Kesenian Kuda Renggong

Baca Juga

Kesenian Kuda Renggong
Para Petugas Sedang Mengatur Iring-iringan Kuda Renggong
Merujuk pada beberapa sumber, Kuda Renggong merupakan kesenian pertunjukan rakyat yang berasal dari desa Cikurubuk, Kecamatan Buah Dua, Kabupaten Sumedang. Kata Renggong dalam kesenian ini merupakan metatesis dari kata ronggeng yaitu kamonesan (keterampilan) cara berjalan kuda yang dilatih untuk seakan-akan menari mengikuti irama musik, jadi jika mendengar musik baik dari tabuhan kendang dan lainnya Kuda Renggong ini akan jalan berjingkrak-jingkrak seolah sedang menari, menarik bukan?

Kesenian Kuda Renggong
Salah Satu Peserta Lomba Kuda Renggong
Beberapa Waktu Lalu
Kesenian Kuda Renggong biasanya diadakan untuk syukuran anak yang telah dikhitan atau disunat, atau istilahnya dikariakeun. Anak tersebut akan diarak keliling kampung menyusuri jalan raya menaiki Kuda Renggong dengan diiringi musik dan rombongannya, dan kebanyakan dari mereka ikut menari mengikuti irama musik.

Biasanya penduduk yang rumahnya kebetulan dilewati oleh rombongan Kuda Renggong ini akan berbondong-bondong keluar untuk menonton. Dalam sebuah rombongan arak-arakan Kuda Renggong sendiri bervariasi jumlah Kuda Renggongnya, mulai dari 2, 4, atau sampai 8 ekor bahkan lebih, tergantung dari si empunya hajat (syukuran).

Admin sendiri dulu pernah naik Kuda Renggong, kalau tidak salah nama kudanya adalah "Lipur", dan si Lipur ini adalah seekor kuda yang jago silat, ya, silat sob! dia bisa berkelahi dengan manusia, dengan pawangnya tentunya, Kuda Silat ini merupakan variasi atraksi dari Kuda Renggong seperti yang pernah admin ceritakan di postingan berjudul Patung Kuda Silat.

Note : di domain terdahulu (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini dapat dijumpai dalam judul artikel "Kesenian Kuda Renggong" dengan link sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2012/11/kuda-renggong.html"

105 comments:

  1. horeee ...pertamax

    wah ramai acaranya, baru tahu ada kuda renggong

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah disini kemarin pertamax ditimbun mbak pas mau naik harga bbm hehe...
      iya mbak, disini kalau ada Kuda Renggong pasti ramai :)

      Delete
    2. walaupun musiknya dangdut,tetepwe joget kudana,malah tambah heboh kali yah hahaha

      Delete
    3. kudanya joget yg bawa juga ikut joget...asssiikkk

      Delete
    4. tariik mang.... seeerrr

      Delete
    5. serrr serrrr dungplak dungplak *suara kendang maksudnya...

      Delete
    6. mbak iis pertamax..saya pertamina aja deh

      Delete
    7. Wah saya telat yah datengnya, udah bubar kuda renggongnya hehe...

      Delete
    8. wah iya mas rombongan Kuda Renggong nya baru aja bubar, telat sih mas Anthonie hehe

      Delete
    9. beda ya sama reog yang gede?hihihi

      Delete
    10. kudanya pada loyo, mslhnya suruh joget terus

      Delete
    11. kan udah dikasih jamu penambah stamina mbak hehehe

      Delete
  2. indonesia memang sangat kaya dengan budaya yang unik indah dan bernilai nilai ...luarbiasa :-)

    ReplyDelete
  3. di pulau sumatera ada ni sobat, adik saya kemaren sunat , diarak pakai kuda, pakai pakaian jawa, keren deh kebudayaan indonesia. salut

