Suasana Pagi, Keberkahan yang Sering Terlewatkan

Baca Juga

Suasana Padi Desa Serang Cimalaka
Suasana pagi
Selain suasana di sore hari, suasana di pagi hari merupakan salah satu yang admin dan pasti sobat-sobat sukai, dimana kesegaran dan semangat bisa kita dapatkan pada saat-saat itu. Apalagi pada hari libur, menikmati suasana pagi ini biasanya bisa kita maksimalkan dengan berjalan-jalan pagi atau jogging di sekitaran jalan yang berada di dekat rumah, atau yang menuju ke pusat-pusat keramaian, seperti yang admin lakukan ketika mengambil foto atau gambar diatas disekitaran Desa Serang Kecamatan Cimalaka.

Tapi, sudah bukan rahasia lagi jika dipagi hari banyak juga yang tidak bersemangat semangat, malah merasa malas, hari libur pun tidak diisi dengan olah raga pagi atau yang lainnya...tapi diisi dengan tidur hingga puas, sampai siang hari, padahal kita tahu pagi hari adalah saat-saat yang penuh berkah.

Bagi seorang muslim, waktu pagi adalah waktu yang berlimpah pahala dan banyak amalan-amalan sunat yang bisa dilakukan pada saat itu. Kita tahu bahwa pagi hari adalah waktu yang penuh berkah, dan sangat rugi jika kita tidak memanfaatkannya, tapi pada kenyataannya masih banyak dari kita yang melalaikan waktu yang mulia ini, dan hanya mempergunakannya untuk bermalas-malasan.

Kita semua mungkin sudah tahu bahwa orang-orang hebat dan orang-orang saleh di masa lalu sangat membenci tidur pagi, karena seperti dikatakan Ibnu Qayyim banyak tidur akan mematikan hati serta membuat badan terasa malas, dan karenanya kita akan banyak membuang-buang waktu.

Memang apa bahayanya jika kita tidur di waktu pagi ?? secara agama, medis, maupun kultur pasti mempunyai penjelasannya masing-masing, sobat juga pasti sudah mengetahuinya, dan rasanya memang akan terlalu panjang jika diuraikan disini satu persatu, namun secara filosofis, kita dapat ibaratkan waktu pagi  sebagai masa muda, dan akhir hari adalah masa tua.

Kita sudah tahu apa yang kita lakukan di masa muda akan berpengaruh pada keadaan kita di masa tua, pasti akan ada hukum sebab akibat, ada masa menanam dan pasti ada masa menuai. Itu berarti jika seseorang di pagi hari sudah bermalas-malasan dengan sering tidur, maka sampai sore bahkan malam hampir dapat dipastikan bahwa yang ia rasakan adalah malas, kurang gairah dan yang sejenisnya, dan kebarokahan waktunya pun bisa hilang.

Dalam beberapa sumber juga dikatakan bahwa secara medis tidur pagi dapat menyebabkan beberapa penyakit fisik, diantaranya adalah melemahkan syahwat. Untuk mencegah agar tidak tidur di waktu pagi memang ada tips dan rambu-rambunya...berikut adalah tips sederhana agar tidak tidak ngantuk atau tidur kembali di pagi hari :
  • Hanya tidur pada saat tubuh kita memang sangat membutuhkannya, waktunya adalah di awal  malam bukan di akhir malam, dan di pertengahan siang bukan di sore hari (waktu ashar),
  • Berolah raga secara teratur untuk melancarkan peredaran oksigen di dalam darah dan menormalkan ritme dalam tubuh kita juga
  • Jangan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein menjelang tidur
  • Langsung mencuci muka atau mengambil air wudhu ketika terbangun dari tidur
  • Membuka jendela kamar, atau keluar rumah untuk langsung menghirup segarnya udara pagi.
Mungkin itu saja tips sederhananya, tapi jujur saja, gampang-gampang susah untuk mematuhi rambu-rambu sederhana itu, bukan begitu ?

 Note : di domain terdahulu (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini dapat dijumpai dalam judul artikel "Suasana Pagi, Keberkahan yang Sering Terlewatkan" dengan link sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2013/05/suasana-pagi.html"

56 comments:

  1. Indah pemandangannya dan kliatan sejuk banget kang... jadi pingin mudik di desaku nih... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe jadi kangen suasana desa ya mas...nghirup udara pagi yang sejuk banget, de el el :)
      terima kasih mas

      Delete
    2. iya sob aq asli wong ndeso sekarangpun juga masih di desa tapi tempat ortuku agak pelosok jadi masih pure hawa dan suasanya...

      Delete
    3. sama dong mas...aku juga anak desa, tumbuh n besar di sawah hehe
      emang enakan di desa ya mas daripada di kota

      Delete
  2. wah sejuk sekali kelihatannya kang..

    saya juga berusaha untuk tidak tidur pagi kang, terkecuali malamnya saya begadang, mau tidak mau ya harus tidur sebentar di waktu pagi..(mungkin hanya alasan saya kang hehe...)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe alasan kita semua itu mah ya kang :D
      justru kita mah mulai benar-benar bisa menikmati dunia ini (baik dunia nyata maupun dunia maya) teh malam-malam ya

      Delete
  3. dulu sebelum punya anak, selalu begadang dan menghabiskan malam bersama suami dengan nonton film, ngopi ataupun sekedar bercanda, dan paginya tidurr sampe siang, setelah punya anak kita lebih menghargai waktu, malamnya begadang ngurusin anak, paginya juga gitu, nah tidurnya diganti siang hari heheh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahaha ya berarti sama aja atuh mbak itu mah :p
      cuma berubah kegiatannya aja ehehe (tepok jidat)...
      tapi iya sih mbak, kalau udah punya bayi mah pasti susah ya mau istirahat teratur teh

      Delete
  4. Emang yang namanya bangun pagi pagi rasanya berat banget kang,, apalagi di daerah dingin maunya tarik selimbut teruss..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas banget mas, setuju banget hehehe....apa lagi WS rumahnya di kaki gunung, paling enak selimutan kalo pagi2 (setuju banget mas, WS dukung 1000% hehe)

      Delete
  5. Adem banget liatnya mas.., org2 yg bangun kesiangan rugi banget ni. *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, pasti rugi kalau ga kebagian keberkahan di waktu pagi ya...
      mudah2an kita bisa terus konsisten bangun pagi...
      karena jujur saja WS mah masih suka kesiangan :D

      Delete
  6. Khas suasana pedesaan yang indah.. jadi inget rumah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi pengen pulang mudik ya mas :)
      suasana rumah memang yang paling kita ridukan...

      Delete
  7. Nampak indah mas pemandangannya ya...

    Sama dengan saya juga mas....kseringan lalai sama waktu di saat pagi khususnya kalo libur gitu...hehe

    terima ksh sdh ngingetin lewat tulisan ini :)
    salam :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ehehee itu mah udah jadi kebiasaan kita semua kayaknya ya mas :D
      iya mas sama2, terima kasih juga..
      salam :)

      Delete

  8. Setelah membaca artikelnya, jadi keinget kampung halaman ane & kepengen pulang hehehe.

    Salam kenal dan salam sukses selalu gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kampung halaman adalah hal yang pasti akan slalu kita rindukan ya mas :)
      terima kasih sob...salam kenal juga
      sukses selalu juga yaaaa :)

      Delete
  9. indah banget pemandangannya.... berrrr dingin, sambil siduru dina durukan pas sigana kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. terus sambil ngabubuy hui sama nyeruput cikopi makin mantap ya mang hehehe

      Delete
    2. tah kitu kang teras digigireun aya nu geulis deuih, tapi anu teu bolong tonggongna heheheeh

      Delete
    3. ahaha kalau bolong tonggongnya nya mah mendingan kabuuuuurrr mang :D

      Delete
  10. mh...sekarang-sekarang saya sering banget begadang...ini komen aja saya buat jam 2.07...efeknya bisa buat ngantuk pas lagi kerja.

    dan sungguh saya menginginkan kebiasaan tidur awal malam lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang...sama banget, udah kebiasaan begadang euy....
      tapi kalau berusaha pasti bisa, WS juga lagi berusaha untuk tidur lebih awal lagi :)

      Delete
  11. boleh di jadikan tolak ukur nih uraian di atas, dan seberapa jauh pada waktu pagi hari yg telah kita manfaatkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah rasanya tulisan WS masih trlalu sederhana mas kalau untuk dijadikan tolak ukur hehehe
      terima kasih mas :)

