Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Monumen Kapal Selam, Kota Surabaya, Jawa Timur

Monkasel
Monumen Kapal Selam, Kota Surabaya, Jawa Timur
Ketika berkunjung ke kota Surabaya, selain singgah di Stasiun Gubeng admin juga sempat mengunjungi Monumen Kapal Selam atau sering disingkat Monkasel yang terletak di Jalan Pemuda, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya...tepat di pusat kota Surabaya bersebelahan dengan Plaza Surabaya...dilihat dari jauh dari sebrang jalan, saya sudah terkagum-kagum...maklum belum pernah lihat kapal selam.

Monkasel
Monumen Kapal Selam, Kota Surabaya, Jawa Timur
Nah ini loh sob Monumen Kapal Selam tersebut jika dilihat dari dekat, keren kan ?? katanya Monumen Kapal Selam ini merupakan Monumen Kapal Selam terbesar di Asia dengan panjang 76,6 m dan lebar 6,30 m, jadi Monumen Kapal selam ini bukan replika, tapi merupakan kapal selam asli...monumen ini merupakan kapal selam KRI Pasopati 410 yang merupakan salah satu armada Angkatan Laut Republik Indonesia buatan Uni Soviet tahun 1952 yang dilibatkan dalam pertempuran di Laut Aru ketika Indonesia melawan pendudukan Belanda di Irian Barat.

Monumen Kapal Selam Wewengkon Sumedang Pelesiran
Salah Satu Ruangan di Monumen Kapal Selam
Ketika masuk ke dalam ruangan kapal selam ini kita bisa lihat bagian demi bagian ruangannya, mulai dari ruangan tidur perwira, ruang kemudi, ruang torpedo, dan lain-lain...seperti foto ruang kemudi di atas, wah serasa mau perang...bagian-bagian di setiap ruangan di Monumen Kapal Selam ini masih lengkap dan tidak kurang sedikitpun.

Monkasel
Salah Satu Ruangan di Monumen Kapal Selam
Nah kalau yang seperti foto diatas ini mungkin kita sudah sering lihat di film-film ya sob...untuk melihat ke atas air itu loh, tapi admin kurang tahu bagian ini apa namanya...kebetulan ketika masuk ke ruangan ini Guidenya tidak ikut mendampingi.

Monkasel
Salah Satu Ruangan di Monumen Kapal Selam
Gambar diatas adalah ruang torpedo haluan dengan dua buah torpedo...masuk ke ruangan demi ruangan di Monumen Kapal Selam ini bisa menambah pengetahuan kita tentang seluk beluk bagian-bagian dari sebuah kapal selam milik negara kita yang ikut berperan dalam rangkaian sejarah Indonesia, yang menjadi warisan tak ternilai bagi kita semuanya...

Berikut spesifikasi dari Kapal Selam KRI Pasopati 410
  • Panjang : 76,6 m
  • Lebar : 6,30 m
  • Kecepatan : 18.3 knot di atas permukaan, 13,6 knot di bawah permukaan
  • Berat penuh : 1.300 ton
  • Berat kosong : 1.050 ton
  • Kemampuan penemuan : 8.500 mil laut
  • Baterai : 224 unit
  • Bahan Bakar : Diesel
  • Persenjataan : 12 Torpedo Uap Gas
  • Panjang : 7 m
  • Baling-baling : 6 lubang
  • Awak kapal : 63 orang termasuk Komandan
  • KRI Pasopati memiliki jumlah 7 ruangan:
  • Ruang untuk haluan Torpedo, dipersenjatai dengan 4 torpedo propeller, juga bertindak sebagai penyimpanan untuk torpedo
  • Ruang Komandan, Ruang Makan, dan Ruang Kerja. Di bawah dek adalah Ruang untuk Baterai I
  • Jembatan utama dan Pusat Komando. Penyimpanan Makanan di bawah dek
  • Ruangan Awak Kapal, Dapur, dan penyimpanan untuk Baterai II di bawah dek
  • Ruangan Mesin Diesel dan Terminal Mesin
  • Kamar Mesin Listrik
  • Ruangan Torpedo untuk bagian buritan. Berisi dengan 2 buah Torpedo.
Bagaimana sob ?? tertarik untuk masuk ke dalam kapal selam ini dan mengetahui lebih jauh ?? kalau ada waktu luang coba saja kesini, dijamin menjadi sebuah pengalaman yang menarik.

