Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Wisma Gending


Wisma Gending

Wisma Gending, nuansa-nuansa dalem dan bangsawan zaman dulu langsung terasa ketika melihat wisma ini. Wisma Gending adalah salah satu bangunan bersejarah di Kabupaten Sumedang yang masih terawat hingga saat ini, seperti halnya Museum Prabu Geusan Ulun.

Sedikit membaca uraian tentang Wisma Gending dari Historiamag, admin jadi tertarik untuk sedikit menceritakan kembali tentang Wisma Gending ini, dimana Wisma ini konon merupakan bekas kediaman Dalem Bandung RAA Martanegara yang terletak di Jalan Pangeran Santri.

Menurut beberapa sumber, RAA Martanegara ini tidak lain tidak bukan adalah cicit dari Pangeran Kornel, salah satu pemimpin Sumedang yang sangat dikagumi karena kisah heroiknya dalam menentang kesewenang-wenangan Daendels ketika membangun jalan Cadas Pangeran.

Lihat : Historiamag

Kesan antik masih tertanam dengan jelas pada bangunan ini, jika kita masuk ke Wisma Gending ini kita akan langsung merasa masuk ke dimensi masa lalu, dimana ornamen dan berbagai furniture yang ada disetiap ruangannya menciptakan kesan atau suasana yang kental dengan romansa kehidupan para dalem atau bangsawaan sunda tempo dulu.

Dalam perkembangannya, kabarnya sekarang Wisma Gending yang terletak di Kelurahan Kota Kulon ini dikelola oleh yayasan Gending Sinangling (Gending yang bercahaya) dan terbuka untuk acara-acara umum seperti pernikahan, seminar, rapat, dan acara-acara lainnya...bagi sobat yang masih melajang barangkali berminat untuk melaksanakan resepsi pernikahan di tempat ini ? tentunya keren kalau foto-foto pernikahannya bernuansakan bangsawan tempo dulu.

Note : Di domain blog saya yang sebelumnya (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini diterbitkan dengan judul "Wisma Gending" dengan link sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2013/04/wisma-gending_16.html"


Gending Guesthouse

Wisma Gending, the nuances of the palace and the aristocrats of ancient times immediately felt when I saw this guesthouse.  Wisma Gending is one of the historical buildings in Sumedang Regency that is still maintained today, as is the Prabu Geusan Ulun Museum.

A little reading the description of Wisma Gending from Historiamag, the admin became interested in telling a little about this Wisma Gending, where the guesthouse is said to be the former residence of the Dalem Bandung RAA Martanegara located on Jalan Pangeran Santri.

According to several sources, RAA Martanegara is none other than the great-grandson of Prince Kornel, one of the Sumedang leaders who is highly admired for his heroic story in opposing Daendels' arbitrariness when building the Cadas Pangeran road.

Antique impression is still embedded clearly in this building, if we enter the Wisma Gending we will immediately feel into the past dimension, where the ornaments and various furniture in each room create an impression or atmosphere that is thick with the romance of the life of the palace or the Sundanese people.  past.

In its development, it is reportedly now that the Wisma Gending, located in Kelurahan Kota Kulon, is managed by the Gending Sinangling Foundation (Gending that is glowing) and is open to public events such as weddings, seminars, meetings, and other events ... for you who are still  Are you single perhaps interested to hold a wedding reception in this place?  surely cool if the wedding photos nuanced nobility of the past.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar