Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Patung Kuda Silat



Kuda Silat,
Atraksi Dalam Kesenian Kuda Renggong

Sobat, pernah melihat binatang bekelahi dengan manusia ?? tapi dalam bentuk seni tentunya, jika belum maka mungkin sobat bisa melihat kesenian Kuda Silat di Kabupaten Sumedang. Kuda silat ini merupakan salah satu variasi atraksi dalam kesenian Kuda Renggong. Jadi sebenarnya Kuda Renggong itu bukan hanya kuda yang pandai menari mengikuti irama musik seperti yang telah banyak diketahui dan pernah admin utarakan juga di postingan berjudul Kesenian Kuda Renggong, tapi diantara kuda ini juga ada kuda yang pandai mempraktekkan jurus-jurus silat.

Diantara beberapa kuda yang dipakai untuk kesenian Kuda Renggong memang ada kuda-kuda tertentu yang dilatih jurus-jurus layaknya untuk berkelahi, dan salutnya kuda-kuda ini seolah mengerti bahwa jurus silat yang diajarkan tersebut bukan untuk melukai atau menyerang melainkan hanya untuk pertunjukan seni, hebat dan cerdas kan kuda-kuda ini ? kalau saja kuda-kuda ini tidak mengerti hal tersebut, mungkin sudah berapa korban pawang yang berjatuhan dalam kesenian ini, apalagi kuda yang dipakai dalam kesenian Kuda Renggong bukan kuda biasa yang ukurannya kecil, kuda untuk Kuda Renggong itu ukurannya bisa lebih besar dari ukuran kuda biasa yang sering kita lihat dipakai untuk menarik delman. Kebetulan admin pernah mengalami juga naik Kuda Renggong yang jago silat ini, kudanya kalau tidak salah bernama Lipur. Patung Kuda Silat ini terletak di pertigaan Samoja, Kelurahan Pasanggrahan, Kecamatan Sumedang Selatan.


Silat Horse,
Attraction in Renggong Horse Art

Friend, have you seen animals fighting with humans ??  but in the form of art of course, if not then maybe my friend can see the art of Silat Horse in Sumedang Regency.  This silat horse is a variation of attractions in the Renggong Horse art.  So actually the Renggong Horse is not only a horse that is good at dancing to the rhythm of music as is well known and the admin has also said in a post titled Renggong Horse Arts, but among these horses there are also horses who are good at practicing martial arts moves.

Among the several horses used for the Renggong Horse art, there are certain horses that are trained in moves like fighting, and salute them as if they understand that the martial arts style taught is not to hurt or attack but only for performing arts, great  and smart right these horses?  if only the horses did not understand this, maybe how many victims the handler had fallen in this art, especially the horse used in the Renggong Horse art is not a normal horse that is small in size, the horse for the Renggong Horse can be larger than the size of an ordinary horse  what we often see is used to attract delmans.  Coincidentally, the admin has also experienced riding the Renggong Horse that is good at martial arts, his horse, if I am not mistaken, named Lipur.  This Silat Horse Statue is located at the T-junction of Samoja, Pasanggrahan Village, South Sumedang District.

Note : Di domain blog saya yang sebelumnya (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini diterbitkan dengan judul "Patung Kuda Silat" dengan link sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2015/01/atraksi-kuda-silat.html"


Video Kesenian Kuda Renggong Sumedang Utara

Kesenian Kuda Renggong di Kecamatan Cimalaka

Video Kuda Renggong dan Kuda Silat

Kuda Renggong, Kudanya Banyak Eh Musiknya Mati !!

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar