekosistem itu sendiri...seperti berkurangnya elang karena perburuan ini akan menyebabkan hama tikus bisa semakin merajalela, semua pasti ada akibatnya. Semoga kita diberi kesadaran untuk ikut menjaga keseimbangan ekosistem ini dengan ya mas...

      Delete
  31. iya nih burung sampek di sinetron indosiar jadi tunggangannya.. hihihi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe namanya juga film ya sob, terlalu berlebihan :-)

      Delete
  32. Elang hitam yg gagah, aset buat cucu-cucu kita kelak.. harus dilestarikan dan tidak boleh diburu secara liar ^^

    ReplyDelete
  33. wah bener mas.. meskipun masih banyak populasinya, tapi harus tetap di lindungi.. kalau nggak di lindungi ntr ujung-ujungnya juga di ambang kepunahan.. hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu mungkin ya mas, meskipun masih banyak tapi tetap tidak boleh dieksploitasi berlebihan :)

      Delete
  34. waktu saya kecil masih sering liat elang terbang bebas
    itu kira2 jaman SD lah, klo jaman SMP (tahun 2000an) mah rasanya udah gak pernah
    pada ditangkepin mulu sih kali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas sepertinya makin kesini elang itu makin berkurang karena banyak ditangkap dan diperjualbelikan...sayang ya

      Delete
  35. elang hitam ini harganya mahal gak gan? dan apakah termasuk hewan yang dilindungi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau harganya saya tidak tahu mas...untuk beberapa jenis ada yang dilindungi

      Delete