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya mas, kebudayaan Indonesia memang keren banget, bermacam-macam dan unik-unik...
      wah Kuda Renggong sampai ke Sumatera juga mas ?? Alhamdulillah kalau begitu, jadi lega n bangga juga rasanya kalau kesenian asal Sumedang bisa sampai ke Sumatera :)
      mudah2an masyarakat dan sahabat-sahabat di Sumatera menerima dan menyukainya, amin

      Delete
    2. kuda renggong memang mantap

      Delete
    3. ya ada di sumatera, persis kayak gini, ada musiknya, tapi pakaian nya aja yang beda. muter2 keliling komplek, keren banget, wah pengen jadi anak kecil lagi. hihihi

      Delete
    4. iya mas, sama...pengen jadi anak kecil lagi biar bisa naik Kuda Renggong lagi...coz memang asik heheh. Kalau udah segede gini mah malu naiknya hahaha

      Delete
  4. wah kalau kesenian kuda renggong ini saya belum pernah melihat secara langsung sob.. cuma pernah lihat di tv saja hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. WS juga kalau sekarang2 mah sudah mulai jarang lihat mas hehe...
      sekarang rasanya memang semakin jarang lihat Kuda Renggong ini, apa karena bukan musim sunat kali ya hehehe

      Delete
    2. Saya malah baru lihat di blognya kang WS

      Delete
    3. wah beneran mas ?? berarti misi WS memperkenalkan kebudayaan asal Sumedang berhasil dong heheh

      Delete
  5. kesenian kuda renggong memang banyak diminati termasuk di daerah mamang juga, mudah mudahan dapat dilestarikan ya kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah di subang juga ada ya mang ??
      amiiiin, semoga tetap lestari sampai akhir nanti :D

      Delete
  6. si bungsu kalau liat kuda pasti pengen naek...padahal ayahnya mah paling takut naek kuda....ngga keren banget kan?!

    ReplyDelete
    Replies
    1. jah kenapa atuh bapanya mah bet takut ?? :D
      tetap keren kok kang cilembu

      Delete
    2. kalo saya bilang sih emang bapaknya kurang keren

      Delete
    3. kl aku bilang folback, gimanatuh?

      Delete
    4. Kang Zac : akang Cilembu, bukan WS yang bilang yaaaaa...

      Mas Suratno : kalau bilang folback WS bakal bilang terima kasih folbacknya :D

      Delete
    5. terus yang ndak takut, bapaknya naik apa dong?

      Delete
    6. naik mobil pengangkut ubi cilembu pastinya mang hehe

      Delete
  7. oh iya, asyik nih. anak saya pernah melukis acara ini. cuma nggak persis sihh, tapi maksudnya acara ini. baru tau kalo namanya kuda renggong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang, namanya Kuda Renggong, bukan nyai ronggeng ya hehe

      Delete
    2. Harus jelas dulu yang dilukis kuda jantan atau betina, karena beda kuda beda namanya. Begitu kayaknya

      Delete
    3. oh jadi kalau kudanya kuda betina jadinya kuda ronggeng mungkin ya mas :D

      Delete
  8. Mirip di daerahku ada juga acara semacam ini kalau ada anak di khitankan ataupun telah lulus TPQ

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ada juga ya mas kesenian yang seperti ini di daerah Mas Suratno ?? namanya apa mas ?? atau memang sama, Kuda Renggong ?

      Delete
  9. salah satu kekayaan budaya indonesia yang harus dan wajib kita lestarikan...!!! tetap dijaga ya tradisi nya..!!!

