Pembangunan Rumah Pemangku Adat (2013)

Baca Juga

Pembangunan Rumah Pemangku Adat
Seorang Pekerja Sedang Merapikan Tanah Untuk Areal Taman
Dalam Pembangunan Kompleks Rumah Pemangku Adat Kabupaten Sumedang
Pembangunan kompleks rumah pemangku adat ini bertempat di Kecamatan Rancakalong, tepatnya di bukit Panenjoan Desa Pasirbiru. Dipilihnya Kecamatan Rancakalong sebagai tempat pembangunan kompleks rumah pemangku adat bukan tanpa alasan, hal tersebut adalah karena Kecamatan Rancakalong sendiri telah ditetapkan sebagai kawasan wisata budaya unggulan di Kabupaten Sumedang.

Salah satu alasannya adalah karena adanya upacara adat ngalaksa, upacara adat khas Rancakalong yang dilakukan 1 tahun sekali di Kecamatan ini. Dengan demikian pembangunan kompleks rumah pemangku adat akan mendukung kesenian daerah serta adat di daerah tersebut karena akan menambah daya tarik wisata tersendiri, dan dengan sendirinya menjadi pendukung kebijakan Sumedang Puseur Budaya Sunda (SPBS).

Rencananya, seluruh bangunan yang akan didirikan di kawasan wisata Panenjoan Rancakalong ini berjumlah 16 unit bangunan, dan sewaktu admin berkunjung ke tempat ini bangunan yang selesai dibangun baru 5 unit. 16 unit bangunan ini sendiri terdiri atas 10 unit rumah Pemangku Adat Desa, dan masing-masing 1 unit rumah Pemangku Adat Kecamatan, Pemangku Adat Kabupaten, Rumah Pemangku Adat Gubernur Jawa Barat, Pendopo, serta ruang makan bersama berikut perlengkapannya. Semua bangunan tersebut akan dibuat dengan bentuk atap Julang Ngapak sebagai ciri arsitektur Sunda.

Gunung Kareumbi
Gunung Kareumbi, Dilihat Dari Desa Pasirbiru
Pemandangan di sekitar area pembangunan rumah pemangku adat Sumedang ini sangat indah, gugusan Gunung Kareumbi terlihat dikejauhan.

Note : di domain terdahulu (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini dapat dijumpai dalam judul artikel "Pembangunan Rumah Pemangku Adat (2013)" dengan link sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2013/01/pembangunan-rumah-pemangku-adat.html"

8 comments:

  1. Semoga pembangunannya sukses... :)

    ReplyDelete
  2. Ada situs tv online 24 jam
    sepanjang hari
    sepanjang minggu
    sepanjang bulan
    sepanjang Tahun
    sepanjang Abad
    sepanjang Masa
    sepanjang ..... ( tambahin sendiri )

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepanjang jalan kenangan...kita slalu bergandeng tangaaaaan :)

      Delete
    2. ciyee... so sweet yaa :D

      Delete
    3. ahaha kalahkah nyanyi ya teh ditaros th :D

      Delete
  3. Melestarikan budaya Sunda mun lain ku urang sunda sorangan rek kusaha deui atuh nya,pokonamah setuju pisanlah sayamah,untuk wilayah sunda lainya ini kudu dicontoh sok ach dilanjuttt Kang,,,,

    ReplyDelete