Tugu Perbatasan #2 (Sumedang - Subang)

Baca Juga

Tugu Perbatasan
Perbatasan Kabupaten Sumedang - Kabupaten Subang
Berkaitan dengan penanda perbatasan antar kabupaten, jika dulu admin share tentang Perbatasan Kabupaten Sumedang dengan Kabupaten Garut yang saya dapat fotonya ketika saya dolan-dolan ke Garut, nah sekarang admin akan share juga tentang perbatasan Sumedang - Subang. Sewaktu melakukan perjalanan Subang - Sumedang sepulang dari Lembang dan sedang  mengemudi kendaraan, ketika sedang asyik menyusuri ruas jalan di  daerah Kecamatan Tanjungsiang Subang tiba-tiba admin sudah berada di daerah Cikaramas Kabupaten Sumedang, sedikit bingung, admin coba ingat-ingat perasaan tadi tidak melewati tugu atau gapura yang biasanya menjadi penanda perbatasan daerah antar kabupaten.

Ketika beistirahat, admin coba bertanya pada penduduk sekitar sebenarnya perbatasan Kabupaten Sumedang dengan Kabupaten Subang itu ada disebelah mana, dan patokannya apa (karena admin memang belum tahu)...dari jawaban yang diperoleh akhirnya diketahui bahwa ternyata bukan admin saja yang mengalami hal tersebut, bukan admin saja yang kebingungan untuk mengetahui batas kota atau kabupaten, padahal jalan ini adalah jalur jalan Provinsi.

Setelah bertanya, akhirnya admin tahu bahwa yang menjadi pembatas antara Kabupaten Subang dengan Kabupaten Sumedang ini bukan merupakan sebuah tugu, gapura dan yang sejenisnya, tetapi merupakan sebuah jembatan kecil yang berada di atas sungai Cikaramas.

Kesimpulannya, sampai saat ini di perbatasan Sumedang - Subang belum dibangun atau belum dilengkapi tugu pembatas wilayah kabupaten, padahal lokasinya berada di jalur jalan Provinsi yang berarti dilewati oleh banyak orang dengan berbagai tujuan, dengan kata lain ini merupakan etalase Kabupaten Sumedang.

Kabarnya pihak desa telah berulang kali mengajukan permohonan pada Pemkab Sumedang untuk membangun tugu pembatas layaknya tugu pembatas antar Kabupaten, bertuliskan "Selamat Datang" dan lain-lain, namun sayangnya hal tersebut sampai sekarang belum terealisasi.

Update : sekarang perbatasan Kabupaten Sumedang - Kabupaten Subang telah memiliki tugu atau gapura perbatasan di sebrang jembatan yang masuk ke daerah Kabupaten Subang (2014)

Perbatasan Kabupaten Sumedang - Kabupaten Subang
Perbatasan Kabupaten Sumedang - Kabupaten Subang

Note : di domain terdahulu (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini dapat dijumpai dalam judul artikel "Tugu Perbatasan #2 (Sumedang - Subang)" dengan link sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2015/02/asal-usul-nama-desa-cikaramas.html"

No comments:

Post a Comment