    #salam terhangat dari misterdhi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas setuju, mari lestarikan :)

      #salam hangat juga dari Wewengkon Sumedang

      Delete
  10. Kuda beneran ya yg di pakai ngrenggongnya kirain pakai kuda lumping.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastinya Kuda beneran dong mas cik awi :D

      Delete
  11. Wah saya baru tahu kang ada kuda bisa nari...seru yah sepertinya kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. seru kang apalagi kalau naik, tapi harus disunat lagi kalau mau naik heheheh

      Delete
  12. Sip banget dah kesenian daerah bisa lestari. Apa apgi ini kuda rongeng bahkan malah diambil orang itali jadi ikon produk mobil gitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahaha bener ya mas, ada jadi ikon produk mobil :D

      Delete
  13. mau nganterin gelas kopi mas heheheh.. trmksih sob infonya aq juga suka sob sama kuda renggong apa lgi kuda liar heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya tadi gelas kopi WS ketinggalan di mas Brebes ya sehabis nganterin kopi :D
      wah kuda liar gimana naikinnya mas hehehe

      Delete
  14. baru tahu nih kesenian kuda renggong..makasih infonya semoga tetep berjalan dan dapat dilestarikan

    ReplyDelete
  15. contoh komentar spam itu gimana ya gan..saya kurang tahu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. WS juga sama kurang tau sob :D
      itu gambar yang ngelarang komentar spam cuma ikut2an aja sama kaya blog sobat2 kebanyakan hehehe

      Delete
    2. Contohnya komentar yang bikin kotor. Jorok sih dia biasanya setelah berkunjung menyisakan koran bekas, bungkus nasi, kulit jeruk, kulit pisang dan semacamnya yang bikin kotor gitu kayaknya.??

      Delete
    3. secara sederhana mah mungkin artinya komentar yg ngotori blog kita ya mas musdjono...

      Delete
  16. Selamat sore gan.
    Koment dikit gan, hehehhr
    Kalau kuda renggong kudanya pintar jingkrak-jingkrak gan.
    Kalau nyai ronggeng, pinter goyang gan.
    Hehehhehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat sore mas, terima kasih sudah mampir untuk coment...
      iya mas, soalnya kalau nyai ronggeng pinter jingkrak2 justru aneh ya mas hehehe

      Delete
  17. Kalau musiknya diganti keroncong apa metal sekalian, kudanya mau nari gak kang WS ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ga tau mas kalau musik2 itu mah kudanya mau goyang apa engga hehehe...
      tapi kalau dangdut mah masih mau goyang dia...

      Delete
  18. hadeuh jadi ingat dulu Kang waktu saya disunat dikariyakeun ku kuda renggong,saya masih ingat tuh sampai sekarang hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama kang, asa wararaas nya hehehe...

      Delete
  19. belum pernah lihat mas,,,,, huhuhu,,
    trimakasih dah berbagi,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan sekarang lihatnya mbak hehehe...
      sama-sama :)

      Delete
  20. kalau di kampung saya di sebut jaran kecak. keren sekalai..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya mas, mungkin seperti itu keseniannya...
      saya juga penasaran jaran kecak itu seperti apa dan gimana, soalnya sekilas mirip sekali dengan Kuda Renggong....

      Delete
  21. asyik tuh mas..kalo bisa liat acaranya langsung...keliat meriah dan ramai banget ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, biasanya ramai banget :)
      karena yang dagang/jualan makanan ato minuman pasti banyak yang ngikut juga hehehe

      Delete
    2. betul tuh gan...bisa kelihatan Meriah + Rame

      Delete
  22. Kesenian kuda renggong seperti ini harus semakin dilestarikan karena masih banyak masyarakat Indonesia masih asing dengan kesenian-kesenian seperti ini, semoga kesenian tradisonal bisa semakin berkembang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiin mas, semoga kesenian ini tetap lestari kedepannya :)

      Delete
    2. amin juga mas... Btw saya udah follow back, makasih salam kenal dan sukses selalu :)

      Delete
    3. iya mas trimakasih follbacknya...salam kenal juga ya mas :)

      Delete
  23. Replies
    1. boleh mbak Barbie, tinggal hubungi dokter sunat heheh

      Delete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. eemmm...banyak juga adat2 dr negara jiran ni, yg KY rasa sedikit aneh dan unik

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak KY, malah banyak juga yang sepertinya diluar kendali manusia seperti kesurupan dan lain-lain

      Delete
  26. wah makasih gan buat infonya :)

    ReplyDelete
  27. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete