Patung Kuda Silat

Baca Juga

Patung Kuda Silat
Kuda Silat,
Atraksi Dalam Kesenian Kuda Renggong
Sobat, pernah melihat binatang bekelahi dengan manusia ?? tapi dalam bentuk seni tentunya, jika belum maka mungkin sobat bisa melihat kesenian Kuda Silat di Kabupaten Sumedang. Kuda silat ini merupakan salah satu variasi atraksi dalam kesenian Kuda Renggong. Jadi sebenarnya Kuda Renggong itu bukan hanya kuda yang pandai menari mengikuti irama musik seperti yang telah banyak diketahui dan  pernah admin utarakan juga di postingan berjudul Kesenian Kuda Renggong, tapi diantara kuda ini juga ada kuda yang pandai mempraktekkan jurus-jurus silat.

Diantara beberapa kuda yang dipakai untuk kesenian Kuda Renggong memang ada kuda-kuda tertentu yang dilatih jurus-jurus layaknya untuk berkelahi, dan salutnya kuda-kuda ini seolah mengerti bahwa jurus silat yang diajarkan tersebut bukan untuk melukai atau menyerang melainkan hanya untuk pertunjukan seni, hebat dan cerdas kan kuda-kuda ini ? kalau saja kuda-kuda ini tidak mengerti hal tersebut, mungkin sudah berapa korban pawang yang berjatuhan dalam kesenian ini, apalagi kuda yang dipakai dalam kesenian Kuda Renggong bukan kuda biasa yang ukurannya kecil, kuda untuk Kuda Renggong itu ukurannya bisa lebih besar dari ukuran kuda biasa yang sering kita lihat dipakai untuk menarik delman. Kebetulan admin pernah mengalami juga naik Kuda Renggong yang jago silat ini, kudanya kalau tidak salah bernama Lipur. Patung Kuda Silat ini terletak di pertigaan Samoja, Kelurahan Pasanggrahan, Kecamatan Sumedang Selatan.

Patung Kuda di Google Maps

Note : di domain terdahulu (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini dapat dijumpai dalam judul artikel "Patung Kuda Silat" dengan link sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2015/01/atraksi-kuda-silat.html"

11 comments:

  1. Jadi teringat saat sepupu mau dihitan..keukeuh pingin naik kuda renggong.. hehe.. skarang ada lagi nih kuda silat.. hahaa.. Sumedang memang pantas disebut Kota Budaya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di Sumedang mah anak yg dikhitan emang udah hampir pasti naik koda renggong heheh...
      Sebenernya mah sami wae sob, cuma kuda silat ini variasi atraksi dari kuda renggong itu...
      tapi kalo kudanya lagi silat mah harus turun dulu pnganten sunatnya :D

      Delete
  2. saya belum pernah ke Sumedang, jadi baru tahu kalau ada Patung silat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. heee nanti kapan2 maen atuh ya kang kesini :D

      Delete
  3. Kalo boleh tau yang bikin patung nya siapa ya kang???

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu pak yang saya belum tahu, maklum anak muda masih mencari tahu tentang daerahnya, dan mencurahkannya lewat blog ini hehe. Apakah patung kuda silat ini juga buatan bapak Caltim dari Tomo mungkin ya pak ?? sama seperti pembuat patung Pangeran Kornel yang terdahulu...
      terima kasih pak atas kunjungan dan koreksinya

      Delete
  4. etateh jalan tembus ka lembur saya CINUNUk....asik jalanna mulus..RINDU SUMEDANGna....pas lebaran hungkul nembe pendak deui

    ReplyDelete
    Replies
    1. heee iya kang. Enggal atuh uih deui ka lembur :)

      Delete
  5. patung kudanya seperi hidup, sangat bagus detail pahatan nya.

    ReplyDelete
  6. baru tau klo sumedang ada patung bagus kayak gtu mang, mkasih infonya ,,

    ReplyDelete