Lembayung Senja

Baca Juga

Lembayung Senja
Lembayung Senja
Ketika berjalan-jalan menikmati suasana sore hari di sekitaran Sumedang Utara, tidak sengaja admin mendapati pemandangan seperti pada foto atau gambar di atas, sebuah lukisan alam yang sempurna, karena memang karya dari yang Maha Sempurna.

Berbicara tentang sore hari atau biasanya kita sebut dengan senja, membuat admin merenung sejenak, masa senja biasanya kita analogikan sebagai masa tua pada kehidupan manusia, secara filosofis kita biasanya mengartikan masa anak-anak atau masa muda sebagai pagi hari dan masa tua sebagai sore hari menuju malam yang gelap, menuju kematian, dimana kehidupan manusia akan berakhir dan menuju ruang gelap yang berupa kubur, karena memang begitulah nyatanya perjalanan hidup kebanyakan manusia di dunia.

Lembayung Senja
Lembayung Senja
Dari renungan tentang kehidupan tersebut banyak melahirkan pepatah atau wejangan yang menjadi pedoman kita dalam menjalani hakikat kehidupan, seperti misal pepatah yang mengatakan barang siapa bersungguh-sungguh dimasa mudanya maka kelak ia Insya Allah akan berhasil di masa tuanya dan begitupun sebaliknya, siapa yang menabur angin maka ia akan menuai badai, apa yang kita tanam diwaktu muda itulah yang kita tuai di masa tua...dan banyak lagi kata-kata mutiara berupa nasihat yang senada dengan beberapa kalimat di atas yang intinya adalah sebab akibat dari pemanfaatan waktu yang kita miliki selama hidup di dunia.

Lembayung Senja
Lembayung Senja
Admin kira tidak ada yang salah dengan filosofi tentang pergantian waktu dalam kehidupan manusia tersebut, karena ksemua kejadian tentunya mengandung hikmah yang bisa kita petik. Dan bukankah kita memang harus bisa mengambil pelajaran dari setiap kejadian yang ada di dunia ini? termasuk mengambil pelajaran dari bergantinya waktu pagi, siang, menuju petang dan malam, jangan sampai perjalanan hidup kita menjadi sia-sia karena ketidakmampuan kita mengobservasi atau mengamati dan menelaah berbagai kejadian yang kita lalui, yang jika kita bisa melakukannya maka akan menjadikan diri kita lebih baik dari waktu ke waktu secara, akal, budi, dan hati.

"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang sungguh ada tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang mempunyai akal. (Yaitu) orang-orang yang mengingat Allah saat dia berdiri, duduk dan berbaring, mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata) “Ya tuhan kami, tidaklah engkau menciptakan semua ini sia-sia. Maha suci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka." (QS Ali Imran [3]; 190-191)

Note : di domain terdahulu (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini dapat dijumpai dalam judul artikel "Lembayung Senja" dengan link sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2013/06/lembayung-senja.html"

71 comments:

  1. masya Allah indahnya kang, ciptaan yang maha Sempurna, semakin membuat kita percaya akan kebesaran-Nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya kang...hal tersebut menjadi salah satu bukti kekuasaan-Nya

      Delete
    2. betul sekali. syahdu saya menghayatinya

      Delete
  2. Subhanallah keindahan alam adalah anugerah dari Allah

    ReplyDelete
  3. saya ingin bersusah payah dulu di masa muda dan semoga di masa tua saya bisa tenang beribadah

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika sedang payah istirahat sebentar mas hehe....

      Delete
    2. mas agus : amiiiin

      mas thanjawa : nanti tak pijitin deh :D

      Delete
    3. pake minyak gosok kan?geli panas

      Delete
    4. mau request pake minyak jelantah juga boleh mas...

      Delete
    5. kalau WS biasanya pakai sabun colek juga :D

      Delete
  4. wahhh,, bener-bener pemandangan yang sangat indah,, itulah kekusaan Allah :)
    sekses yea bang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas...
      sukses juga ya mas bustan :)

      Delete
    2. hehe iyea bang,, aminn,, moga saja ni bang :(

      Delete
  5. Subhanallah indah banged pemandangannya,
    ya Allah coba aja bisa tinggal di tempat yang masih alami kaya gitu ya :(

    hmm iyah yah enaknya muda foya-foya .
    tua kaya raya,, mati masuk surga .
    #ehh . haha ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. muda tidak punya dosa tua masuk surga

      Delete
    2. wah mbak iin ini slanker banget ya mas agus hehehe

      iya atuh mbak enak banget ya kalau idup kaya gitu, semua pasti mau :D

      Delete
  6. terima kasih kang tulisannya indah berisi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas...terima kasih juga ya mas :)

      Delete
    2. tahu isi sumedang...tahu terbesar di dunia...

      Delete
  7. subhanallah..maha suci ALLAH dengan segala ciptaan-NYA...luarbiasa keindahan langitnya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ciptaan yang Maha Indah pasti indah juga ya mas...
      jadi tanda-tanda kekuasaannya

      Delete
  8. wihh indah banget ya sob pemandangannya.. oya followback sukses sobat.. terimakasih atas kerjasamanya ya hehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih ya mas follbacknya :)
      hehe

      Delete
  9. OMG...sumedang endah euy...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sami endah na sareng lembur kang uyo :D

      Delete
  10. alam kadang mengajari atau menegur tentang makna hidup. Waktu pasti berputar dan Allah memang menciptakan alam tidak ada yang sia sia. Hidup ini indah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju sekali sama kata2 mas djangkarau :)

      Delete
  11. Hmmm sangat indah sekali penampakan lembayung senja nya mas... Cocok nih kalau jadi foto graper

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas cik awi : wah kalau untuk jadi fotografer mah masih kejauhan mas hehe, g ada bakat juga, ini mah cuma iseng jeprat-jepret aja diperjalanan, pake kamera HP pula :D

      mas nazar : terima kasih mas :D

      Delete
  12. wih blog nya rame nya minta ampun. minta pengunjung nya dikit donk di blog saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. standard aja ko mas...Alhamdulillah teman2 silatruhami kesini.
      siap jadi pengunjungnya mas kicky, meluncuuurr

      Delete
  13. waw indah banget.... Sumedang endah pisan euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alam ciptaan Allah memang indah ya mang :)
      indah karena yang difotonya lembayung, coba kalau yang difotonya Tempat Pembuangan Akhir Sampah Sumedang...heheh sampah wungkul pastinya ga indah

      Delete
  14. Sungguh indah ciptaan Tuhan, Indah sekali ya Kang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, alam ciptaan Allah memang penuh dengan keindahan

      Delete
    2. indah, seindah persahabatan kita di blog ini bukan?

      Delete
  15. iya Kang WS, pergantian waktu. pagi lalu siang kemudian petang. hidup ini pun begitu. yang belum lama terlahir, lalu beranjank dewasa, dan akhirnya tiba hari tua untuk meudian mati. siapa yang mampu memaknai hidup, akan menuai panen di kelak kemudian hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang zac, setuju banget sama kata2 kang zac...
      karena kalo kita ga bisa memaknai hidup n hidup hanya sekedar hidup saja, rasanya pasti rugi banget...

      Delete
  16. sungguh indah sekali sobat lembayang senja itu trmksih sob dah berbagi

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  18. Kunjungan perdana gan ..
    foto-fotonya bagus, filosofinya juga bagus ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mas :)
      terima kasih juga sudah berkunjung kemari :)

      Delete
  19. keren fotonya mas..indah sekali. Pengambilan angel fotonya pas..ufuk kemerahannya terlihat jelas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mas :)
      Alhamdulillah kalau begitu, berarti mungkin WS berhasil belajar ngambil foto ttg sore hari ini :D

      Delete
  20. bener-bener kota sumedan kota indah, lihat lembayung sorenya, mungkin pas poto cerah harinya yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nuhun kang....
      iya kang, memang pas foto ini harinya cerah seharian :)

      Delete
  21. senja itu indah
    berarti tuanya usia juga harus sudah banyak ibadah
    untuk memasuki malam berselimut cerah

    ReplyDelete
    Replies
    1. setujuuuu....
      mantaapppp mba kata2nya :D

      Delete
    2. cihiuuiii asik asik, kosel kosel ah

      Delete
  22. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga mas...
      siap meluncur ke lokasi mas :)

      Delete
  23. Mampir untuk yg pertama kali di wewengkong sumedang.. salam kenal mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mas telah mampir di wewengkon sumedang...salam kenal juga

      Delete
  24. Singgah dan follow di sini. Jemput ke blog saya pula ya. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih telah singgah dan follow blog ini...siap pak :)

      Delete
  25. mampir lagi gan :) jangan lupa kunjungi balik ya :)

    ReplyDelete
  26. Filosofi yg indah sekali Mas ^^
    memang di setiap peristiwa yg terjadi ada makna yg tersirat dan tersurat ya Mas...
    sudah follow balik.. makasih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas :))

      terima kasih mas telah follow balik

      Delete