Sumber Rujukan : monkasel.com

Monumen Kapal Selam di Google Maps


Note : Di domain blog saya yang sebelumnya (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini diterbitkan dengan judul "Monumen Kapal Selam, Kota Surabaya, Jawa Timur" dengan url sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2012/10/monumen-kapal-selam-kota-surabaya-jawa.html"


       
    Submarine Monument, Surabaya City, East Java

When visiting Surabaya, besides stopping at Gubeng Station, the admin also visited the Submarine Monument or often abbreviated as Monkasel which is located at Jalan Pemuda, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya ... right in the center of Surabaya next to Plaza Surabaya ... seen  from far from the other side of the road, I was already amazed ... understand, I have never seen a submarine.

Submarine Monument, Surabaya City, East Java

So this is the Submarine Monument, if you look closely, right?  he said The Submarine Monument is the largest Submarine Monument in Asia with a length of 76.6 m and a width of 6.30 m, so the Submarine Monument is not a replica, but an original submarine ... this monument is a KRI Pasopati 410 submarine which  was one of the Indonesian Navy's fleets made by the Soviet Union in 1952 which was involved in the battle in the Aru Sea when Indonesia fought the Dutch occupation of West Irian.

One of the rooms in the Submarine Monument

When you enter this submarine room, you can see parts of the room, starting from the officers' sleeping room, the wheelhouse, the torpedo room, and so on ... like the wheelhouse photo above, it feels like going to war ... part  -part in every room at the Submarine Monument is still complete and not lacking in the slightest.

One of the rooms in the Submarine Monument

Well, if it's like the photo above, maybe we've seen it a lot in the movies, friend ... to look up at the water, but the admin doesn't know what this part is ... coincidentally, when I enter this room, the guide doesn't accompany  .

One of the rooms in the Submarine Monument

The picture above is a bow torpedo room with two torpedoes ... entering room after room at the Submarine Monument can add to our knowledge of the ins and outs of the parts of a submarine that belong to our country which also play a role in the series of Indonesian history, which became  priceless inheritance for all of us ...


 Here are the specifications of the KRI Pasopati 410 Submarine

 Length: 76.6 m

 Width: 6.30 m

 Speed: 18.3 knots above the surface, 13.6 knots below the surface

 Full weight: 1,300 tons

 Empty Weight: 1,050 tons

 Discovery capability: 8,500 nautical miles

 Battery: 224 units

 Fuel: Diesel

 Weaponry: 12 Gas Steam Torpedoes

 Length: 7 m

 Propeller: 6 holes

 Crew: 63 people including the Commander

 KRI Pasopati has 7 rooms:

 The torpedo bow, armed with 4 torpedo propellers, also acts as a storage for torpedoes

 Commander's Room, Dining Room, and Work Room.  Under the deck is Room for Battery I

 The main bridge and the Command Center.  Food Storage under deck

 Ship Crew, Kitchen, and storage room for Battery II below deck

 Diesel Engine Room and Engine Terminals

 Electric Machine Room

 Torpedo room for the stern.  Contains 2 Torpedoes.

How bro?  interested to get into this submarine and find out more ??  if you have free time just try it here, guaranteed to be an interesting experience.

Reference Source: monkasel.com

Note: In my previous blog domain (www.wewengkonsumedang.com), this article was published under the title "Submarine Monument, Surabaya City, East Java" with the following url;  "http://www.wewengkonsumedang.com/2012/10/monumen-kapal-selam-kota-surabaya-jawa.html"

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar