Menara Loji, Riwayatmu Kini

Baca Juga

Menara Loji
Menara Loji
Kesan pertama ketika melihat menara ini...sulit diungkapkan dengan kata-kata, bagi admin pribadi menara ini terlihat keren, bergaya neo-gothic menciptakan kesan yang sulit diungkapkan dengan kata-kata. Nama menara ini adalah Menara Loji, jika dulu admin share tentang objek atau bangunan bersejarah di Kecamatan Jatinangor yaitu Jembatan Cincin, maka sekarang admin akan coba share atau tulis kembali mengenai landmark yang sekaligus menjadi objek bersejarah lainnya di Kecamatan Jatinangor yaitu Menara Loji ini. Menara Loji berada di lingkungan kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) Jatinangor yang menempati lahan eks kampus Universitas Winaya Mukti (UNWIM).

Di Sumedang tempo dulu, Jatinangor merupakan daerah perkebunan, tepatnya perkebunan karet, pemilik perkebunan karet di Jatinangor adalah W.A Baud seorang berkebangsaan Jerman. Menurut berbagai sumber yang ada, salah satunya dari Wikipedia, Menara Loji ini dibangun pada sekitar tahun 1800-an yang berfungsi sebagai penanda dan berbunyi pada waktu-waktu tertentu setiap harinya, yaitu pada pukul 05.00 sebagai penanda untuk mulai menyadap karet, pukul 10.00 sebagai penanda untuk mengumpulkan mangkok-mangkok getah karet, dan terakhir berbunyi pada jam 14.00 sebagai penanda berakhirnya kegiatan produksi karet.

Pada sekitar tahun 1980-an lonceng Menara Loji dicuri dan hingga kini kasusnya tidak jelas, baik mengenai pencurinya, motifnya dan lain-lain. Kbarnya Pemkab Sumedang sendiri sebagai pihak yang berkewajiban untuk menjaga cagar budaya yang ada di Sumedang tidak tahu menahu tentang kelanjutan kasus pencurian itu.

Seperti halnya Jembatan Cincin, jika dilihat dari dari sisi sejarah, tentunya keberadaan Menara Loji ini sangat penting sebagai warisan sejarah bangsa Indonesia pada umumnya dan Kabupaten Sumedang pada khususnya. Tentu pemerintah setempat wajib melindungi serta melestarikan peninggalan sejarah tersebut sebagai jati diri dan identitas Kabupaten Sumedang sendiri, namun, apa mau dikata, keadaan Menara Loji sekarang tidak jauh berbeda dengan seperti yang terlihat di foto ini.

Menara Loji
Menara Loji di Jatinangor
Menara Loji yang megah tampak kurang terawat, toh loncengnya dicuri pun kabarnya dari beberapa sumber Pemerintah tampak tidak mau tahu, perawatan terakhir menara ini hanya berupa pengecatan ulang yang dilakukan oleh UNWIM pada tahun 2000-an. Andai Menara Loji ini dirawat dan dipelihara layaknya sebuah warisan yang berharga, pastinya terlihat semakin gagah.

Sekali lagi, seperti halnya Jembatan Cincin, mudah-mudahan kedepannya Pemerintah setempat bisa lebih memperhatikan warisan-warisan sejarah seperti Menara Loji ini di Kabupaten Sumedang, agar generasi mendatang tetap bisa mengagumi keindahan dan kemegahannya, serta antusias untuk mempelajari sejarahnya.

Note : di domain terdahulu (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini dapat dijumpai dalam judul artikel "Menara Loji, Riwayatmu Kini" dengan link sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2013/03/menara-loji.html"

67 comments:

  1. Replies
    1. keliatan klasik gitu yah mas :) bagus banget :)

      Delete
    2. wah kayak mau dicuri aja mas kok diamankan hehe...
      terima kasih mas, tapi kalau dari dekat keliatan serem lho menara ini mas

      Delete
    3. ngumpet dulu aja..hehee

      Delete
    4. wah ko main petak umpet yang punya rumah ga diajak mbak hehehe

      Delete
    5. yang punya rumah kayaknya udah ngumpet duluan to...hehheee

      Delete
    6. wewengkon sumedang @ wah masak serem sob ? pdahal bagus tuh kalo buat liburan :D

      Mbak Iis @ wah ngumpet dimana mbak :D

      Delete
    7. Mbak Iis : ehehe ko tau aja, biarin deh asal jangan ngumpet makan dibawah meja aja pas puasa ntar ya :D

      Siapasihh : serem mas, tapi klau buat foto2 aja sih keren hehe

      Delete
    8. sumedang menyimpan hal-hal unik. menaranya keren.

