Wisma Gending

Baca Juga

Wisma Gending
Wisma Gending
Wisma Gending, nuansa-nuansa dalem dan bangsawan zaman dulu langsung terasa ketika melihat wisma ini. Wisma Gending adalah salah satu bangunan bersejarah di Kabupaten Sumedang yang masih terawat hingga saat ini, seperti halnya Museum Prabu Geusan Ulun.

Sedikit membaca uraian tentang Wisma Gending dari Historiamag, admin jadi tertarik untuk sedikit menceritakan kembali tentang Wisma Gending ini, dimana Wisma ini konon merupakan bekas kediaman Dalem Bandung RAA Martanegara yang terletak di  Jalan Pangeran Santri.

Menurut beberapa sumber, RAA Martanegara ini tidak lain tidak bukan adalah cicit dari Pangeran Kornel, salah satu pemimpin Sumedang yang sangat dikagumi karena kisah heroiknya dalam menentang kesewenang-wenangan Daendels ketika membangun jalan Cadas Pangeran.

Lihat : Historiamag

Kesan antik masih tertanam dengan jelas pada bangunan ini, jika kita masuk ke Wisma Gending ini kita akan langsung merasa masuk ke dimensi masa lalu, dimana ornamen dan berbagai furniture yang ada disetiap ruangannya menciptakan kesan atau suasana yang kental dengan romansa kehidupan para dalem atau bangsawaan sunda tempo dulu.

Dalam perkembangannya, kabarnya sekarang Wisma Gending yang terletak di Kelurahan Kota Kulon ini  dikelola oleh yayasan Gending Sinangling (Gending yang bercahaya) dan terbuka untuk acara-acara umum seperti pernikahan, seminar, rapat, dan acara-acara lainnya...bagi sobat yang masih melajang barangkali berminat untuk melaksanakan resepsi pernikahan di tempat ini ? tentunya keren  kalau foto-foto pernikahannya bernuansakan bangsawan tempo dulu.

Note : di domain terdahulu (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini dapat dijumpai dalam judul artikel "Wisma Gending" dengan link sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2013/04/wisma-gending_16.html"

20 comments:

  1. abdi nembe terang kang. mudah2an bangunan tua seperti ini tetap terjaga beradaannya.
    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiiin kang, mudah2an tetap terjaga keberadaannya.
      salam

      Delete
  2. wah bisa di sewakan ya kang, menambah income yayasan lah, makasih infonaya kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang...bisa disewa buat pernikahan dan lain-lain kang...barangkali berminat untuk melangsungkan pernikahan lagi di Wisma Gending ini kang ??? hehehe

      Delete
  3. sumedang memang masih banyak peninggalan dulunya yah kang, gedung2 nya juga masih banyak yangh asli dulu, barangkali saya belum pernah keliling sumedang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kapan-kapan main n keliling Sumedang atuh yuk kang...pasti tak temenin :)
      iya kang lumayan banyak peninggalan jaman dulu yg masih ada sampai saat ini

      Delete
  4. zaman dulu banget yah bangunannya

    ReplyDelete
  5. Ngalangkung ka daerah Sumedang rada sering,InsyaAlloh ke pami aya waktos hoyong keliling ach di Wewengkon Sumedang,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya atuh kang...
      mangga dihaturanan pisan :)
      bilih priogi guide kontak wae WS kang hehe

      Delete
  6. salam dari tatar galuh ciamis

    ReplyDelete
    Replies
    1. hatur nuhun kang tos brkunjung...
      salam juga dari tatar sumedang :)

      Delete
  7. boleh minta contact person nya kang? atau kirim lewat email ratnanons@ymail.com

    ReplyDelete
  8. Rumah oma dulu pas masih sd selagi oma masih ada itu juga hehe

    ReplyDelete
  9. Wilujeng sonten kang, dupi Aya kontak WhatsApp atanapi BBM WS? Hatur nuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wilujeng siang Teh. manawi aya email Teh? nanti WA atau BBM Ws nya saya kirim kesana, maaf ya teh :)

      Delete
  10. dmirmaa@gmail.com, diantos kang

    ReplyDelete
  11. Kang jery yanuarlan bsa minta kontak wisma gending yg bsa di hubungi kang? Saya mw booking wisma bwt pernikahan bsa krim ke email saya kang kamaludin060154@gmail.com atau sms or wa ke. 087878657395 terima kasih kang

    ReplyDelete