      Delete
  12. indah sekali, tapi kalau ada sedikit cahaya matahari lagi indahkan..kemerah-merahan gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak KY, waktu mengambil foto ini matahari belum naik, tapi langit sudah mau terang...sperti setelah waktu subuh gitu

      Delete
  13. wah keren sob fotonya, pas banget momen pengambilan fotonya hehehe

    ReplyDelete
  14. Iya Sob.. Setuju seharusnya awal malam di manfaatkan untuk istirahat dan tengah hinga akirmalam untuk bedekat dekat denganNya, karena orang taqwa itu sedikit tidur diwaktu malam dalam bakti yang kekal dan menjelang fajar hinga subuh, sehabis terbit matahari sampai duha manfaatin waktu sebaik baiknya. Dan siangnya bolelah mnfaatin istirahat, begitu seharusnya namun Saya juga masih abai terhadapnya. Semoga Kota mampu mewujudkannya.
    Amien

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiin mas, semoga kita bisa dan mampu untuk konsisten melaksanakan hal tersebut,
      walau kadang terasa sulit karena memang banyak godaannya yang membuat kita lalai...
      tapi mudah2an kedepannya kita semua bisa mengatasi godaan tersebut ya mas, amin

      Delete
  15. subhanallah.. indah banget mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mas :)
      alam karya Allah yang Maha Kuasa memang indah dan takkan habis2nya bisa kita nikmati :)

      Delete
  16. Hmmm keren sekali, menyejukan pemandangannya...

    ReplyDelete
  17. Keindahan yang luar biasa, sudah lama tidak menikmati suasana seperti itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau terlalu lama merantau di kota suka kangen suasana seperti foto di atas ya kang :)

      Delete
  18. Pemandangan n suasana alam yang indah kang... mung eta ta.. lebah jalan ming sok macet bae beh dinya teh atuh... haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahaha leres pisan kang...
      di tempat ini pas jalan rayanya memang salah satu simpul kemacetan di Sumedang....

      Delete
  19. pemandangannya bagus mas, itu bukan kamera biasa kan, DSLR nih, hehehe
    kalau masalah tidur pagi saya melanggar aturan dari nenek saya cuma sabtu minggu aja mas, senin sampai juma'at saya berangkat nya setengah 5 pagi bangun tudur setengah 4 pagi.hehehehehe semoga rejekinya ngalir terus ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamera biasa aja ko mas hehe...terima kasih mas :)
      sabtu-minggu mang enaknya malas2an ya mas stelah 5 hari capek kerja membanting tulang memeras keringat :D
      amiiiiin mas, smoga rjekinya mengalir terus, smangat trs mski harus bangun jam stngah 4 pagi stiap hari heheh :D

      Delete
    2. kalau tidak bangun nanti ketinggalan kereta lho mas, hehehe
      mas WS ini traveler sejati kayaknya ya, hehehe

      Delete
    3. wah kerjanya tiap hari harus naik kereta mas ???
      kuat mas ?? kalau WS naik kereta dari bandung - jakarta atau kemarin dari jember -surabaya aja walo cuma 1 kali...pusing ga karuan hehe, ga biasa soalnya...
      hehehe ga juga mas, cuma jarambah (doyan main) :D
      n kalo pas main suka iseng jeprat-jepret suasana sekitar :)

      Delete
  20. Wah semakin ramai saja ni blognya si akang,..... Semangat update terus kang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. heee iya kang, update terus ngisi waktu ni :)
      hatur nuhun kang

      Delete
  21. .. wouwwww,, masih banyak sawah nya. pasti sejuk banget tuch. he..86x. oia kunjungan balik kawan. tenkz udah mampir di blog aq. nalik ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih juga ya mbak uda mampir ke blog WS :)
      iya mbak sejjjjjuuuukk hehe

      Delete
  22. pagi yang indah di tambah sejuknya hawa sumedang,yang terkenal adem,sepintas mirip di desaku kang.

    ReplyDelete
  23. sepertinya saya pernah komentar didieu,ah merenan salah nya,yang penting mantep kang suasana sumedang memang terkenal asri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh di yang suasana khas pedesaan mungkin ya kang comentnya :D
      hampir sama sih postingannya, cuma yang itu di desa mandalaherang n yang ini mah di desa serang...
      hatur nuhun kang

      Delete