      Delete
    9. aturan jangan pertamax yang diamankan tapi Lonceng menara loji hehehe

      Delete
  2. wah keren habis tuch menaranya, coba kalau deket pasti aku kesana dech...mumpung liburan

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah mumpung liburan mending ke sumedang aja mbak buat liatnya hehehe,
      iya mbak jangankan yg jauh, yg deket aja kadang susah untuk menuju kesini...jatinangor, daerah tempat menara ini berada macetnya sudah kronis :(

      Delete
    2. kapan-kapan kalau ada waktu bisa main kesana

      Delete
    3. siap mbak, nanti kalau butuh guide calling2 aja :)

      Delete
    4. yg penting gratis..hehee

      Delete
    5. siap mbak...jadi guide nya sih gratis tapi konsumsi, transportasi semua ditanggung turis heheh (g deng boong kok mbak)

      Delete
    6. aku mau kesana naik .. Mobil terbang di GTA .heheh

      Delete
    7. boleh mas biar ga terjebak macet ya :D

      Delete
  3. bagus sekali mas menaranya seperti pada kuburan belanda, hehe
    loji itu bahasa belanda ya mas, kalau loji di jawa timur itu rumah belanda yang mewah. masih banyak kok mas rumah jaman belanda di surabaya yang dulu itu termasuk mewah, banyak juga cagar budaya yang masih utuh tapi kebanyakan sudah di alih hak milik pribadi bukan milik pengprov jatim

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau WS kurang tau mas loji itu bahasa mana :)
      nama loji pada menara ini sendiri sebenarnya cuma salah satu nama saja, ada juga yang menyebutnya menara jam, dan menara Baron Baud sesuai nama pemiliknya....tapi orang-orang disini kebanyakan menyebutnya sebagai Menara Loji...
      iya mas, rumah peninggalan jaman dulu memang keren2 ya, suasananya juga beda :D

      Delete
    2. loji itu kata nya berasal dari lodge merupakan gerakan bawah tanahnya orang yahudi kok mas, sepreti freemansori, rotary dsb

      Delete
    3. oh sejenis sama freemason ya mas, pantesan rasanya memang pernah baca tentang hal tu...lodge memang rasanya pernah baca tapi dimana n tentang apanya lupa lagi, suka ngeri soalnya klo baca2 hal yg berbau freemason dll, kayanya seluruh aspek khidupan udah dicengkram sama mereka

      Delete
  4. wahhh kunjungan pertama nih gan keren juga ya menaranya tapi sayang jauh dari rumah saya gan.heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sob sudah berkunjung :)
      pakai pintu ajaib doraemon aja sob pasti jadi deket hehehe

      Delete
  5. dari nama n bentuk menaranya,,kalau malam pasti menyeramkan ini,,hehe
    semoga menara ini tetap di rawat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangankan malam, siang saja kalau situasi lagi sepi menara ini nampak menyeramkan sob :D
      amiiiin semoga tetap terawat menaranya

      Delete
  6. wiiih bagus banget kang menara loji.. serasa jaman belanda...

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang peninggalan jaman Belanda mang jadi serasa jaman Belanda :D

      Delete
    2. terus loncengnya dah ketemu?

      Delete
    3. sampai sekarang katanya belum ketemu mang :(
      tapi duka ketang kalau udah ada informasi terbaru, WS ga ikuti lagi informasinya soalnya hehe

      Delete
  7. cilembu ngga terlalu jauh dari tempat menara loji itu, tapi saya ko' baru tau dibelakang ITB itu ada menara ya...
    nah share diblog ini adalah salah satu cara untuk pelestarian peninggalan sejarah yang ada disumedang...hayu ah kita share kan terus.

    moga blog ini dibaca juga oleh dinas pariwisata dan segera diperhatikan peninggalan2 itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayu kang...ini WS juga lagi kukumpul lagi materinya, uda mulai abis ni bahan buat postingannya :(

      amiiiin kang :)

      Delete
  8. kayaknya di tempat bersejarah bangett, jadi serem

    ReplyDelete
    Replies
    1. gaya bangunannya itu loh yang bikin serem ya :)

      Delete
  9. saya pasang linknya di Blogroll Terpanas kang...m'beh sayah gampil mampirna

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah hatur nuhun kang udah masang link WS di blogroll terpanas, tapi bukan karena blog WS ada apinya kan hehehe...WS juga pengen pasang yang kaya gitu eung kang gimana caranya? ntar mau belajar dulu :)

      Delete
    2. 1. masuk ke draft blog,
      2. tata letak
      3. tambah gadget
      4. klik DAFTAR BLOG
      5. Otak atik dan masukin deh blog temen2 nya....termasuk punya saya...hehehe

      MAAF DEH IH...SANES ABDI GUMINTER NYA' KANG

      Delete
    3. lah gening cuma gitu doang ??
      siap kang nanti dicoba klau udah rada nyalse heheh...
      lagi sararibuk teu puguh ginih ini teh kang :(

      Delete
  10. hehehehehehe...angker ga mas....kepengen uji nyali tu...disana tapi bawa sekompi orang....sekaligus bawa electone biar rame..hihihihihihiiiiiii..

    ReplyDelete
    Replies
    1. atuh itu mah bukan juga uji nyali, tapi clubbing outbond hehhe
      angker mas, malah kalau tidak salah memang tempat ini pernah jadi tempat uji nyali...ada ko di yutub

      Delete
    2. apalagi kalau atlojinya bunyi di tengah malam, ,
      sssiiippp dech pokoknya

      Delete
    3. wah keren tu mbak kalo lojinya bunyi tengah malam, pasti semua pada kabur :D

      Delete
  11. Kang saya izin tukar Link yah :D Link nya sudah saya pasang di blogroll

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip mas, link blognya mas juga udah terpasang di footer WS ya...
      terima kasih atas kepercayaannya ya mas :)

      Delete
  12. alhamdulillah bisa liat Menara Loji walaupun belum pernah ke ITB ciakciakciak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ehehe itu kang manfaatnya dunia maya ya :D

      Delete
  13. Yah, belum pernah liat Menara Loji nih. Tapi, wajib dikunjungi nih bagi pecinta sejarah tanah air

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju mas, dan bagi pecinta bangunan2 bersejarah atau bangunan2 antik juga Menara Loji ini bisa jadi alternatif untuk dikunjungi n diabadikan gambarnya...

      Delete
  14. wah saya belum pernah ke sana mas.. taunya saja baru dari artikel ini malahan hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. disini sudah mewakilkan serasa mengunjingi ke sana maz nady

      Delete
    2. hehe WS jawabnya udah diwakili sama mbak Maya ya mas Nady :)

      Delete
  15. liat fotonya serasa pengen naik keatasnya..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi kalo udah diatas jangan loncat ya mas :D

      Delete
  16. Trimakasih Mas WS dah berbagi ,,,,,

    di usulkan,mas biar di perbaiki

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mbak Maya :)
      iya mbak, mudah2an nanti yang berwenang cepat turun tangan :)

      Delete
  17. sayang sekali ya bisa kecurian. menaranya sangat unik dan punya ciri khas tersendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya mas sayang sekali, yah mungkin itulah manusia, tuntutan perut memang kadang sulit berkompromi...tapi yang lebih disayangkannya lagi, ko kenapa tidak diusut sampai tuntas pencurian ini

      Delete
  18. nampak unik dan klasik menara ini

    ReplyDelete
  19. wah di kota saya juga ada gan yang namanya LOJI, tapi bukan menara, hanya pengunungan dan ada air terjunnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang banyak y sob tempat yg namanya "LOJI", wah ada air terjunnya ?? Keren tuh sob..

      Delete